Tips dan Trik Handphone

Kenapa WhatsApp Reconnecting Terus-Menerus di iPhone? Ini Penjelasannya

Kenapa WhatsApp Reconnecting Terus di iPhone - Header [Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Tak hanya bagi pengguna handphone-handphone berbasis Android, WhatsApp juga menjadi layanan andalan dalam berkomunikasi untuk sebagian orang yang memakai perangkat iPhone.

Kemudahan dalam pemakaian serta berbagai macam fitur yang dimiliki oleh layanan tersebut menjadi sebagian alasannya. Ditambah lagi sistem operasi yang didukung juga lumayan banyak sehingga kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja.

Walaupun demikian, layanan tersebut bisa berubah menjadi sebuah masalah yang sangat menjengkelkan jika tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya. Padahal di sisi lain ada banyak kendala yang bisa muncul secara tiba-tiba.

Di perangkat iPhone, salah satu kendala yang bisa muncul adalah WhatsApp dalam mode reconnecting terus-menerus. Akibatnya kita tidak dapat menghubungi orang-orang yang diperlukan pada saat itu juga.

Kenapa WhatsApp bisa masuk ke dalam mode reconnecting terus-menerus di iPhone? Buat kamu yang ingin menyelesaikan masalah ini, berikut beberapa alasan yang bisa menjadi penyebabnya.

Kenapa WhatsApp Reconnecting Terus-Menerus di iPhone?

Bug Aplikasi Atau Sistem

Pembaruan aplikasi maupun sistem operasi memang dirancang untuk memperbaiki berbagai macam masalah yang sering terjadi di versi yang sebelumnya. Hanya saja tidak menutup kemungkinan justru membawa sejumlah bug.

Bug yang muncul tentu bisa membuat aplikasi maupun sistem di dalam perangkat tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Termasuk masalah WhatsApp yang terus-menerus reconnecting juga dapat disebabkan oleh hal ini.

Menunggu pembaruan dari pengembang tentu menjadi satu-satunya jalan yang bisa dilakukan. Sembari melakukan hal tersebut, kita bisa terus mengeceknya lewat Software Update untuk sistem operasi atau Apple Apps Store untuk aplikasi.

Data Bermasalah

Saat berjalan, aplikasi maupun sistem operasi membutuhkan data-data yang sesuai untuk diolah. Bisa muncul sederet masalah jika terjadi ketimpangan di antara keduanya termasuk WhatsApp bisa reconnecting terus-menerus.

Memasang ulang aplikasi WhatsApp makanya dapat menjadi salah satu solusi yang bisa dilakukan. Dengan begitu, layanan akan memproduksi berkas-berkas data yang diperlukan dari awal sehingga bisa kembali selaras dengannya.

Koneksi Kurang Memadai

Agar bisa bekerja dengan baik, WhatsApp memerlukan koneksi internet yang sangat memadai. Kita kemungkinan akan kehilangan beberapa fiturnya jika WiFi atau jaringan seluler yang digunakan tidak mencukupinya.

WhatsApp yang masuk ke mode reconnecting terus-menerus juga bisa terjadi karena hal ini. Kita pun bisa mencoba menyegarkan jaringan (mengaktifkan lalu mematikan mode pesawat), beralih dari WiFi ke koneksi seluler atau sebaliknya, hingga me-reset pengaturannya.

Opsi Low Data Usage Menyala

Koneksi yang kurang memadai di atas juga bisa disebabkan oleh opsi low data usage yang sedang menyala. Pengaturan ini soalnya akan membatasi pemakaian data dari WiFi atau jaringan seluler yang sedang digunakan.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, kita bisa mematikan pengaturannya lewat Settings > Cellular > Cellular Data Options untuk jaringan seluler. Sementara untuk WiFi lewat Settings > Wi-Fi > tombol Info (ikon huruf i) di samping nama SSID yang digunakan.

Pengaturan Aplikasi Tidak Sesuai

Aplikasi seperti WhatsApp memerlukan pengaturan yang tepat supaya bisa berjalan. Termasuk di dalamnya berbagai macam perizinan untuk memunculkan notifikasi, mengakses lokasi, hingga jaringan lokal yang mungkin perlu diaktifkan.

Kita bisa mengecek satu per satu pengaturannya lewat halaman Settings > WhatsApp. Pastikan setelan izin yang dibutuhkan oleh aplikasi pesan singkat tersebut menyala semua supaya bisa berjalan sebagaimana mestinya.

WhatsApp Mengalami Masalah

Munculnya pesan WhatsApp Reconnecting bisa saja dikarenakan oleh suatu hal yang di luar kendali pengguna. Layanan dari Meta ini pasalnya juga tidak lepas dari gangguan server yang bisa terjadi kapan saja tanpa ada peringatan layaknya layanan online lainnya.

Bahkan WhatsApp sebenarnya sudah mengalami beberapa kali gangguan yang membuat pengguna di seluruh dunia langsung panik dan bertanya-tanya lewat kanal lain seperti Twitter karena komunikasi mereka terhambat. Tentunya jika ini terjadi sangat menyebalkan karena kamu tidak bisa melakukan apa-apa untuk memperbaikinya.

Jika ini memang menjadi penyebabnya, maka tidak akan butuh waktu lama sebelum WhatsApp memberikan pengumuman resmi apakah mereka tengah mendapatkan gangguan pada server atau tidak. Oleh karena itu tidak ada salahnya juga untuk kamu mengecek media sosial untuk mengetahui kabar terbaru.

Tinggalkan Komentar