Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A04e – Lebih Murah dari Saudara-Saudaranya

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A04e - Header

Gadgetren – Samsung kembali meramaikan pasar entri di Indonesia dengan memboyong Samsung Galaxy A04e yang mana dibanderol paling murah ketimbang saudara-saudara di lini keluarganya.

Handphone baru ini secara khusus dibanderol dengan harga Rp1.299.000 atau bisa lebih murah lagi saat promosi. Lumayan jauh dari saudara-saudaranya seperti Samsung Galaxy A04 yang tersedia mulai dari Rp1.499.000 dan Samsung Galaxy A04s Rp2.099.000.

Selain banderol harganya yang relatif murah, Galaxy A04e juga membawa beberapa kelebihan yang membuatnya cukup layak dipertimbangkan saat mencari handphone baru. Adapun secara lebih rinci dapat disimak dalam penjelasan berikut.

Kelebihan Samsung Galaxy A04e

Untuk handphone kelas entri yang dibanderol kurang dari Rp1,3 jutaan, kamera utama Galaxy A04e tergolong lumayan tinggi. Perangkat ini soalnya sudah mengusung lensa ganda dengan resolusi 13MP + kedalaman 2MP.

Dengan kombinasi lensa tersebut, kita tentu sudah bisa mengabadikan berbagai macam momen penting secara lebih baik. Setidaknya sudah cukup untuk dibagikan di berbagai macam layanan media sosial seperti Facebook, Instagram, maupun Twitter.

Baterai yang dibawa Galaxy A04e juga termasuk besar. Dengan kapasitasnya yang mencapai 5.000mAh, handphone ini bakal mempunyai durasi pemakaian harian yang lama sehingga bisa diandalkan untuk menemani berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

Meskipun masih beresolusi HD+ (1600 x 720 piksel), layar handphone ini juga cukup luas. Samsung soalnya sudah membekali Galaxy A04e dengan panel IPS LCD yang membentang dari sudut ke sudut secara diagonal hingga 6,5 inci.

Dukungan mutakhir seperti USB Type-C juga hadir pada handphone ini. Padahal jika melihat beberapa kompetitor di rentang harganya, jarang ada perangkat yang menggunakan antarmuka tersebut. Kebanyakan masih mengandalkan Micro USB yang notabene sedikit lebih lawas.

Galaxy A04e juga dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan yang lumayan lengkap. Di antaranya kita akan menjumpai slot kartu terdedikasi (SIM ganda + MicroSD) serta fitur RAM Plus yang bisa dipakai untuk menambah kapasitas RAM.

Kekurangan Samsung Galaxy A04e

Untuk mengembangkan handphone dengan label harga yang benar-benar murah, Samsung sayangnya memangkas spesifikasi dari Galaxy A04e. Ada beberapa fitur yang dihilangkan maupun masih terlihat kurang memadai.

Salah satu di antaranya, Galaxy A04e belum dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari sama seperti handphone-handphone baru di rentang harganya. Kita makanya hanya bisa menggunakan alternatif keamanan lain mulai dari PIN, pola, password, atau Face Unlock.

Kemampuan dapur pacu yang diusung Galaxy A04e juga terlihat rendah. Samsung memang tidak menyebutkan tipe yang dipakainya. Namun, jika melihat spesifikasi dan pemakaian sistem One UI Core yang dirancang lebih ringan dari versi reguler maka chipset handphone ini benar-benar untuk level entri.

Artinya, kita tidak bisa memaksanya untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang sangat berat. Galaxy A04e apalagi juga hanya dilengkapi dengan dukungan RAM berkapasitas 3GB sebelum memakai teknologi RAM Plus dan media penyimpanan internal 32GB.

Kamera depan Galaxy A04e juga hanya mempunyai resolusi sebesar 5MP. Sebenarnya sudah lumayan memadai untuk video call atau mengabadikan momen-momen harian tetapi tidak cukup jika kita membutuhkan foto maupun videe dengan kualitas lebih baik.

Tinggalkan Komentar