Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y02 – Pilihan Baru di Kelas Entri

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y02 - Header

Gadgetren – Akhir-akhir ini semakin banyak manufaktur handphone yang menyasar pasar kelas entri. Jadi kita kini mempunyai banyak opsi saat membutuhkan perangkat dengan harga yang terjangkau.

Perusahaan vivo termasuk salah satu di antara manufaktur-manufaktur itu. Mereka belum lama ini meluncurkan sebuah handphone baru bernama vivo Y02 yang dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp1.499.000.

Handphone vivo Y02 tersebut juga bisa menjadi alternatif pas buat kita yang mempunyai dana sangat terbatas. Meskipun dalam hal ini, kita tetap perlu mempertimbangkan secara matang kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.

Kelebihan vivo Y02

Sama seperti handphone-handphone kelas entri yang dipasarkan di bawah Rp1,5 juta, vivo Y02 pun mengandalkan Android Go Edition sebagai sistem operasinya. Walaupun vivo tetap membalutnya dalam antarmuka Funtouch OS.

Bagi kamu yang belum pernah mendengarnya, Android Go Edition merupakan versi ringan dari Android biasa. Sistem operasi ini dirancang agar dapat berjalan dengan baik pada perangkat-perangkat yang mempunyai spesifikasi rendah.

Dengan menggunakan sistem operasi ringan ini, handphone vivo Y02 dapat digunakan dengan lebih lancar. Pemakaian data seluler pun umumnya bisa lebih hemat ketimbang perangkat berbasis Android biasanya.

Untuk perangkat vivo Y02, versi yang digunakan adalah Android 12 Go Edition. Sistem ini secara khusus dibalut dengan antarmuka Funtouch OS 12 yang dirancang dengan beberapa penyesuaian dan fitur tambahan.

vivo Y02

Selain sistem operasi ringan ini, handphone vivo Y02 juga mempunyai layar yang berukuran lumayan besar. Panelnya sudah membentang hingga 6,51” jika diukur secara diagonal. Jadi menonton video atau berselancar di media sosial bisa semakin mengasyikkan.

Handphone tersebut apalagi juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas sampai 5.000mAh. Dalam klaimnya, vivo Y02 pun bisa bertahan hingga 18 jam untuk memutar video online beresolusi HD secara terus-menerus.

Uniknya, vivo pun menambahkan dukungan reverse charging untuk melengkapi baterai berkapasitas besar ini. Jadi vivo Y02 nanti bisa digunakan untuk mengisi daya perangkat lain lewat kabel selayaknya power bank.

Desain handphone baru vivo tersebut juga tak ketinggalan zaman. Memadukan bentuk ramping dengan balutan vivo Dynamic Color, vivo Y02 bisa menjadi pilihan jika kita membutuhkan perangkat yang terlihat premium.

Ditambah lagi, kita tidak perlu khawatir dengan keandalan pemakaian dari handphone tersebut. Perangkat vivo Y02 sudah lolos dari berbagai macam uji kualitas seperti goresan, tes jatuh hingga 32.000 kali, maupun suhu ekstrem.

Kekurangan vivo Y02

Sayangnya, vivo Y02 tetaplah perangkat entri yang mana secara umum mempunyai berbagai macam kekurangan. Termasuk di antaranya pada aspek kamera yang terlihat di bawah sejumlah handphone sekelasnya.

Handphone vivo Y02 dalam hal ini hanya dilengkapi dengan kamera utama 8MP dan depan 5MP. Terdapat beberapa perangkat yang dipasarkan dengan harga serupa padahal mempunyai resolusi lebih tinggi dan bahkan ada yang sudah memakai lensa ganda.

Saat memilih handphone tersebut, kita juga harus puas dengan antarmuka pengisian daya dan transfer datanya yang mana masih mengandalkan Micro USB. Kita minimal tidak bisa memasang kabel secara terbalik karena hal ini.

Absennya sensor pemindai sidik jari dari vivo Y02 juga menjadi salah hal yang perlu diperhatikan. vivo untungnya masih menyematkan fitur Face Unlock yang dapat dipakai sebagai penggantinya untuk membuka layar handphone.

Tinggalkan Komentar