Berita Smartphone

Samsung Rilis Fitur untuk Mengamankan Informasi Pribadi Ketika Handphone Diperbaiki

Review-Samsung-Galaxy-M51-Logo

Gadgetren – Samsung Electronics telah membawa fitur privasi baru untuk handphone seri Galaxy tertentu yang bernama Maintenance Mode. Dengan fitur ini, akses informasi pribadi akan diblokir ketika perangkat Galaxy mereka sedang diperbaiki oleh orang lain atau teknisi.

Daftar informasi yang akan diblokir seperti foto, pesan, dan daftar kontak. Hal ini akan mengurangi kecemasan pengguna yang mungkin tidak sempat menghapus atau mengamankan data-data pribadinya.

Fitur Maintenance Mode diketahui telah berhasil diuji coba pada perangkat seri Galaxy S21 di Korea selatan pada bulan Juli 2022 lalu. Kemudian diluncurkan di Tiongkok pada bulan September 2022 dan lalu fitur ini diluncurkan global secara bertahap selama beberapa bulan ke depan pada model tertentu yang menjalankan One UI 5.

Peluncurannya pun akan terus berlanjut sepanjang 2023 dengan ketersediaan yang diperluas ke lebih banyak perangkat Galaxy. Untuk bisa menggunakan fitur ini, pengguna harus mengaktifkan Maintenance Mode di menu ‘Battery and device care’ di dalam ‘Settings’.

Setelah itu, harus dilakukan reboot pada handphone-nya. Kemudian setelah proses reboot selesai maka semua informasi pribadi pengguna akan dibatasi sehingga pihak teknisi bisa mengoperasikan fungsi inti tanpa harus mengakses informasi pribadi mereka.

Selanjutnya Maintenance Mode yang telah aktif juga tidak akan bisa diakses oleh teknisi tersebut. Data atau akun yang dihasilkan saat menggunakan Maintenance Mode akan dihapus secara otomatis segera setelah pemilik keluar dari Maintenance Mode.

Maintanance-Mode-turn-on

Teknisi akan tetap bisa mengunduh aplikasi di Galaxy Store akan tetapi aplikasi tersebut akan dihapus secara otomatis bersama dengan data atau akun apa pun yang dibuat segera setelah pemilik keluar dari Maintenance Mode.

Fitur privasi baru ini merupakan bagian dari layanan keamanan Samsung Knox untuk perangkat Galaxy. Samsung Knox sendiri adalah sistem keamanan tingkat militer dengan perlindungan keamanan perangkat keras dan perangkat lunak yang telah terhubung di semua area perangkat.

Dengan Samsung Knox, pengguna seri Galaxy akan dilindungi secara setiap waktu. Pengguna juga bisa mengelola sistem keamanan dan privasi di perangkat Galaxy mereka sekaligus melihat apa yang sedang terjadi di perangkat melalui Security and Privacy Dashboard dan Permission Manager.

Tinggalkan Komentar