Tips dan Trik Aplikasi

Cara Membuat Momen di Twitter Untuk Hadirkan Cerita dan Informasi Jadi Menarik

Cara Nama Twitter Kosong - Header

Gadgetren – Di media sosial Twitter, kita tidak hanya bisa membuat sebuah cuitan dengan 280 kata tetapi lebih banyak lagi melalui fitur Momen.

Fitur Momen di Twitter memungkinkan kita bisa membuat cerita lebih panjang dari yang biasanya pada kolom Tweet yang mana bisa berupa kumpulan kisah yang disajikan.

Dengan fitur Momen, kita bisa membuat tulisan panjang untuk menyampaikan berbagai topik berupa cerita, narasi, rangkuman, berita, dan masih banyak lagi. Jadi kamu bisa lebih menarik dalam menyajikan sebuah kumpulan kisah melalui fitur Momen.

Berbeda dengan Thread yang hanya bisa dibuat dari kolom Tweet dan disambung lagi, fitur Momen hanya bisa dibuat melalui fitur khusus yang sengaja diberikan Twitter lewat deretan panel navigasi yang ada di sebelah kiri layar.

Sebagai informasi, mulanya fitur momen Twitter hanya tersedia untuk media tetapi sekarang bisa dibuat oleh siapa pun dengan syarat tertentu seperti mungkin pengikut sudah banyak. Hal ini dikarenakan untuk akun dengan pengikut yang masih sedikit, fitur momen tidak akan muncul.

Walaupun begitu fitur Momen hanya bisa dibuat melalui desktop saja menggunakan browser. Namun tampilan Momen masih bisa dilihat melalui handphone Android dan iOS. Untuk membuat Momen, kita juga harus menyiapkan foto cover dan judul.

Nantinya Momen yang kita buat bisa dipin pada profil Twitter masing-masing sehingga orang yang berkunjung bisa melihatnya.

Cara Membuat Momen di Twitter

  • Masuk ke akun Twitter menggunakan browser.
  • Tuju deretan navigasi di sebelah kiri layar dan ketuk tombol Momen dengan ikon petir.
  • Untuk membuat momen baru ketuk tanda petir +.
  • Salin link foto cover yang sudah kita buat Tweet di halaman profil kita.
  • Tempel URL Tweet cover dan ketuk Selanjutnya.
  • Atur cover agar pas dan ketuk Selanjutnya serta ketuk Selesai.
  • Tulis Judul momen dan tulis Deskripsi momen. Lalu ketuk Simpan.
  • Selanjutnya buat momen dengan memasukkan link Tweet di halaman profil yang telah dibuat.
  • Tempel URL Tweet tersebut di kolom dan ketuk Tambah.
  • Kemudian ketuk Terbitkan dan pilih visibilitas momen kamu untuk publik, privat, atau tidak terdaftar.

Kamu juga bisa lho membuat URL Tweet pada Momen lebih dari satu bahkan hingga membuat Momen dalam Momen. Untuk visibilitas sendiri juga bisa dipilih agar bisa dilihat semua orang atau hanya bisa dilihat oleh kamu sendiri saja.

Namun untuk Momen dengan visibilitas tidak terdaftar hanya dikhususkan kepada orang yang memiliki URL saja untuk melihatnya. Pihak Twitter mengatakan untuk menggunakan tidak terdaftar dengan hati-hati karena URL masih bisa saja ditebak walaupun kemungkinannya kecil. Selain itu jika Momen yang memuat konten sensitif harus diberikan centang pada kotak yang disediakan.

Tinggalkan Komentar