Berita Tekno

Gantikan Seri 800, Qualcomm Umumkan Snapdragon 8 Gen 1

Qualcomm-Snapdragon-8-Gen-1

Gadgetren – Setelah ramai dibicarakan, akhirnya Qualcomm secara resmi telah mengumumkan chipset 5G kelas premium terbarunya yang bernama Snapdragon 8 Gen 1 dalam ajang tahunan Snapdragon Tech Summit 2021.

Beragam fitur-fitur telah dibenamkan ke dalam chipset baru ini seperti pada aspek konektivitas, kamera, Artificial Intelligence (Al), game, audio, dan keamanan.

Kabarnya, chipset Snapdragon 8 Gen 1 bakal digunakan oleh brand-brand handphone ternama global seperti OPPO, realme, vivo, Xiaomi, Honor, Black Shark, iQOO, Motorola, Nubia, OnePlus, SHARP, Sony, dan ZTE.

Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas apa saja fitur-fitur utama yang ditawarkan oleh Snapdragon 8 Gen 1. Dari sisi konektivitas, chipset Snapdragon 8 Gen 1 telah dilengkapi dengan Qualcomm FastConnect 6900 Mobile Connectivity System yang mampu menghasilkan kecepatan Wi-Fi hingga 3,6 Gbps lewat Wi-Fi 6 dan 6E.

Konfigurasi tersebut memungkinkan game dan aplikasi bekerja dengan lancar bahkan dengan beberapa perangkat dalam satu jaringan. Selain itu, Snapdragon 8 Gen 1 juga telah membawa Snapdragon X65 5G Modem-RF System generasi ke-4 untuk mendukung jaringan 5G yang memiliki kecepatan unduh hingga 10 Gigabit.

Beralih ke sektor kamera, Snapdragon 8 Gen 1 sudah menggunakan teknologi Snapdragon Sight yang  mencakup ISP 18-bit di mana dapat menangkap 4000x lebih banyak data kamera daripada generasi sebelumnya.

Kemampuannya itu dapat menciptakan rentang dinamis, warna, dan ketajaman yang diklaim sangat baik dengan kecepatan hingga 3,2 gigapiksel per detik. Terlebih lagi, chipset baru ini dapat melakukan perekaman video dengan kualitas HDR 8K pada handphone yang ditanamkannya nanti.

Tak lupa, chipset ini juga bisa merekam dalam format HDR10+ yang dapat memuat lebih dari satu miliar warna. Fitur pendukung seperti efek bokeh dengan latar halus saat pengambilan video pun telah diberikan untuk pengalaman hasil video semakin mutakhir termasuk Mode Potret di dalamnya.

 Infografis-fitur-Snapdragon-8-Gen-1

Teknologi baru bila tak menggunakan kecanggihan Al tentunya tidak akan lengkap. Begitu pula dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1 yang sudah dibekali oleh Qualcomm AI Engine Generasi ke-7 yang dipadukan dengan prosesor Qualcomm Hexagon dengan performa kencang yang memiliki akselerator tensor 2x lebih cepat dan memori bersama 2x lebih besar dari pendahulunya.

Melalui chipset barunya ini, menariknya Qualcomm juga berkolaborasi dengan Sonde Health agar perangkat dapat menganalisis pola vokal penggunanya untuk mendeteksi kondisi kesehatan seperti asma, depresi, dan COVID-19. Di chipset ini, sistem always-on AI baru pun telah didukung oleh Qualcomm Sensing Hub Generasi ke-3.

Sementara untuk pengalaman bermain game, chipset baru ini mempunyai lebih dari 50 fitur Snapdragon Elite Gaming yang mampu memberikan respon lebih halus dengan HDR yang kaya warna dan kualitas visual lebih baik.

Terdapat dukungan GPU Qualcomm Adreno yang meningkat 30% dalam kemampuan rendering grafis dan meningkat 25% penghematan daya dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Untuk meningkatkan kinerja bermain game, tersedia fitur mobile-first seperti Variable Rate Shading Pro.

Soal kebutuhan audio nirkabel, handphone yang menggunakan chipset baru ini sudah ditemani oleh Bluetooth 5.2 dan Qualcomm aptX Lossless Technology untuk audio nirkabel lossless kualitas CD. Snapdragon 8 Gen 1 pun mengusung fitur keamanan seperti brankas untuk menjaga data pengguna tetap terlindungi lewat Trust Management Engine dan Root of Trust tambahan.

Fitur-fitur keamanan lainnya yang juga telah diberikan antara lain Android Ready SE untuk kunci mobile digital, SIM, iSIM yang dapat terhubung dengan jaringan tanpa kartu SIM fisik, dan masih banyak lagi.

Tinggalkan Komentar