ASUS Zenbook DUO UX8406
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Menambahkan Lokasi Baru di Instagram Jika Tempat Belum Terdaftar

Cara Menambahkan Lokasi Baru di Instagram Header

Gadgetren – Di media sosial Instagram khususnya pada fitur Story, kita sering membagikan kegiatan sehari-hari dan menyematkan beberapa fitur tambahan termasuk lokasi.

Jika lokasi yang sedang kita kunjungi sudah terkenal, biasanya akan mudah ditemukan dan bisa langsung gunakan. Namun apabila lokasi yang kita sedang sambangi terbilang baru, maka biasanya tidak akan muncul namanya pada fitur penyematan lokasi.

Oleh karena itu agar bisa menyematkan lokasi baru pada Instagram, kita harus membuatnya lebih dulu atau menambahkannya agar bisa muncul pada fitur Location ketika ingin mengunggah Story.

Perlu diketahui bahwa tidak semua lokasi yang ada di peta Google secara otomatis bisa terdeteksi pada fitur Location Instagram. Untuk menambahkannya, kamu harus membuat dan membagikan lokasi baru tersebut di media sosial Facebook agar bisa muncul di Instagram.

Hal ini dikarenakan Instagram merupakan perusahaan di bawah payung Meta sebagai pengembang utama Facebook. Lebih detail untuk menambahkan lokasi baru di Instagram kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Menambahkan Lokasi Baru di Instagram

  • Masuk ke aplikasi Facebook di handphone kamu.
  • Buat postingan di Facebook.
  • Ketuk menu Singgah. 
  • Ketuk tombol Tambahkan lokasi atau Add Location. 
  • Masukkan nama tempat, alamat, kota, dan lokasi peta.
  • Ketuk tombol Simpan Tempat Khusus. 
  • Kemudian ketuk tombol Post dan atur postingan ke publik atau teman.
  • Lalu klik tautan nama lokasi yang sudah dibuat pada postingan tersebut.
  • Ketuk tombol Sarankan Pengeditan dan lengkapi isian yang tersedia seperti kategori, kontak, alamat lokasi, dan sebagainya.
  • Kembali ke halaman lokasi tersebut.
  • Agar lokasi yang ditambahkan bisa masuk ke database Facebook, kamu harus meminta teman untuk mengulas lokasi tersebut dengan memberikan Like.

Setelah itu kamu perlu tunggu sekiranya seminggu agar lokasi baru tersebut muncul dan terdaftar. Kamu pun bisa coba post di Facebook dengan menautkan lokasi yang ditambahkan tadi untuk mengecek. Jika sudah muncul maka lokasi baru tersebut otomatis juga akan muncul di Instagram.

Kemudian kamu bisa membuat postingan Instagram Story maupun Feed dengan menyematkan fitur tag Location. Jika berhasil, kamu bisa mengulanginya lagi untuk lokasi baru lain. Lokasi tersebut bisa tempat jualan, wisata, kafe, dan lokasi publik yang belum terdeteksi di peta sehingga bisa membantu orang lain mengetahuinya.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar