Mading

Kenapa Pengisian Charger Handphone Bisa Lama Penuhnya?

UGREEN 100W GaN Fast Charger - 5

Gadgetren – Handphone-handphone di masa sekarang umumnya sudah dilengkapi dengan teknologi pengisian cepat yang mampu membuat kapasitas baterai bisa penuh dalam waktu lebih singkat.

Dengan teknologi tersebut, kita tak perlu menunggu lama saat melakukan pengisian daya. Jadi handphone pun bisa segera dipakai kembali untuk melanjutkan aktivitas atau pekerjaan yang sempat tertunda karena membutuhkannya.

Meskipun begitu, charger yang digunakan belum tentu bisa mendukung teknologi pengisian cepat dari handphone sehingga tentunya kemampuan pengisian menjadi terbatas. Beberapa di antaranya justru bisa membuat baterai menjadi lebih lama penuh ketimbang apa yang ditawarkan.

Namun, kita tak perlu khawatir jika hal tersebut terjadi. Charger yang mempunyai durasi pengisian daya baterai handphone lebih lama belum tentu berbahaya atau disebabkan oleh adanya masalah pada perangkat karena ada banyak faktor yang mungkin bisa menyebabkannya.

Bahkan sebenarnya pengisian menjadi lama termasuk suatu hal yang cukup wajar pada situasi tertentu. Adapun buat kamu yang belum tahu, berikut beberapa penyebab kenapa charger handphone yang digunakan bisa membuat proses pengisian baterai lama penuhnya.

Kenapa Charger Handphone Bisa Membuat Baterai Lama Penuhnya?

Daya Kurang

Proses pengisian baterai pada sebuah handphone normalnya akan dipengaruhi oleh kesesuaian antara dukungan daya miliknya dengan charger yang digunakan. Jika keduanya selaras, maka nanti dapat berjalan seperti apa yang dijanjikan.

Sebaliknya jika ada yang kurang di salah satu perangkat baik itu charger maupun handphone, maka kecepatannya mungkin akan kurang sesuai. Kecepatan proses pengisian salah satu di antaranya dapat dipengaruhi oleh dukungan oleh perangkat tersebut.

Termasuk salah satunya bisa menjadi lebih lambat apabila charger mempunyai daya lebih rendah ketimbang apa yang dibutuhkan oleh handphone. Apalagi jika memang handphone memiliki baterai dengan kapasitas yang tidak kecil.

Protokol Tidak Sesuai

Kesesuaian antara handphone dengan charger tak hanya bisa dilihat dari daya pengisiannya saja. Agar dapat bekerja sesuai dengan apa yang ditawarkan, maka keduanya harus mempunyai protokol yang sama.

Ada banyak protokol pengisian daya yang beredar saat ini di mana termasuk Quick Charge dan Power Delivery. Beberapa perusahaan handphone bahkan mempunyai teknologinya sendiri seperti vivo dengan FlashCharge, OPPO dengan VOOC, hingga Xiaomi dengan Turbo Charge.

Jika handphone dengan charger tidak mempunyai teknologi yang sama maka pengisian pun tidak akan berjalan maksimal. Hal ini karena prosesnya akan dialihkan ke protokol standar yang mempunyai daya cukup rendah.

Kabel Data Tidak Mendukung

Selain kesesuaian antara teknologi di handphone dan charger, kabel juga memegang peranan penting dalam proses pengisian. Hal ini karena fungsinya kadang kala tak hanya untuk menyalurkan daya tetapi juga media komunikasi data dalam menyelaraskan protokol yang akan digunakan.

Saat memakai kabel yang tidak sesuai, proses pengisian daya pun bisa terganggu. Ada banyak contoh kasus yang bisa terjadi karena hal ini mulai dari baterai menjadi lebih lama penuh hingga handphone tidak mengisi sama sekali.

Sembari Digunakan

Untuk melengkapi pengisian daya cepat di handphone, beberapa perusahaan juga mengembangkan berbagai macam proteksi mulai dari chip khusus hingga sistem kecerdasan buatan. Tujuannya agar teknologi tersebut bisa tetap digunakan dengan aman.

Seperti apa yang kita tahu, pengisian daya dan pemakaian handphone biasanya akan memproduksi banyak panas. Jika keduanya dilakukan bersamaan, maka suhu perangkat bisa meningkat dengan lebih cepat sehingga membuatnya semakin cepat rusak.

Sistem proteksi dalam bentuk chip maupun kecerdasan buatan salah satu di antaranya dirancang untuk mencegah hal itu. Supaya tetap aman digunakan, daya pengisian biasanya akan diturunkan untuk mengurangi produksi panas meski nanti berakibat pada durasinya yang biasanya menjadi lebih lama.

Komponen Rusak

Jika kamu masih menggunakan charger atau kabel data bawaan tetapi perubahan kecepatan pengisian terjadi secara tidak normal, maka kamu pun perlu sedikit berhati-hati. Soalnya bisa saja ada penurunan kemampuan komponen di dalamnya.

Komponen ini bisa dari sisi charger maupun kabel data. Kita bisa memastikan dengan mencoba mengganti salah satunya. Namun jika masih belum teratasi, maka kemungkinan masalah muncul di handphone itu sendiri. Membawanya ke tempat servis tentu opsi yang bisa dipertimbangkan saat itu terjadi.

Tinggalkan Komentar