Tips dan Trik Handphone

Jangan Bingung! Begini Cara Melihat Penggunaan Data di Handphone OPPO

Cara Melihat Penggunaan Data di Handphone OPPO 225029

Gadgetren – Hampir sama dengan handphone berbasis Android lain, handphone OPPO juga telah dilengkapi dengan fitur bawaan bernama Data Usage yang dapat melihat penggunaan data internet.

Dengan hadirnya fitur tersebut, kamu dapat dengan mudah memantau aplikasi apa saja yang banyak menyedot data internet. Selain itu, Data Usage juga dapat memperlihatkan grafik data internet yang digunakan setiap hari dan bulannya.

Apabila paket data kamu menggunakan sistem kuota, tentunya fitur Data Usage akan sangat berguna karena dapat memantau pemakaian data internet harian sehingga dapat diatur agar tidak jebol sebelum masa aktifnya selesai.

Cara Melihat Penggunaan Data di Handphone OPPO

Melalui Fitur Data usage

  • Akses aplikasi Settings di handphone OPPO
  • Pilih menu Mobile network
  • Kamu dapat melihat besarnya kuota internet yang digunakan oleh aplikasi beserta grafiknyaOPPO - Data Usage

Sebagai catatan, opsi Data usage akan aktif apabila kamu menggunakan akses internet dari kartu SIM. Dengan begitu ketika kamu menggunakan internet dari jaringan WiFi, maka tidak akan menampilkan penggunaan data internet sama sekali.

Menariknya pada halaman Data usage, kamu bisa memilih aplikasi mana saja yang tidak diperbolehkan mengakses WiFi maupun data mobile dari handphone OPPO. Terdapat juga fitur Data saving yang akan melarang aplikasi untuk menggunakan akses internet ketika sedang berjalan di latar.

Tak hanya sampai di situ saja, kamu juga dapat mengatur besarnya kapasitas data internet yang dapat digunakan setiap hari atau bulannya agar menjadi lebih teratur dan tidak cepat boros.

Namun sebagai alternatifnya, kamu juga bisa memasang aplikasi My Data Manager dari Google Play Store. Dengan aplikasi ini, kamu juga dapat melihat aplikasi mana saja yang menggunakan akses internet, penggunaan data internet dari data seluler, jaringan WiFi, maupun saat terjadi roaming.

Melalui aplikasi My Data Manager

  • Unduh My Data Manager dari Google Play Store
  • Setelah terpasang, buka aplikasi
  • Ikuti langkah yang diminta oleh aplikasi
  • Pada halaman utama aplikasi, kamu akan melihat tiga tab untuk penggunaan data berupa Mobile, Wi-Fi, dan Roaming
    OPPO - Data Manager

Bisa dibilang salah satu fitur yang menarik dari aplikasi My Data Manager memungkinkan kamu dapat mengetahui seberapa besar data internet yang digunakan oleh handphone OPPO ketika terhubung ke jaringan WiFi.

Dengan aplikasi My Data Manager, kamu juga bisa membuat alarm ketika kuota internet yang digunakan telah mencapai batas yang ditentukan. Jadi akan berguna ketika kamu ingin secara ketat mengatur pengguna data internet.

Tinggalkan Komentar