Tips dan Trik Aplikasi

Cara Menggunakan Lensa Al di Instagram Untuk Buat Avatar

Lensa.ai-avatar-Sophia-Latjuba

Gadgetren – Kamu mungkin sempat mengetahui di media sosial Instagram ramai bertebaran postingan avatar di Feed dari para pengguna yang berasal dari kalangan public figure atau artis.

Mayoritas dari mereka mengunggah foto dirinya dalam versi avatar yang sangat berbeda jauh dari versi aslinya di mana tampil layaknya karakter animasi.

Mulai dari Dian Sastro, Sophia Latjuba, Adinia Wirasti, hingga Tara Basro telah mengunggah foto dirinya dalam versi avatar. Mungkin jika belum tahu kita pun bertanya-tanya bagaimana mereka bisa mendapatkan hasil foto avatar dalam versi langsung diri sendiri.

Nah ternyata foto avatar yang beredar di Instagram tersebut merupakan hasil dari aplikasi Lensa.ai yang dibuat dari pengembang Prisma Labs. Mengenai apa itu Lensa.ai kita simak melalui penjelasan rinci di bawah ini.

Apa Itu Lensa.ai?

Lensa.ai adalah sebuah aplikasi untuk edit foto sekaligus bisa membuat avatar dari foto dengan mengandalkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Aplikasi ini dasarnya memberikan layanan pengeditan foto dengan menghadirkan beragam alat dan filter untuk memperbagus wajah menjadi seperti gambar.

Baik seperti ilustrasi, kartun, sketsa, lukisan, mengubah bentuk atau struktur wajah, menyematkan aksesoris pada wajah, menghilangkan jerawat di wajah, mempercantik wajah, mengganti warna rambut, dan masih banyak lagi. Lensa.ai sebenarnya sudah ada sejak tahun 2018.

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Google Play Store dan Apple App Store. Memasuki versi terbarunya dengan kode 4.2.13.671, pengembang pun telah merilis fitur Magic Avatar yang mana belakangan ini menjadi viral di Instagram.

Lensa.ai-logo

Fitur Magic Avatar mampu menyunting foto portrait pengguna secara instan ke dalam versi avatar dalam berbagai gaya atau tema. Bahkan fitur ini mampu menghasilkan 200 jenis unik avatar dari 20 variasi foto portrait penggunanya. Akan tetapi untuk mendapatkan foto avatar sebanyak 200, sayangnya kita harus berlangganan versi berbayar Lensa.ai dengan mengeluarkan uang sebesar Rp129.000.

Namun Lensa.ai juga menyediakan versi berbayar yang lebih murah lagi untuk 100 jenis avatar dari 10 variasi dengan harga Rp94.000. Sementara untuk 50 jenis avatar dari 5 variasi dilepas dengan harga Rp63.000. Selain itu tersedia pula langganan per tahun dengan harga promosi Rp419.000 dari Rp838.000.

Di sisi lain, Lensa.ai juga memberikan layanan 7 hari gratis masa percobaan agar bisa mendapatkan fitur-fitur lebih lengkap namun untuk uji coba ini belum bisa mendapatkan fitur Magic Avatar secara gratis untuk sementara. Kita hanya bisa mencoba fitur-fitur yang dikunci saja jika menggunakan Lensa.ai secara gratis.

 Cara Menggunakannya Lensa.ai

  • Masuk ke aplikasi Lensa.ai di handphone kamu.
  • Ketuk tombol menu Magic Avatar. lensa-AI-1.
  • Ketuk tombol Try Now.
  • Ketuk tombol Continue.
  • Ketuk tombol Select 10-20 Selfies. lensa-AI-4
  • Pilih 10 foto portrait kamu
  • Pastikan foto jelas dan menampilkan secara penuh wajah kamu ya.
  • Ketuk tombol Import. lensa-AI-3
  • Ketuk tombol bulat Female, Male, atau Other.
  • Pilih langganan yang sesuai kantong.
  • Ketuk tombol Purchase for IDR 63.000 sebagai contoh. lensa-AI-2
  • Pilih metode pembayaran dengan pulsa, e-wallet, kartu kredit, atau kartu debit.
  • Ketuk tombol Buy.
  • Setelah membayar, Lensa.ai akan mulai mengunggah 10-20 foto portrait yang diubah menjadi avatar.

Beberapa catatan penting jika kamu kesulitan mengunggah foto pada selfie, biasanya foto portrait yang dipilih tidak sesuai sehingga kamu harus benar-benar memilih foto wajah yang dekat atau close up agar mesin kecerdasan buatan di aplikasi tersebut bisa membacanya.

Selain itu ketika melakukan transfer proses perubahan dari versi portrait menjadi gambar avatar, perlu diingat membutuhkan sekitar waktu sampai 30 menit. Agar kamu tidak perlu menunggu, kamu bisa mengetuk tombol ‘Beritahu saya jika sudah selesai’ agar mendapatkan pemberitahuan dari aplikasi.

Tinggalkan Komentar