Tips dan Trik Aplikasi

Apakah Ada Cara Membuka Pesan WhatsApp yang Terenkripsi?

Cara Membuka Pesan WhatsApp yang Terenkripsi - Header

Gadgetren – Saat memakai layanan WhatsApp, setiap percakapan yang kita lakukan umumnya akan terproteksi dengan fitur enkripsi dari ujung ke ujung sehingga bisa berjalan secara lebih aman.

Dengan adanya fitur enkripsi ini, isi pesan mulai dari teks, gambar, video, voice note, hingga dokumen hanya dapat dibaca oleh pengirim dan penerima saja. Pihak lain termasuk WhatsApp sendiri bahkan tidak dapat membukanya.

Fitur enkripsi di layanan WhatsApp pun tak hanya berlaku untuk isi pesan. Proteksinya juga mencakup pembaruan status, panggilan suara, hingga konferensi video yang mana termasuk dukungan utama dari layanan tersebut.

Secara sederhana, fitur enkripsi dari ujung ke ujung akan mengamankan pesan hingga panggilan di layanan WhatsApp dengan sebuah kunci khusus. Dalam hal ini hanya pengirim dan penerima saja yang akan memilikinya.

Untuk membuka pesan WhatsApp yang terenkripsi, kita pun memerlukan kunci tersebut. Lalu bagaimana jika kita tidak memilikinya? Apakah ada cara supaya bisa mengintip teks, gambar, video, hingga dokumen yang ada di dalamnya?

Apakah Ada Cara Membuka Pesan WhatsApp yang Terenkripsi?

Kembali ke penjelasan awal, fitur enkripsi dari ujung ke ujung akan memastikan bahwa percakapan hanya dapat diakses oleh pengirim dan penerima saja dengan sebuah kunci khusus. Jika tidak memilikinya maka kita pun tidak dapat membuka isi pesan terkait.

Artinya, kita tidak dapat seenaknya membuka isi pesan milik orang lain jika kita bukan sebagai pengirim maupun penerima dari percakapan yang berkaitan. Bahkan WhatsApp sendiri menjamin bahwa mereka pun tidak dapat melakukannya.

Namun jika kita adalah pengirim atau penerima pesan, maka kita bisa membuka isinya dengan mudah. Kita bahkan tidak perlu melakukan pengaturan apapun karena membuka maupun mengunci dalam proses enkripsi akan berlangsung secara otomatis di belakang layar sehingga tunggu saja sampai selesai.

Kita bisa membuka pesan yang terenkripsi secara langsung di aplikasi WhatsApp. Dalam hal ini saya sedikit menyarankan untuk menggunakan versi resmi jangan yang sudah termodifikasi karena berisiko membawa kode berbahaya seperti malware atau spyware.

Fitur enkripsi ini juga berlaku jika kita ingin membuka percakapan dari berkas cadangan WhatsApp yang umumnya tersimpan dalam format crypt9, crypt10, crypt12, crypt13, maupun crypt14. Jadi kita tetap memerlukan kunci khusus untuk membukanya.

Kunci enkripsi WhatsApp sendiri umumnya tersimpan di setiap perangkat yang digunakan. Untuk mengaksesnya, kita harus masuk ke dalam penyimpanan terdalam perangkat sehingga tak jarang membutuhkan akses khusus seperti rooting di perangkat Android.

Tinggalkan Komentar