Aplikasi Tips dan Trik

Cara Aktifkan Verifikasi 2 Langkah YouTube Agar Akun Menjadi Lebih Aman

Cara Aktifkan Verifikasi 2 Langkah YouTube

Gadgetren – YouTube telah menjadi situs berbagi video yang digunakan oleh banyak orang di dunia, termasuk Indonesia.

Hal ini pun membuat Google menghadirkan kebijakan penggunaan verifikasi 2 langkah atau 2-Step Verification di YouTube agar setiap kreator konten mendapatkan keamanan akun tingkat lanjut.

Bahkan nantinya mulai 1 November 2021, kreator yang berada dalam YouTube Partner Program (YPP) wajib untuk mengaktivasi fitur verifikasi 2 langkah YouTube untuk meminimasilir pembajakan akun.

Google pun akan menindak tegas bagi kreator konten yang tidak mengaktifkan verifikasi 2 langkah YouTube dengan menghilangkan akses YouTube Studio untuk mengunggah video maupun mengelola channel.

Dengan begitu, mau tidak mau kreator konten harus mengaktifkan fitur tersebut jika ingin terus menggunakan layanan YouTube Studio. Kamu yang belum mengaktifkan verifikasi 2 langkah YouTube bisa mengikuti langkah berikut ini.

Cara Aktivasi Verifikasi 2 Langkah YouTube

  1. Kunjungi halaman 2 langkah verifikasi Google
  2. Login akun YouTube yang kamu miliki
  3. Tekan tombol Get Started dan pilih handphone sebagai penerima kode
    Verifikasi 2 Langkah YouTube Start
  4. Tekan tombol Next untuk ke langkah selanjutnya
  5. Masukkan nomor telepon untuk dikirimi kode PIN aktivasi 2 langkah verifikasi
  6. Tekan tombol Send agar kode dikirimkan
    Verifikasi 2 Langkah Metode YouTube Nomor HP
  7. Masukkan PIN yang telah diterima handphone dan tekan Next
  8. Pada halaman Turn on 2-Step Verification kamu akan dihadapkan pada alternatif kode keamanan dimana Google dapat mengirimkan kode, SMS, maupun pesan suara ke handphone
  9. Tekan Turn On untuk langsung mengaktifkan fitur 2 langkah verifikasi
    Verifikasi 2 Langkah Metode YouTube Turn On
  10. Selanjutnya, kamu akan dihadapkan pada tiga pilihan metode 2 langkah verifikasi meliputi Backup codes, Authenticator app, dan Security Key
    Verifikasi 2 Langkah Metode YouTube
  11. Pilih salah satu metode atau semuanya jika diinginkan
  12. Setelah proses selesai, nantinya kamu akan selalu diminta kode setiap login ke akun YouTube

Jenis Metode Verifikasi

Authenticator App adalah aplikasi generator PIN yang bisa kamu pasang di handphone. Nantinya aplikasi akan memunculkan kode berbeda-beda setiap waktunya sehingga tidak bisa dengan mudah dilacak.

Untuk Security Key menjadi metode verifikasi yang menggunakan perangkat tambahan lain sebagai kunci keamanannya. Misalnya menggunakan USB Flash Drive, perangkat Bluetooth, dan lainnya yang dapat terhubung ke handphone.

Sementara Backup Codes adalah sebuah kode yang ditampilkan acak oleh pihak Google. Setelah kode-kode tersebut dipilih, maka kamu dapat langsung mencetaknya pada kertas atau diunduh untuk disimpan secara aman.

Menurut saya, Authenticator App menjadi metode keamanan yang paling mudah digunakan untuk verifikasi 2 langkah YouTube karena hanya perlu mengunduh dan install aplikasinya di handphone. Selanjutnya, kode bisa diliat secara langsung setiap kali akan melakukan login.

Tinggalkan Komentar