Smartphone Tips dan Trik

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang di vivo Untuk Akses Fungsi Tersembunyi

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang di vivo

Gadgetren – Sebagai produsen handphone bersistem operasi Android, vivo telah menghadirkan fitur Opsi Pengembang atau Developer Options pada produk buatannya.

Hadirnya Opsi Pengembang memungkinkan developer bisa melakukan pengaturan lebih lanjut dalam mengoptimalkan aplikasi buatannya di handphone vivo. Secara bawaan, opsi ini tidak akan ditampilkan pada halaman Settings karena harus diaktifkan terlebih dulu.

Penyembunyian Opsi Pengembang ini dilakukan oleh vivo agar pengguna awam atau biasa tidak salah mengubah pengaturan maupun memencet tombol yang tersedia karena bisa membuat handphone vivo bermasalah apabila pengaturan tidak benar.

Namun justru bagi developer, Opsi Pengembang sangat berguna karena menghadirkan berbagai macam menu yang berguna ketika sedang mengembangkan aplikasi seperti Windows animation scale, Transition animation zoom, OEM (bootloader) unlock, Show surface updates, Show layout bounds, Maximum connected Bluetooth audio devices, dan masih banyak lagi.

Namun Opsi Pengembang pun terkadang memiliki fitur yang bisa digunakan oleh pengguna awam untuk mempermudah pemakaian. Bagi kamu yang menginginkannya bisa mengikuti langkah berikut ini.

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang di vivo

  1. Akses aplikasi atau menu Settings (Pengaturan)
  2. Pilih menu My Device (Perangkat Saya) di bagian atas layar
  3. Tuju halaman More Parameters (Parameter Lainnya)
  4. Pada bagian Software version (Versi Perangkat Lunak), tekan 7 kali hingga layar menampilkan notifikasi You are now in developer mode (Anda kini dalam mode pengembang)
  5. Masuk ke halaman More Settings (Pengaturan lainnya) dan pilih menu Developer Options (Mode Pengembang)

Sementara pada beberapa seri handphone vivo tertentu akan ada beberapa perbedaan menu untuk mengaktifkan Opsi Pengembang. Misalnya saja kamu akan menemukan menu More Settings dan About Phone ketimbang My Device pada Funtouch OS versi lawas. Kamu pun bisa coba dial *#*#7777#*#* pada aplikasi telepon untuk mengaksesnya.

Tentunya tutorial perlu disesuaikan dengan versi sistem operasi Funtouch OS yang digunakan pada handphone vivo kamu, namun secara keseluruhan seharusnya tidak berbeda jauh. Setelah proses aktivasi berhasil, maka kamu dapat langsung mengakses Opsi Pengembang.

Jika kamu hanya sekadar coba-coba saja, opsi ini untungnya dapat disembunyikan kembali. Kamu hanya perlu menekan tombol nonaktif di halaman Opsi Pengembang yang dapat ditemukan melalui menu More Settings.

Semoga dengan hadirnya tutorial mengaktifkan Opsi Pengembang ini dapat memudahkan kamu melakukan kustomisasi handphone vivo. Namun tentunya selalu berhati-hati untuk mengubah pengaturan yang ada di dalamnya dan pastikan kamu memahami fungsinya.

Tinggalkan Komentar