Review Headphone

Review UGREEN HiTune X5 – Ringkas, Praktis, Bass Nendang

Review UGREEN HiTune X5 Header

Gadgetren – UGREEN memiliki berbagai produk TWS yang bisa dipilih sesuai dengan dana yang kamu miliki dimana salah satunya untuk segmen menengah ada UGREEN HiTune X5.

Perangkat audio TWS yang diciptakan oleh UGREEN Acoustics Lab ini diklaim dapat memberikan pengalaman mendengarkan musik yang imersif dan mampu digunakan dalam waktu lama.

Tidak hanya itu saja, HiTune X5 bahkan sudah dilengkapi oleh teknologi peredam bising. Untuk mengetahui lebih jauh akan kemampuan yang dimiliki oleh HiTune X5, berikut ulasannya dari Tim Gadgetren.

Review UGREEN HiTune X5
  • Audio - 8/10
    8/10
  • Fitur - 8/10
    8/10
  • Baterai - 9/10
    9/10
  • Desain - 8/10
    8/10
8.3/10

Kesimpulan

UGREEN HiTune X5 menawarkan profil audio dengan bass sangat nendang dalam bentuknya yang sangat ringkas dan desain yang terbilang unik.

Pros

  • Desain ringkas dan mungil
  • Earbuds nyaman dikenakan
  • Baterai tahan lama
  • Perintah sentuh dan Voice Assistant

Cons

  • Tidak ada sensor proximity
  • Bentuk earbuds sedikit tidak biasa

UGREEN HiTune X5 mempunyai yang terbilang sangat ringkas untuk sebuah TWS. Dengan dimensi yang hanya 21,9×26,x28,6 mm, casing yang dibawanya punya ukuran yang bisa dikatakan kurang lebih sama dengan Apple AirPods.

Oleh karena itu sangat mudah sekali menyimpan maupun mengeluarkan casing dari saku celana. Selain hanya memiliki bobot total 47,6 gram, HiTune X5 turut mempunyai profil casing yang pipih dan seimbang sehingga tidak akan terlalu menyembul ketika di simpan di dalam saku.

Untuk tampilan luarnya sendiri, HiTune X5 dibalut oleh warna hitam gelap yang sedikit kebiruan dengan aksen bintik-bintik di permukaannya. Desain tersebut menurut UGREEN terinspirasi dari alam tepatnya mengingatkan akan lautan misterius dan langit berbintang.

UGREEN HiTune X5 (5)

Sementara itu, pada bagian belakang casing terdapat tombol pairing dan pada bagian depannya terdapat tiga buah lampu kecil sebagai indikator daya yang tersedia di dalamnya. Lampu tersebut sangat berguna sekali untuk mengetahui secara singkat berapa daya yang tersisa maupun apakah pengisian daya sudah selesai atau belum.

Pembagian indikator dayanya sendiri terbagi menjadi lampu pertama berkedip (0-30%), lampu kedua berkedip (30-65%), dan lampu ketiga berkedip (65-100%). Saat semua lampu menyala terang, maka berarti daya baterainya penuh 100%.

Untuk pengisian daya casing dapat dilakukan melalui port USB-C yang ada di bagian bawah. Menariknya, UGREEN sudah memberikan kabel USB-A ke USB-C dalam paket penjualan sehingga tidak perlu khawatir harus membelinya.

Material permukaan dari casing HiTune X5 cukup glossy sehingga akan mudah untuk minyak dari tangan menempel yang membuatnya jadi sedikit licin. Akan tetapi berkat warnanya yang gelap, casing tidak akan terlihat kotor sama sekali dan selalu terlihat baru.

UGREEN HiTune X5 (2)

Material serupa juga ditemukan pada kedua earbuds yang mana menjadi hal lebih penting untuk menjaganya tetap bersih. Untuk kedua earbuds sendiri memiliki bentuk oval dengan tangkai kecil menjuntai ke bawah.

HiTune X5 termasuk sebagai perangkat audio in-ear yang berarti bagian ujung buds akan masuk ke kanal telinga untuk memberikan isolasi udara lebih baik. Tersedia empat ukuran ear tips dalam paket penjualan mulai dari ukuran XS hingga L (Ukuran M langsung terpasang).

Bentuk earbuds dari HiTune X5 memang bisa dikatakan unik dan tidak biasa karena seperti dua oval yang digabungkan. Walaupun begitu perlu diakui kalau bentuknya terasa nyaman dan pas di telinga yang mana tidak mudah lepas ketika kepala bergerak-gerak.

Bentuk earbuds cukup mengikuti kontur telinga yang mana membuatnya dapat terpasang dengan baik. Hanya saja dikarenakan bentuknya yang tidak lazim terkadang membuat proses memasukkan kembali earbuds ke casing sedikit merepotkan karena perlu sedikit dibiasakan arahnya.

UGREEN HiTune X5 (8)

Bentuknya yang oval tersebut menjadi tempat tersimpannya 10mm driver dinamis dan dual-flexible diaphragm yang diklaim dapat menghasilkan suara yang kaya dan imersif. Ditambah lagi UGREEN membekalinya dengan teknologi Superbass Enhancement untuk meningkatkan audio pada frekuensi mid-ke-low.

UGREEN pun membenamkan chipset Qualcomm QCC 3040 sebagai otaknya yang mendukung codec aptX, AAC, dan SBC lewat transmisi Bluetooth 5.2 yang mampu menjangkau hingga jarak 10 meter. Dengan begitu HiTune X5 sudah menawarkan fitur-fitur kekinian di dalamnya.

HiTune X5 pun sangat praktis dalam proses pairing karena berbagai perangkat baik itu handphone maupun komputer langsung memberikan notifikasi untuk menghubungkannya. Sekali ketuk dan HiTune X5 dapat langsung digunakan.

Untuk kualitas audio yang dihasilkan oleh terbilang lantang dengan profil bass yang sangat nendang. Fitur Superbass Enhancement yang dimiliki oleh HiTune X5 memang sangat terasa untuk bagian bass yang mana tentu membuatnya cocok untuk mendengarkan musik EDM atau sejenisnya.

UGREEN HiTune X5 (7)

Akan tetapi bass yang dimiliki oleh HiTune X5 mungkin akan terdengar terlalu berlebihan untuk sebagian orang yang lebih senang dengan profil audio lebih seimbang. Hal ini dikarenakan vokal maupun mid terkadang sedikit tertutupi oleh bass yang berdendang terus-menerus.

Begitu juga untuk high yang malah bisa sampai terkalahkan oleh bass. Oleh karena itu HiTune X5 memang lebih cocok untuk mendengarkan konten yang punya banyak efek bass, termasuk film maupun game karena ledakan akan terasa menggelegar.

Untuk harganya, HiTune X5 cukup disayangkan belum memiliki sensor proximity yang mana kerap digunakan untuk menghentikan lagu secara otomatis ketika earbuds dilepas. Walaupun begitu rasanya ini bukan permasalahan terlalu besar untuk sebagian orang karena HiTune X5 punya pengendali yang praktis.

HiTune X5 mendukung navigasi sentuh pada earbuds yang mana masing-masing bisa memberikan perintah berbeda. Misalnya saja ketuk tiga kali earbuds kanan untuk pindah ke lagu selanjutnya atau ketuk tiga kali earbuds kiri untuk pindah ke lagu sebelumnya.

Aktivasi Voice Assistant untuk perintah suara juga bisa dilakukan dengan cara menekan salah satu earbuds selama dua detik. Selain itu HiTune X5 juga menghadirkan dua mode meliputi normal dan gaming yang bisa diakses dengan mengetuk earbuds sebanyak empat kali.

UGREEN HiTune X5 (3)

Mode gaming yang hadir pada HiTune X5 akan memberikan latensi lebih rendah lagi mencapai 70ms sehingga suara yang ada pada game akan terdengar langsung secara instant. Tentunya ini sangat penting sekali untuk bermain game kompetitif.

Tidak hanya soal musik dan game saja, HiTune X5 juga sudah ditanamkan 4 mics ENC dan CVC 8.0 Noise Cancellation untuk memberikan pengalaman telepon lebih baik dibandingkan TWS biasa. Lewat fitur ini, suara bising dari sekitar diklaim dapat dikurangi hingga 91%.

Dengan segala kemampuan yang dimilikinya, HiTune X5 masih punya daya tahan baterai yang tegolong cukup lama. Setiap earbuds memiliki kapasitas. Secara keseluruhan HiTune X5 dapat memberikan masa pemakaian hingga 28 jam jika menggunakan casing untuk mengisi ulang daya earbuds.

Sementara untuk sekali pengisian daya dapat bertahan 7 jam yang mana kurang lebih bisa digunakan untuk menonton sekitar tiga film penuh berturut-turut. Dalam pemakaian secara nyata, baterai dari earbuds berkurang sekitar 20% setelah mendengarkan musik selama 1 jam pada tingkat volume 70% atau berarti sekitar 5 jam jika hingga baterai habis.

UGREEN HiTune X5 (6)

Lalu untuk pengisian dayanya sendiri sayangnya cukup lama untuk earbuds. Perlu membutuhkan waktu hingga 1,5 jam agar earbuds kembali terisi penuh. Namun untuk casing untungnya hanya memakan waktu 2 jama saja untuk mengisi dayanya.

Melihat kemampuan yang dimiliki serta setelah merasakan pengalaman penggunaan yang ditawarkan, HiTune X5 merupakan perangkat audio TWS yang sangat patut dipertimbangkan. Apalagi dengan harga Rp680.000 selama Harbolnas 11.11 2022 membuat HiTune X5 semakin menggoda.

Audio dengan profil bass yang sangat nendang untuk mendengarkan musik serta latensi rendah ketika bermain game tentunya akan memberikan pengalaman yang memuaskan. Belum lagi baterainya pun terbilang dapat bertahan cukup lama dalam sekali pengisian.

Kekuatan utama dari HiTune X5 rasanya terletak pada desainnya yang ramping dan ringan walaupun memang mungkin untuk earbuds akan cocok atau tidak cocok tergantung selera masing-masing. Satu hal yang pasti, desainnya yang ringkas membuat HiTune X5 sangat praktis untuk digunakan.

Tinggalkan Komentar