Tips dan Trik Handphone

Cara Mengecek Touchscreen Handphone OPPO Jika Layar Dirasa Bermasalah

Cara Mengecek Touchscreen Handphone OPPO Header

Gadgetren – Handphone OPPO menggunakan layar sentuh atau touchscreen untuk memudahkan penggunanya melakukan navigasi, memilih menu atau aplikasi, hingga menjalankan berbagai fungsi.

Layaknya elektronik yang sudah digunakan cukup lama, terkadang fungsi dari touchscreen akan terganggu sehingga beberapa area pada layar akan sulit disentuh dan tidak bisa menjalankan perintah.

Hal ini tentunya akan membuat kamu sedikit kesal karena aktivitas menjadi terganggu apabila ada area layar yang tidak dapat disentuh. Kamu untungnya bisa mengecek terlebih dulu layar handphone OPPO, apakah masih dalam kondisi bagus atau area apa saja yang tidak bisa merespon sentuhan jari.

Dalam handphone OPPO sendiri terdapat EngineerMode yang berisikan kumpulan fitur untuk melakukan pengujian terhadap fungsi-fungsi perangkat untuk mengetahui apakah masih dalam kondisi baik atau terdapat beberapa masalah.

Pada EngineerMode pim dihadirkan pengujian Touchscreen sehingga kamu dapat mengetahui kondisi dari respon sentuhan jari terhadap layar. Apabila layar sentuh masih dalam kondisi baik, tentunya seluruh area dapat merespon.

Cara Cek Touchscreen OPPO

Melalui EngineerMode

  • Buka aplikasi Phone di perangkat OPPO
  • Ketik kode *#899#
  • Pada halaman EngineerMode, pilih opsi manual test
  • Pilih opsi TouchScreen pada tab Device Debugging
  • Selanjutnya, pilih mode pengujian yang terdiri dari HandWriting, Verification, dan Touch screen auto test
  • Pada saat pengujian, kamu akan melihat area touchscreen mana yang dapat merespon jariOPPO - TouchScreen Test

Apabila memilih mode HandWriting, kamu dapat mencoret-coret pada layar. Saat area berhasil merespon sentuhan, maka akan muncul garis layaknya seperti sedang mencoret.

Sementara jika memilih mode Verification, maka kamu akan diperlihat koordinat area layar yang berhasil disentuh. Untuk Touch screen auto test akan mendeteksi secara otomatis area layar yang disentuh.

Nantinya touchscreen dinyatakan berfungsi dengan baik ketika sistem pada pengujian ini memunculkan tulisan Pass. Namun untuk mendapatkan referensi lain mengenai kemampuan dari touchscreen di handphone OPPO milikmu, maka memasang aplikasi Screen Test Pro dari Google Play Store.

Melalui Aplikasi Screen Test Pro

  • Buka aplikasi Screen Test Pro di handphone OPPO
  • Pada halaman utama aplikasi, pilih menu Multi-touch Test untuk menguji berapa jari yang dapat menyentuh secara bersamaan
    OPPO - ScreenTest Pro Multi
  • Atau pilih menu Touch Test untuk menguji secara keseluruhan area mana saja yang dapat merespon sentuhan jari
    OPPO - ScreenTest Pro Touch

Rata-rata touchscreen pada handphone masa kini dapat merespon hingga 10 sentuhan jari sekaligus. Dengan menggunakan Multi-Touch Test, kamu dapat mengetahui apakah fitur multi sentuhan pada layar handphone OPPO kamu berfungsi dengan baik.

Nantinya aplikasi akan memunculkan angka 10 ketika layar berhasil mendeteksi 10 jari sekaligus. Namun jika muncul angka lain seperti 8 atau 6 saja, maka tandanya ada masalah pada layar.

Sementara pada pengujian Touch Test, kamu akan diminta untuk menekan dan menggeser jari ke seluruh area layar. Pada saat semua area layar menjadi merah, maka memperlihatkan bahwa touchscreen dalam kondisi baik.

Jika touchscreen dari layar handphone OPPO kamu memang mengalami bermasalah, maka sebaiknya langsung dibawa ke OPPO Service Center agar ditangani oleh teknisi yang sudah bersertifikasi.

Tinggalkan Komentar