ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan ASUS ROG Phone 6 – Performa Monster!

Kelebihan dan Kekurangan ASUS ROG Phone 6 Header

Gadgetren – ASUS ROG Phone 6 merupakan handphone gaming andalan dari ASUS yang telah hadir dengan membawa kinerja bertenaga, desain menarik, dan baterai berkapasitas besar.

Handphone ini memiliki bagian belakang dengan beragam ornamen yang membuatnya menjadi sebuah perangkat gaming yang futuristik.

Terdapat Illuminated RGB Logo di bagian belakang yang dapat menampilkan logo ROG berwarna-warni. Selain itu AirTrigger di bagian pinggir perangkat ini dapat menjadi tombol L dan R sehingga lebih memudahkan dalam memainkan berbagai game seperti COD Mobile, PUBG Mobile, Pokemon Unite, Mobile Legends, dan lainnya.

Untuk membuat penggunanya nyaman dalam memainkan game, ASUS juga telah menghadirkan beberapa aksesoris untuk ASUS ROG Phone 6 seperti AeroActive cooler 6, Kunai GamePad 3, dan Galss Screen Protector.

Sementara untuk tahu lebih lanjut mengenai ASUS ROG Phone 6 baik kelebihan dan kekurangannya bisa melihat rinciannya sebagai berikut.

Kelebihan dan kekurangan ASUS ROG Phone 6

Kelebihan

Dapur pacu ASUS ROG Phone 6 telah dipercayakan pada chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 (4nm) Octa-Core 3,19 GHz yang memiliki performa monster sehingga mampu melahap aplikasi maupun game berat sekalipun.

Bahkan berdasarkan pengujian dari ASUS, handphone yang satu ini berhasil mendapatkan skor AnTuTu V9 yang mencapai 1.126.983 poin. Terdapat fitur sistem pendingin GameCool 6 yang dapat membuat suhu tetap terjaga walaupun game atau aplikasi dijalankan dalam waktu yang lama.

Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 juga dapat mendukung jaringan 5G dengan kecepatan download maksimal 10 Gbps. Hadir dengan dua varian, ASUS ROG Phone 6 dibanderol dengan harga Rp10.999.000 untuk RAM 8 GB + penyimpanan 256 GB dan Rp13.999.000 untuk RAM 12 GB + penyimpanan 256 GB.

ASUS ROG Phone 6 AirTrigger

Dengan baterai 6.000mAh, ASUS mengklaim bahwa perangkat ini mampu bertahan lama dalam pemakaian normal. Sementara fitur 65W HyperCharge mampu mengisi daya dari kondisi 0% ke 100% dalam waktu 42 menit saja.

Untuk memanjakan penggunanya dalam memainkan game, ASUS juga telah menghadirkan layar 6,78 inci dengan teknologi Samsung AMOLED, resolusi Full HD+ (2448 x 1080 piksel), HDR10+, tingkat kecerahan hingga 1200 nits, refresh rate 165Hz, dan dilindungi Corning Gorilla Glass Victus.

Soal urusan fotografi, ASUS ROG Phone 6 dilengkapi dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP, ultrawide 13 MP, dan makro 5 MP. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 12 MP.

ASUS ROG Phone 6 juga dilengkapi dengan dukungan dua kartu SIM, WiFi, Bluetooth 5.2, speaker stereo, port USB Type-C 3.1 di samping, port USB Type-C 2.0 di bawah, sensor fingerprint di dalam layar, Face Unlock, dan sistem operasi Android 12.

Kekurangan

ASUS ROG Phone 6 tidak dilengkapi dengan slot microSD. Sepertinya hal ini disebabkan penyimpanan internalnya besar mencapai 256 GB sehingga ASUS percaya diri tidak menghadirkan fitur tersebut.

ASUS-ROG-Phone-6-back

Dengan harga lebih dari Rp10 jutaan, ASUS ROG Phone 6 tidak dilengkapi dengan kamera telephoto. Padahal handphone kompetitor sudah menggunakan kamera jenis tersebut untuk dapat membidik obyek dari jarak jauh dengan jelas dan tajam.

Dengan baterai berkapasitas besar dan berbagai ornament, ASUS ROG Phone 6 sebagai gantinya harus memiliki ketebalan 10,3mm yang memang bakal terasa besar ketika digenggam dengan satu tangan.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar