Tips dan Trik Aplikasi

Cara Mudah Merekam Panggilan Telepon WhatsApp Biar Tak Ada yang Terlewatkan

Cara Merekam Telepon WhatsApp - Header

Gadgetren – WhatsApp memang mempunyai berbagai macam dukungan yang bisa memudahkan para pengguna dalam menggunakan layanannya di mana senantiasa dilengkapi dengan fitur baru seiring berjalannya waktu.

Namun sayangnya, masih ada beberapa dukungan yang dibutuhkan oleh sebagian pengguna justru belum tersedia di layanan tersebut. Termasuk salah satu di antaranya adalah fitur yang bisa dipakai untuk merekam panggilan.

Bagi sebagian di antara kita, merekam panggilan WhatsApp padahal akan sangat berguna. Misalnya untuk mengabadikan catatan-catatan penting dari atasan supaya bisa dipakai dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Saat memerlukan fitur perekam panggilan WhatsApp, kita makanya harus memanfaatkan tips dan trik khusus. Salah satunya dengan menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga atau perangkat tambahan yang menawarkan fungsi tersebut.

Merekam panggilan WhatsApp kabar baiknya bukan perkara yang sulit untuk dikerjakan. Kamu yang belum tahu cara melakukannya bisa menyimak secara lebih rinci sebagai berikut.

Cara Merekam Panggilan Telepon WhatsApp

Android

  • Pasang aplikasi Call Recorder – Cube ACR
  • Buka aplikasi jika sudah terpasang
  • Untuk pemakaian, klik tombol Next untuk menyetujui kebijakan layanan
  • Klik Grant Permissions lalu izinkan beberapa akses yang diperlukan
  • Ketuk Enable App Connector lalu nyalakan setelan aksesibilitas untuk aplikasi
    Cara Merekam Telepon WhatsApp - 1
  • Atur setelan optimalisasi daya maupun geo taging jika diperlukan
  • Klik tombol Close (ikon X) di pojok kiri atas atau pilih salah satu paket premium Cube ACR lalu tekan Continue
  • Selanjutnya buka aplikasi WhatsApp dan buat panggilan telepon
  • Cube ACR biasanya akan langsung merekam secara otomatis
  • Jika belum, ketuk tombol Start yang ikut muncul di panel notifikasi Cube ACR
  • Cube ACR akan otomatis berhenti merekam jika panggilan ditutup
  • Jika ingin menyetop proses di tengah-tengah, ketuk tombol Stop di panel notifikasi
    Cara Merekam Telepon WhatsApp - 2

Call Recorder – Cube ACR merupakan salah satu opsi terbaik yang bisa kita gunakan untuk merekam panggilan WhatsApp. Aplikasi ini soalnya mempunyai berbagai macam fitur bermanfaat meskipun beberapa di antaranya hanya untuk pengguna premium.

Hanya saja sayangnya, aplikasi ini hanya tersedia secara terbatas untuk para pengguna handphone berbasis sistem operasi Android. Sementara untuk perangkat iOS, kita memerlukan cara yang lain.

iOS

Berbeda dengan sistem Android, kita tidak akan menemukan aplikasi atau layanan khusus yang bisa dipakai untuk merekam panggilan WhatsApp secara langsung. Apple soalnya melarang akses mikrofon dan telepon secara bersamaan untuk melindungi privasi pengguna.

Sebagai alternatifnya, kita pun membutuhkan bantuan dari perangkat tambahan seperti handphone lain, laptop, atau alat perekam. Jangan lupa mengaktifkan mode panggilan dengan speaker supaya suara penelepon bisa direkam.

Tinggalkan Komentar