ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Xiaomi 13 Pro Vs Xiaomi 12 Pro – Peningkatan di Beberapa Aspek

Xiaomi 13 Pro Vs Xiaomi 12 Pro - Header

Gadgetren – Xiaomi 13 Pro memang meluncur sebagai penerus Xiaomi 12 Pro. Makanya tidak heran jika perangkat tersebut membawa berbagai macam peningkatan jika dibandingkan dengan pendahulunya itu.

Perangkat flagship anyar Xiaomi tersebut kurang lebih membawa chipset yang lebih bertenaga, kamera lebih mumpuni, maupun proteksi bodi lebih baik. Walaupun sebagai ganti, ada beberapa aspek yang mengalami penyesuaian.

Dengan adanya beberapa peningkatan ini, kita bahkan mungkin akan tergoda untuk upgrade. Nah kamu yang masih ragu-ragu untuk melakukannya bisa menyimak perbedaan Xiaomi 13 Pro dan Xiaomi 12 Pro berikut.

Perbedaan Xiaomi 13 Pro Vs Xiaomi 12 Pro

Seperti apa yang sudah disinggung di bagian atas, Xiaomi 13 Pro salah satunya membawa peningkatan di bagian dapur pacu. Perangkat tersebut sudah dilengkapi Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 yang mana satu generasi lebih mutakhir ketimbang Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 yang dipakai Xiaomi 12 Pro.

Berdasarkan klaim Xiaomi pada halaman produknya, CPU Snapdragon 8 Gen 2 mempunyai kinerja 37 persen lebih unggul dengan konsumsi daya 47 persen lebih sedikit. GPU-nya pun senada di mana dengan urutan yang sama meningkat 42 persen untuk kinerja dan berkurang 49 persen untuk konsumsi daya.

Peningkatan kinerja yang ditawarkan oleh Snapdragon 8 Gen 2 memang bisa mengkhawatirkan karena pasti selalu menambah panas. Xiaomi makanya menggunakan pendingin Vapor Chamber yang lebih besar. Xiaomi 12 Pro hanya berukuran 2.900mm² sedang Xiaomi 13 Pro sudah mencapai 3.400mm².

Ukuran pendingin Vapor Chamber yang lebih besar bisa membantu perangkat tetap adem meskipun dipaksa bekerja keras. Artinya, kita tidak perlu takut Xiaomi 13 Pro dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2 miliknya akan mengalami overheating dengan mudah.

Xiaomi 13 Pro Vs Xiaomi 12 Pro - 1

Xiaomi 13 Pro

Di sisi lain, Snapdragon 8 Gen 2 yang digunakan oleh Xiaomi 13 Pro pun tak hanya menawarkan kinerja yang mumpuni. Chipset ini juga mempunyai dukungan Bluetooth 5.3 yang mana lebih mutakhir ketimbang Bluetooth 5.2 dari Snapdragon 8 Gen 1 milik Xiaomi 12 Pro.

Meskipun terlihat membawa resolusi yang sama, Xiaomi 13 Pro pun membawa sejumlah peningkatan kamera jika dibandingkan Xiaomi 12 Pro. Perangkat tersebut di antaranya sudah mengemas sensor 1” dan memakai sistem lensa hasil kerja samanya dengan Leica.

Xiaomi sendiri menyebutkan bahwa Sensor 1” milik Xiaomi 13 Pro menjanjikan kemampuan menangkap cahaya 72% lebih baik daripada Xiaomi 12 Pro. Jadi memungkinkan pengambilan gambar lebih baik meskipun cahaya redup dan zoom optikal 2x dengan hasil lebih jelas.

Sistem lensa buatan Leica juga memastikan bahwa kamera Xiaomi 13 Pro mampu menangani berbagai macam kondisi pengambilan gambar. Detail lebih baik, warna akurat, hingga obyek bisa terlihat natural termasuk beberapa hal yang ditawarkan.

Baik itu Xiaomi 13 Pro maupun Xiaomi 12 Pro sebenarnya sama-sama menggunakan panel LPTO AMOLED WQHD+ 6,73” dengan refresh rate 1 hingga 120Hz. Hanya saja, spesifikasi yang digunakan tampaknya berbeda karena mendukung tingkat kecerahan berlainan.

Xiaomi 13 Pro Vs Xiaomi 12 Pro - 2

Xiaomi 12 Pro

Xiaomi 13 Pro dalam hal ini mempunyai layar yang mampu menghasilkan tingkat kecerahan tipikal 1.200 nit dengan angka puncak hingga 1.900 nit. Secara teknis bakalan lebih terlihat jelas ketimbang Xiaomi 12 Pro yang masih 1.000 nit dengan maksimal 1.500 nit saat di bawah terik matahari.

Yang tak kalah menarik, Xiaomi akhirnya melengkapi Xiaomi 13 Pro dengan proteksi tahan air dan debu yang dibuktikan dengan sertifikasi IP68. Ini sebuah peningkatan di mana Xiaomi 12 Pro sebelumnya belum memiliki sertifikat tersebut.

Selain itu, material bodi belakang yang digunakan oleh kedua ponsel tersebut pun lumayan berbeda. Xiaomi 13 Pro kini menggunakan penutup berbahan keramik sementara Xiaomi 12 Pro sebelumnya mengandalkan kaca.

Sayangnya dengan beberapa peningkatan yang dibawanya, Xiaomi 13 Pro pun melakukan penyesuaian pada sejumlah aspek. Salah satu di antaranya kini hanya menggunakan dua speaker padahal Xiaomi 12 Pro memakai empat buah.

Dukungan suara pada perangkat Xiaomi 13 Pro pun tidak lagi disetel oleh Harman Kardon meskipun masih mengandalkan Dolby Atmos. Padahal untuk Xiaomi 12 Pro, Xiaomi sudah mempercayakan kualitasnya pada perusahaan audio itu.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar