Tips dan Trik Handphone

Cara Menghilangkan Kamus di Keyboard vivo, Pengaturannya Sedikit Tersembunyi

Cara Menghilangkan Kamus di Keyboard vivo Header

Gadgetren – Seiring berkembangnya teknologi vivo, keyboard virtual yang dihadirkan di handphone besutannya mulai memiliki beragam fitur menarik mulai dari autocorrection, kamus, auto suggestion, aneka ragam emoji, desain layout, dan lainnya.

Namun terkadang semakin banyaknya fitur justru membuat pengguna handphone vivo merasa kagok sehingga menurunkan performa kecepatan untuk mengetik.

Apalagi terkadang fitur Kamus yang melakukan Auto Suggestion memunculkan sebuah kata yang sebenarnya tidak diinginkan secara tiba-tiba.

Biasanya kata-kata yang diberikan oleh kamus mendekati dengan prediksi beberapa huruf yang kita ketik dengan tujuan agar kita langsung dapat memilih kata yang disugestikan tersebut. Namun terkadang justru hal ini membuat kesal karena sering menampilkan kata yang tidak diinginkan.

Untungnya kamu dapat mematikan atau menghilangkan kamus di keyboard vivo walau memang tersembunyi dan tidak terlihat di aplikasi Settings begitu saja.

Cara Menghilangkan Kamus di Keyboard vivo

  • Buka aplikasi apapun untuk mulai mengetik
  • Pada saat akan mengetik,┬ákamu akan melihat keyboard virtual
  • Tepat di atas keyboard virtual, pilih menu Options berikon empat kotak
  • Selanjutnya, tekan tombol More berikon gerigi
  • Pada halaman Setting keyboard, pilih opsi Input
  • Tekan tombol toggle Auto-correction dan Show correction suggestions ke posisi matiKeyboard vivo - Hilangkan Kamus

Terlihat bahwa kini pengaturan untuk proses input sudah berada langsung di halaman Settings Keyboard virtual pada handphone vivo. Dengan begitu, kamu tidak akan menemukan sama sekali pengaturan untuk kamus, auto correction, maupun auto suggestion pada aplikasi Settings bawaan handphone vivo.

Sebenarnya kamu hanya perlu mematikan Auto-correction dan Show correction suggestions saja agar fitur kamus yang ditampilkan pada keyboard vivo menghilangkan. Namun apabila sewaktu-waktu ingin menampilkannya kembali, maka dapat mengikuti tutorial di atas dan mengubah tombol toggle ke posisi aktif.

Selain menggunakan keyboard virtual bawaan handphone vivo, kamu juga dapat menggunakan keyboard yang dibuat oleh pihak ketiga untuk kenyamanan proses pengetikkan seperti GBoard, Fleksy Keyboard, Swiftkey, dan masih banyak lagi.

Saya sendiri biasanya menggunakan Fleksy Keyboard karena menampilkan papan huruf besar dengan tampilan lebih jelas sehingga membuat proses pengetikan terasa nyaman dan cepat. Sementara Swiftkey biasanya digunakan jika ingin menulis hanya dengan melakukan gesture swipe pada papan huruf.

Namun semua keyboard ini memang secara bawaan juga sudah menghadirkan fitur kamus sehingga kamu tetap perlu menonaktifkannya apabila tidak suka.

Tinggalkan Komentar