ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Tips dan Trik Handphone

Cara Menghilangkan Kamus Keyboard HP vivo Agar Tidak Terganggu

vivo-V23-5G-DisplayHandsOn

Gadgetren – Berbeda dengan kebanyakan ponsel berbasis Android yang menggunakan Gboard sebagai keyboard virtual bawaan, ponsel vivo menggunakan Emoji Keyboard sebagai bawaannya.

Emoji Keyboard selain menawarkan beragam fungsi standar seperti papan ketik berisi huruf, angka, maupun karakter juga membawa juga fitur kamus, autocorrection, maupun auto suggestion yang akan memberikan prediksi kata-kata yang akan diketik oleh pengguna.

Namun terkadang fitur Kamus bisa membuat risih ketika muncul kata-kata yang tidak diinginkan dari Auto Suggestion. Untungnya kamu dapat menghilangkan kamus di keyboard ponsel vivo dengan mudah.

Cara Menghilangkan Kamus di Keyboard HP vivo

  1. Akses aplikasi Settings.
  2. Pilih kolom Search di bagian atas.
  3. Ketik kata kunci keyboard.
  4. Pilih opsi On-screen keyboard.
  5. Pilih lagi menu On-screen keyboard.
  6. Pilih menu +Manage on-screen keyboards.
  7. Pilih opsi Emoji keyboard.
  8. Klik menu Setting di bagian kanan bawah.
  9. Pilih opsi Input.
  10. Tekan tombol Auto-correction, Show correction suggestions, dan Next-word suggestions ke posisi mati.

Dengan langkah tersebut seharusnya kamus di keyboard ponsel vivo akan dinonaktifkan sehingga tidak akan muncul kata-kata yang tidak diinginkan.

Penggunaan kata kunci di kolom Search dimaksudkan agar memudahkan kamu dalam mencari  pengaturan keyboard virtual bawaan yang terkadang tata letak menunya berbeda-beda tergantung versi Funtouch OS maupun seri ponsel vivo.

Perlu diketahui bahwa Auto-correction merupakan fitur yang nantinya akan memberikan koreksi secara otomatis ketika kamu dianggap mengetik kata yang salah.

Namun terkadang justru fitur ini malah memberikan kata-kata lain yang tidak sesuai dengan keinginan ketika menekan tombol spasi. Sementara fitur Show correction suggestions akan memunculkan berbagai sugesti kata-kata yang sudah disimpan di kamus.

Lalu untuk Next-word suggestions akan memberikan sugesti kata yang dianggap akan menjadi kata selanjutnya. Pada halaman Input di Settings Emoji keyboard terdapat beberapa fitur yang dapat mempengaruhi ketikan.

Salah satunya Auto-capitalization untuk menambahkan huruf kapital di depan kata yang diketik dan Long press for symbols yang berguna untuk menampilkan karakter atau angka ketika kamu menahan tombol karakter beberapa saat.

Sementara untuk Autospace after punctuation akan menambahkan jarak spasi otomatis pada kata setelah mengetik tanda baca seperti titik atau koma.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar