Berita Tekno

OPPO Perkenalkan Chip Bluetooth MariSilicon Y, Tawarkan Teknologi Lossless Wireless Audio

OPPO Marisilicon Y

Gadgetren – Dalam ajang teknologi tahunan OPPO INNO DAY 2022 yang digelar secara daring, OPPO telah memamerkan teknologi terbarunya yang mana salah satunya ialah chip Bluetooth pertamanya MariSilicon Y.

Kehadiran chip Bluetooth MariSilicon Y ini akan menyaingi teknologi perangkat audio lainnya yang beredar di pasaran. Beberapa produsen chipset pun telah memulai mengembangkan dan memproduksi teknologi audio Bluetooth agar dapat menghadirkan suara yang terdengar nyata atau lossless.

Teknologi audio Bluetooth belakangan dikembangkan dan diproduksi untuk memberikan kualitas mendengarkan suara yang sama seperti menggunakan perangkat audio melalui transmisi kabel. Seperti kita tahu dari produsen Qualcomm  telah mengeluarkan rangkaian teknologi audio Snapdragon Sound.

Kini OPPO pun ikut mengisi inovasi teknologi audio untuk menunjang perangkat handphone dan audio mereka agar bisa mentransmisikan audio tanpa hambatan dengan suara yang jernih. Chip Bluetooth MariSilicon Y pun sudah dibekali dengan Artificial Intelligence (AI) untuk menghadirkan pengalaman audio lebih baik dan imersif.

Bicara mengenai keunggulannya, Jiang Bo selaku Senior Director at OPPO menjelaskan bahwa chip Bluetooth MariSilicon Y telah dibuat melalui pemrosesan teknologi tingkat lanjut N6RF untuk konektivitas wireless. Teknologi tersebut juga turut memberikan efisiensi energi sebesar 66 persen.

Dengan berbekal AI, chip ini juga didukung NPU yang memiliki performa komputasi 590 GOPS. Selain itu chip Bluetooth ini menawarkan performa kecepatan bandwidth hingga 12Mbps yang mana diklaim 50 persen lebih cepat dibandingkan chip Bluetooth lainnya yang ada di pasaran.

 MariSilicon-Y-spek.

Code audio chip Bleutooth ini menggunakan URLC yang juga dibuat sendiri oleh OPPO. Untuk mentransmisikan video, chip MariSilicon Y menggunakan teknologi yang dikembangkan OPPO disebut Pro Bluetooth Pack yang mempunyai resolusi tinggi untuk lossless audio melalui Bluetooth mencapai 24-bit/192kHz.

Chip Bluetooth ini juga mampu memberikan kualitas yang sesuai aslinya ketika pengguna sedang online bahkan siaran langsung sekalipun. Seperti  mendengarkan musik dan podcast, menonton film, melakukan panggilan telepon atau video, hingga mungkin melakukan siaran langsung untuk podcast, YouTube, Instagram, dan di layanan lainnya.

Belum dijelaskan lebih jauh terkait kapan chip Bluetooth ini akan melengkapi perangkat handphone dan audio OPPO. Namun begitu inovasi teknologi yang telah disajikan OPPO patut untuk kita nantikan di masa yang akan datang pada tahun 2023.

Tinggalkan Komentar