ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Praktis Buat Tulisan Tebal, Miring, Coret, dan Lainnya di WhatsApp

Cara Buat Tulisan Tebal, Miring, Coret, dan Lainnya di WhatsApp - Header

Gadgetren – Sebagai sebuah layanan pesan singkat, WhatsApp pun dilengkapi dengan fitur khusus yang bisa dipakai untuk memformat teks ke dalam beberapa bentuk karakter sebelum dikirimkan.

Ada beberapa format karakter yang bisa digunakan dalam hal ini seperti huruf miring (italic), cetak tebal (bold), coret (strikethrough), maupun monospace. Kita bisa memakainya untuk menandai bagian penting atau sekadar mempercantik tulisan.

Awalnya, kita bisa menggunakan beberapa format tersebut dengan menyisipkan tanda khusus di bagian depan maupun belakang teks yang ingin diubah. Kita misalnya bisa menambahkan sebuah garis bawah (underscore) untuk mengubahnya menjadi miring.

Namun sekarang ini, kita dapat melakukannya dengan semakin mudah karena ada pintasan khusus yang memungkinkan hal tersebut. Jadi kita tidak perlu mengingat-ingat tanda khusus yang perlu digunakan untuk memformat teks.

Pintasan khusus itu sudah tersedia di Android maupun iOS sehingga kita hanya perlu memperbarui aplikasi ke versi paling mutakhir. Namun, jika kamu belum bisa memakainya maka dapat menyimak langkah-langkah berikut.

Cara Buat Tulisan Tebal, Miring, Coret, dan Lainnya di WhatsApp

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Masuk ke salah satu percakapan yang mau dikirimi pesan
  • Ketik pesan sesuai keinginan ke kolom yang tersedia
  • Ketuk dua kali pada salah satu kata di teks tersebut
  • Gunakan kursor untuk menandai seluruh bagian teks yang ingin diubah
  • Ketuk More options (ikon titik tiga) di Android atau B_I_U di iOS
  • Ketuk opsi Bold untuk memformat ke huruf tebal
  • Ketuk opsi Italic jika ingin membuat huruf miring
  • Ketuk opsi Strikethrough buat huruf coret
  • Ketuk Monospace untuk format monospace
  • Kirimkan pesan setelah selesai diformat
    Cara Buat Tulisan Tebal, Miring, Coret, dan Lainnya di WhatsApp

Yang cukup menarik, beberapa format tersebut bisa digunakan secara bersamaan kecuali monospace. Kita dalam hal ini hanya perlu mengulangi langkah-langkah di atas dari awal lagi untuk menambahkannya satu per satu.

Dengan begitu, kita nanti bisa membuat tulisan dengan format yang menggabung antara huruf cetak tebal, miring, dan dicoret. Kita dalam hal ini bisa memakai dua atau bahkan ketiganya sekaligus untuk membuat bagian berbeda pada isi pesan yang mau dikirimkan.

Untuk mendapatkan pintasan ini, jangan lupa untuk memperbarui aplikasi ke versi paling mutakhir. Kita bisa melakukannya lewat Google Play Store maupun Apple Apps Store.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar