Smartphone

Perbandingan vivo Y02 dan Y02s – Apakah Perbedaannya Banyak?

vivo Y02 vs Y02s

Meskipun vivo Y02 telah diluncurkan di Indonesia, namun saudaranya yang bernama vivo Y02s belum hadir di Tanah Air.

Mungkin sebagian dari kamu merasa penasaran, apa sih persamaan maupun perbedaan antara vivo Y02 dan Y02s. Kedua perangkat ini sama-sama telah dibekali dengan layar penuh 6,51 inci yang memiliki teknologi IPS LCD dan resolusi HD+ (1600 x 720 piksel).

Pada poni waterdrop dari semua produk ini telah dilengkapi dengan kamera depan 5 MP. Sementara dukungan dua kartu SIM, WiFi, Bluetooth, jaringan 4G-LTE, FM Radio, dan baterai berkapasitas 5.000mAh sudah disematkan pada kedua perangkat ini.

Namun sebenarnya dari label s yang disandang vivo Y02s memperlihatkan spesifikasi dan fitur yang sedikit lebih tinggi dibandingkan Y02. Untuk melihat perbedaan secara lebih rinci antara kedua produk ini, maka kamu dapat melihat penjelasannya sebagai berikut.

Perbedaan vivo Y02 dan vivo Y02s

Meskipun secara kasat mata bagian depannya terlihat sama, namun perlu diketahui bahwa vivo Y02s mempunyai ketebalan 8,2mm dan bobot 182 gram yang sedikit lebih kecil dibandingkan vivo Y02 dengan ketebalan 8,5mm dan bobot 186 gram.

Kedua perangkat ini sama-sama dilengkapi dengan kamera belakang 8 MP, namun desain penempatannya terlihat berbeda. Untuk vivo Y02 menggunakan satu lingkaran besar di dalam kotak pada bagian belakangnya yang berisikan satu kamera dan LED Flash.

vivo Y02 Orchid Blue

vivo Y02

Sementara vivo Y02s hadir dengan dua lingkaran di dalam kotak pada bagian belakang yang masing-masingnya berisikan kamera utama dan LED Flash secara terpisah.

Cukup disayangkan kedua produk ini hanya memiliki satu kamera utama, padahal handphone kompetitor sudah menggunakan multi kamera dengan tambah depth, makro, atau ultrawide agar lebih memikat banyak orang.

vivo Y02 hanya dilengkapi dengan chipset MediaTek Helio P22 (12nm) Octa-Core 2 GHz yang secara performa memang masih berada di bawah vivo Y02s dengan chipset MediaTek Helio P35 (12nm) Octa-Core 2,35 GHz. Keduanya pun memiliki dukungan RAM 3 GB dan penyimpanan 32 GB untuk menemani chipset tersebut.

vivo-Y02s-2

vivo Y02s

Menariknya, vivo Y02s sudah menggunakan port USB Type-C yang teknologinya lebih canggih dibandingkan port microUSB milik vivo Y02. Meskipun sama-sama memiliki Funtouch OS 12, namun vivo Y02 menggunakan Android 12 Go Edition yang fiturnya tidak selengkap vivo Y02s yang berbasiskan Android 12.

Bisa dibilang Android 12 Go Edition sendiri memang ditujukan untuk handphone dengan spesifikasi hardware entry-level yang tidak terlalu tinggi agar dapat menjalankan aplikasi dengan lancar. Apalagi terdapat dukungan aplikasi Go seperti Files Go, Google Go, Google Maps Go, Gmail Go, dan lainnya yang lebih hemat dalam mengonsumsi RAM dan kapasitas penyimpanan.

Tinggalkan Komentar