Aplikasi Berita

TikTok Hadirkan Fitur Dislike Pada Kolom Komentar

TikTok-Dislike

Gadgetren – Baru-baru ini TikTok telah merilis fitur dislike yang memungkinkan pengguna bisa menekan tombol dislike atau tidak suka pada kolom komentar akun tertentu. Sebelumnya fitur ini telah diuji coba dan saat ini sudah bisa dinikmati oleh seluruh pengguna TikTok di dunia termasuk Indonesia.

Untuk bisa mendapatkan ikon dislike pada kolom komentar akun tertentu, kita harus melakukan update aplikasi TikTok pada Google Play Store atau Apple App Store di handphone kita. Setelah itu bisa kembali membuka aplikasi  TikTok.

Ketika membaca komentar salah satu akun TikTok tertentu maka akan tersedia ikon dislike dengan gambar jempol terbalik di sebelah ikon like dengan gambar love. Secara teknis tombol dislike ini tidak menampilkan jumlah pengguna yang telah menekannya sehingga tidak akan menimbulkan kericuhan.

Hal ini dikarenakan TikTok justru sengaja menghadirkan tombol dislike tersebut untuk melindungi komunitasnya dari komentar-komentar yang kurang berkenan atau tidak sesuai. Menurut pihak TikTok pada postingannya di Twitter, tombol dislike merupakan cara baru buat TikTok untuk lebih mendengarkan saran balik dari pengguna.

Dengan begitu pengguna bisa mendapatkan kenyamanan menggunakan TikTok. Meskipun jumlah tombol dislike tidak dimunculkan di kolom komentar, pengguna masih bisa mengurungkan tombol dislike pada postingan video manapun.

TikTok-Dislike-Indonesi

Sementara akun yang mendapatkan dislike pada salah satu postingannya tidak akan menerima notifikasi dan hanya diketahui oleh TikTok sebagai bahan pertimbangan untuk lebih jauh. Namun demikian TikTok tidak menjelaskan bagaimana prosedur lebih jauh untuk akun yang mendapatkan tombol dislike paling banyak.

Apakah komentar akan dinonaktifkan atau dihapus ketika mendapatkan jumlah dislike sekian banyak atau mendapatkan peringatan lebih dulu. Terlepas dari itu, postingan video TikTok yang bisa kita tekan tombol dislike seperti yang menampilkan konten-konten tidak sopan, spam, melanggar aturan TikTok berupa penganiayaan, fitnah, hoaks, yang meresahkan dan semacamnya.

Dengan begitu fitur dislike sendiri bisa menjadi tempat baru buat pengguna untuk melapor postingan yang tidak pantas. Akan tetapi fitur dislike sendiri tetap berbeda dengan fitur Report yang ada pada menu Settings dan Privacy di halaman profil pengguna.

Tinggalkan Komentar