Berita Laptop / PC

ASUS ExpertBook B3 Detachable, Laptop Hybrid yang Bisa Tahan 21 Jam

ASUS ExpertBook B3 Detachable Feature

Gadgetren – Sebelum acara peluncurannya yang akan digelar pada tanggal 20 Oktober 2022 mendatang, ASUS Indonesia telah mengundang tim Gadgetren untuk melihat langsung ExpertBook B3 Detachable B3000.

Dalam kesempatan tersebut, Rifan Fernando selaku Field Application Engineer Lead ASUS Indonesia memaparkan spesifikasi hardware dan fitur yang dibawa oleh ASUS ExpertBook B3 Detachable yang akan segera dirilis secara resmi di Indonesia.

Sebagai perangkat yang multifungsi, ASUS ExpertBook B3 Detachable ini memiliki keyboard yang dapat dilepas menjadi beberapa mode sekaligus mulai dari laptop, tablet, stand vertical, dan stand horizontal sehingga dapat memenuhi beragam aktivitas penggunanya mulai dari pekerjaan, pembelajaran, hingga hiburan.

ASUS ExpertBook B3 Detachable Stand Horizontal

ASUS ExpertBook B3 Detachable dan keyboard dapat saling terhubung menggunakan 4 pin magnetis pogo sehingga pada saat menjadi mode laptop, perangkat dengan keyboard akan terpasang dengan kuat.

Namun apabila pengguna ingin mengubahnya ASUS ExpertBook B3 Detachable menjadi tablet, maka dapat langsung melepas keyboard tersebut. Dalam paket penjualannya, terdapat ExpertStand yang berfungsi untuk menjadi penyangga perangkat ini ketika digunakan untuk menjadi stand vertical dan stand horizontal yang nyaman ketika digunakan untuk menonton video, melakukan live, dan masih banyak lagi.

Keyboard, touchpad, dan palm rest dari ASUS ExpertBook B3 Detachable ini dilindungi dengan perawatan antibakteri yang telah ditunjukkan dengan mendapatkan standar ISO 22196 yang diakui secara internasional dalam menghambat pertumbuhan bakteri lebi dari 99% selama periode 24 jam.

ASUS ExpertBook B3 Detachable All

ASUS ExpertBook B3 Detachable juga sudah mendapatkan sertifikasi ketahanan militer US MIL-STD 810H yang telah lolos uji ketahanan kelembaban, temperature, guncangan, jatuh dari ketinggian 120cm saat dihidupkan, getaran fisik, beroperasi di ketinggian 15.00 kaki, dan lainnya.

Rifan Fernando mengatakan bahwa ASUS ExpertBook B3 Detachable ini diotaki chipset Qualcomm Snapdragon 7c Gen2 Octa-Core 2,55 GHz dan GPU Adreno 618 yang memiliki performa bertenaga yang dapat menunjang aktivitas sehari-hari dari penggunanya.

Menurut Rifan, chipset besutan Qualcomm tersebut dikombinasikan dengan baterai 38Whrs yang mampu bertahan selama 21 jam dalam pemakaian normal.  Dalam paket penjualannya, terdapat Adaptor Charger berfitur 45W Fast Charging yang mampu mengisi daya baterai dari kondisi 0% ke 50% cuma memakan waktu 39 menit.

“Sementara apabila ASUS ExpertBook B3 Detachable menggunakan Adaptor Charger dari perangkat lain yang mendukung 33W Fast Charging, maka fitur pengisian daya cepatnya akan aktif secara otomatis,” tambah Rifan.

ASUS ExpertBook B3 Detachable Stand Vertical

Untuk membuat aktivitas multitasking berjalan dengan lancar, RAM LPDDR4X 8 GB pun telah disematkan pada perangkat ini. Sementara penyimpanan internalnya cukup lega karena menggunakan eMMC yang berkapasitas 128 GB.

ASUS ExpertBook B3 Detachable dilengkapi dengan layar 10,5 inci yang mempunyai resolusi WUXGA (1920 x 1200 piksel), aspek rasio 16:10, LED Backlit, tingkat kecerahan 320nits, dan 121% sRGB sehingga mampu menampilkan konten dengan baik.

Layar perangkat ini pun dapat disentuh untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan navigasi, memilih aplikasi atau menu, dan lainnya. Secara bawaan, ASUS ExpertBook B3 Detachable juga sudah dilengkapi dengan Stylus yang memiliki 4.096 tingkat presisi sehingga dapat digunakan penggunanya untuk menulis, mencoret, maupun menggambar layaknya di atas kertas.

ASUS ExpertBook B3 Detachable Stylus

Perangkat ini menggunakan sistem operasi Windows 11 dengan S – Mode sehingga aplikasi hanya diizinkan diinstal dari Microsoft Store. Dengan begitu, penggunanya harus melakukan unlock dari S Mode ke Windows 11 versi biasa agar bisa menginstal aplikasi secara sideload dengan menggunakan file berekstensi .exe.

Perangkat ini pun hadir dengan dukungan kamera belakang 13 MP dan kamera depan 5 MP. Selain itu, ASUS ExpertBook B3 Detachable juga sudah dilengkapi dengan Bluetooth 5.1, Wi-Fi, speaker, port USB 3.2 Gen1 Type-C, dan port jack Audio 3,5mm.

Meskipun spesifikasi hardware dan fitur ASUS ExpertBook B3 Detachable sudah terungkap, namun kamu baru bisa mengetahui harga resminya di Indonesia pada saat waktu peluncurannya tiba.

Tinggalkan Komentar