Smartphone

Fitur Baru dan Kelebihan MIUI 13 yang Bakal Bikin Kamu Segera Update

Fitur Baru dan Kelebihan MIUI 13 - Header

Gadgetren – Fitur baru dan sejumlah kelebihan turut memperkenalkan diri bersama peluncuran antarmuka MIUI 13 selain sistem operasi Android 11 dan Android 12 yang hadir dalam basis pengembangannya.

Kita pun bisa menjajal berbagai macam fitur dan kelebihan tersebut dengan mudah karena memasang antarmuka sistem MIUI 13 ke dalam perangkat yang mendukungnya kini sudah dapat dilakukan melalui pembaruan OTA (Over-the-air).

Bagi kamu yang belum tahu, pembaruan OTA Xiaomi dapat dilakukan secara langsung melalui halaman Settings di handphone terkait. Kita nantinya hanya perlu masuk ke bagian About phone, mengetuk menu MIUI version, lalu menekan tombol Check for Updates.

Jika pembaruan MIUI 13 tersedia, kita selanjutnya bisa menekan tombol Download lalu mengonfirmasi pemasangannya dengan mengetuk Install jika proses pengunduhan antarmuka sistem sudah selesai.

Hanya saja tidak bisa dipungkiri bahwa pembaruan antarmuka ini memang akan dilakukan secara bertahap. Kamu yang belum kebagian fitur baru dan kelebihan dari MIUI 13 sebagai gantinya bisa mencoba mengintip hal tersebut.

Fitur Baru dan Kelebihan MIUI 13

Kinerja Lebih Mumpuni

MIUI 13 merupakan antarmuka yang diklaim mempunyai kinerja sistem lebih stabil dan cepat ketimbang generasi sebelumnya (termasuk MIUI 12.5) baik untuk perangkat flagship, menengah, maupun bawah.

Xiaomi soalnya menyematkan beberapa teknologi unggulan seperti Liquid Storage, Atomized memory, Focused Algorithms, dan Smart Balance yang dirancang secara khusus meningkatkan kinerja sistem sebuah handphone.

Fitur Baru dan Kelebihan MIUI 13 - 3

Liquid Storage – Kinerja handphone semakin lama memang bisa menurun akibat adanya fragmentasi pada media penyimpanan, yakni sebuah fenomena penempatan bagian-bagian dari berkas data secara tidak efisien.

Supaya mengembalikan kemampuannya, sistem biasanya akan melakukan defragmentasi untuk menata ulang berkas-berkas data tersebut. Liquid Storage secara khusus akan bekerja secara cerdas untuk proses tersebut sehingga kinerja dari media penyimpanan bisa tetap terjaga.

Berdasarkan simulasi yang dilakukan Xiaomi pada Mi 11, Liquid Storage bahkan dapat menekan penurunan kinerja handphone menjadi hanya 5 persen meskipun sudah dipakai selama 36 bulan. Padahal biasanya bisa turun sampai dengan 50 persen.

Atomized Memory – Pengelolaan pemakaian RAM juga sangat penting untuk memberikan peningkatan kinerja dalam sebuah handphone. Kalau dilakukan asal-asalan maka proses yang berjalan dari aplikasi atau layanan bisa tersendat-sendat.

Xiaomi pun merancang Atomized Memory untuk menangani RAM yang dipakai oleh aplikasi maupun layanan. Sistem MIUI 13 secara sederhana akan memisahkan proses esensial berdasarkan bagaimana kita menggunakan perangkat kemudian menghapus yang tidak penting.

Xiaomi sudah menguji fitur baru MIUI 13 ini pada Mi 10 dan mengklaim bahwa Atomized Memory dapat meningkatkan efisiensi untuk proses yang berjalan di belakang layar sampai dengan angka 40 persen.

Focused Algorithms – Dengan dukungan sumber daya lebih banyak, aplikasi maupun layanan tentu saja dapat berjalan secara lebih lancar di sebuah handphone sehingga mampu menghadirkan sesuai apa yang kita harapkan.

Fitur Focused Algorithms pun dipersembahkan oleh Xiaomi lewat MIUI 13 untuk tujuan tersebut. Pengembangannya diharapkan mampu memberikan dukungan sumber daya lebih mumpuni terhadap aplikasi-aplikasi yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

Dukungan baru di MIUI 13 ini nantinya akan secara dinamis mengalokasikan sumber daya dari handphone berdasarkan skenario pemakaian sehari-hari. Jadi aplikasi misalnya akan memperoleh lebih banyak sokongan CPU untuk meningkatkan kemampuan.

Smart Balance – Keseimbangan antara kinerja dan konsumsi daya juga dibutuhkan supaya kita dapat mengandalkan handphone secara maksimal. Dukungan yang lebih baik soalnya akan menghasilkan durasi pemakaian harian lebih panjang.

MIUI 13 dipersembahkan dengan mengusung hal tersebut. Di dalamnya terdapat fitur Smart Balance untuk menyeimbangkan antara kebutuhan kinerja dalam sebuah perangkat dengan konsumsi daya.

Smart Balance sudah diuji oleh Xiaomi di perangkat Mi 11 pada Mode Balance. Hasilnya, dukungan ini dapat menurunkan konsumsi daya hingga 10 persen jika dibandingkan dengan varian MIUI yang lebih lawas.

Peningkatan Keamanan

Keamanan menjadi hal utama di masa sekarang karena hampir setiap waktu kita akan terhubung ke banyak layanan melalui jaringan internet. Xiaomi karena itu memberikan beberapa peningkatan pada aspek ini melalui MIUI 13.

Fitur Baru dan Kelebihan MIUI 13 - 1

Antarmuka sistem teranyar Xiaomi secara khusus menambah beberapa fitur baru seperti privacy watermark yang akan menambahkan pola tulisan tertentu pada scan foto maupun dokumen sehingga tidak bisa dipakai sembarangan.

Selain fitur-fitur itu, Xiaomi pun juga meningkatkan beberapa dukungan lawas termasuk kemampuan verifikasi wajah di antaranya. Kita dengan MIUI 13 kini dapat memakai Face Unlock dengan lebih akurat sehingga akan meminimalkan pengelabuan memakai foto.

Tampilan Segar

Sama seperti pembaruan sistem sebelum-sebelumnya, MIUI 13 juga menawarkan tampilan yang lebih segar. Termasuk di dalamnya dengan penambahan sejumlah widget baru yang tentunya dapat lebih mempermudah kita sebagai pengguna.

Penerus antarmuka MIUI 12 ini juga membawa beberapa hal baru untuk mempercantik tampilan. Kita di antaranya akan menjumpai hampir lima puluh wallpaper anyar (termasuk live wallpaper) serta font bernama MiSans.

Fitur Baru dan Kelebihan MIUI 13 - 2

Bersama MIUI 13, Xiaomi juga mengkonfirmasi pengembangan sidebar baru. Kita dapat memanfaatkan dukungan ini untuk meningkatkan efisiensi saat melakukan multi-tasking karena kita bisa mengakses hingga sepuluh aplikasi secara lebih cepat hanya dengan menarik penandanya.

Hadirnya MIUI 13 Pad

Lompatan lebih besar juga dilakukan Xiaomi melalui MIUI 13. Mereka akhirnya kini juga menghadirkan varian khusus yang dirancang untuk perangkat-perangkat berlayar besar termasuk tablet maupun handphone lipat.

Fitur Baru dan Kelebihan MIUI 13 - 4

Bernama MIUI 13 Pad, versi khusus ini lebih fokus pada produktivitas dan multi-tasking. Salah satu di antaranya dilakukan dengan menambahkan pintasan untuk mengubah mode aplikasi dari jendela menjadi layar penuh.

Versi khusus ini juga dilengkapi dengan pengoptimalan untuk tampilan di layar besar pada lebih dari 3.000 aplikasi populer. Terdapat juga dukungan berupa pintasan keyboard, Taskbar khusus, serta fitur drag-and-drop lebih baik.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar