Berita Perangkat Pintar

3D Laser Scanner Mungil Leica BLK360 Kini Dijual di Indonesia Seharga 500 Juta!

The-New-Leica-BLK360-Launch

Gadgetren – Perusahaan teknologi Leica Geosystems melalui distributor resminya di Indonesia yakni PT Datascrip telah merilis perangkat pintar 3D Laser Scanner terbarunya yang bernama The New Leica BLK360.

Produk baru ini dibanderol dengan harga yang fantastis sebesar Rp500.000.000. Hal ini mengingat fungsinya yang bisa mendokumentasikan ruang dalam wujud 3 Dimensi (3D) di mana banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan seperti perencanaan desain konstruksi dan arsitektur, dokumentasi interior, hingga untuk produksi di industri perfilman.

Sebagai bagian dari penawaran penjualannya, PT Datascrip dan Leica juga turut menyediakan dan menjamin layanan purnajual termasuk training penggunaan alat tersebut sehingga pengguna yang belum bisa menggunakan alat tersebut bisa secara perlahan mempelajarinya.

Dengan harga tersebut, 3D laser scanner The New Leica BLK360 bisa menghasilkan dokumentasi visual 3D yang diklaim detail dan akurat karena mampu memindai suatu struktur bangunan atau ruang secara penuh hanya dalam waktu 20 detik atau lima kali lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Secara kasat mata 3D laser scanner The New Leica BLK360 mengusung desain ringkas yang memiliki bobot ringan sekitar 0,85 kg dengan baterainya. Di sektor kamera perangkat 3D laser scanner ini memiliki empat lensa beresolusi 13MP dengan dukungan sensor LiDAR.

Empat lensa tersebut bisa menangkap gambar sferis 360 derajat berkualitas tinggi dan point cloud 3D penuh. Kameranya juga dibekali dengan lima bracket High Dynamic Range (HDR) untuk menghasilkan gambar dengan kontras tinggi dan akurasi warna yang menyerupai aslinya.

The-New-Leica-BLK360-close-up.

Berkat peningkatan Absolute Distance Meter (ADM), perangkat 3D laser scanner ini juga mampu menangkap point clouds dengan kecepatan 680.000 poin per detik yang mana lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Sementara itu untuk pengukuran bangunan, perangkat ini bisa menjangkau radius 45 meter dengan tingkat akurasi pengukuran tinggi hingga 4mm pada jarak 10 meter.

Soal konektivitas dengan perangkat lain seperti handphone dan tablet, 3D laser scanner The New Leica BLK360 didukung koneksi USB-C untuk transfer data. Selain itu, perangkat baru ini juga dilengkapi dengan teknologi Visual Inertial System (VIS) yang secara otomatis bisa menggabungkan hasil pemindaian pada tiap ruang di seluruh bangunan.

The-New-Leica-BLK360

Berkat teknologi VIS pengguna tak perlu repot lagi untuk menyelaraskan dan menggabungkan gambar dari tiap ruangan untuk membuat point cloud yang lengkap saat proses pengolahan data. Danang Kurniawarman selaku Marketing Manager PT Datascrip menyampaikan bahwa Leica BLKG360 hadir dalam ukuran yang ringkas sehingga mudah dibawa ke mana saja.

“Cara menggunakannya juga mudah cukup dengan menekan 1 tombol, scanner ini dapat langsung memindai berbagai struktur bangunan dan ruang, bahkan untuk keperluan produksi multimedia hingga dokumentasi pemeliharaan cagar budaya seperti candi dan gua dengan metode identifikasi yang akurat,” ujarnya.

Tinggalkan Komentar