Tips dan Trik Aplikasi

Bisakah Kita Melihat Kembali Pesan View Once yang Sudah Dibuka di WhatsApp?

Bisakah Melihat Kembali Pesan View Once di WhatsApp - Header

Gadgetren – Untuk melindungi data-data pribadi milik para pengguna, WhatsApp senantiasa mengembangkan dan meningkatkan kemampuan layanannya. Salah satu di antaranya dengan fitur bernama view once.

Sesuai dengan namanya, fitur view once dirancang supaya kita dapat mengirimkan foto atau video sekali lihat. Pesan yang memuatnya nanti akan langsung menghilang apabila sudah dibuka oleh penerima satu kali saja.

Fitur ini akan sangat cocok untuk membagikan foto atau video yang bersifat sangat pribadi. Selain hanya bisa dilihat sekali, pesan yang dikirim soalnya tidak dapat diteruskan, disimpan, ditandai, atau bahkan dibagikan ulang.

Lain halnya dengan pesan biasa, foto atau video yang dikirim dengan fitur view once juga tidak akan tersimpan ke dalam media penyimpanan perangkat. Jadi tidak akan bisa diakses lagi lewat galeri atau pengelola berkas.

Oleh karena itu cukup wajar jika muncul pertanyaan, bisakah kita melihat kembali pesan view once di WhatsApp? Soalnya bisa saja dalam beberapa kondisi kita akan membutuhkan isinya kembali di kemudian hari.

Bisakah Kita Melihat Kembali Pesan View Once yang Diterima di WhatsApp?

Biar kamu tidak menerka-neraka terlalu lama, jawaban dari pertanyaan ini tentu saja tidak. Fitur view once memang dirancang oleh WhatsApp untuk hal tersebut. Jadi tidak ada dukungan yang bisa digunakan untuk melihatnya kembali.

Bahkan jika kita berusaha untuk tidak melihat pesan terlebih dulu, foto maupun video yang memakai dukungan view once tetap akan terhapus setelah 14 hari. Makanya kita harus bijak saat menggunakan fitur ini.

Sebagai solusi yang paling mudah, kita bisa meminta pengirim untuk mengirim ulang foto atau video yang diinginkan. Kita mungkin juga perlu memohon supaya pesan nanti dikirim tanpa mengaktifkan opsi view once jika diperlukan.

Alternatif lain, kita juga dapat memanfaatkan fitur screenshot atau perekam layar dari handphone yang dimiliki. Caranya hanya saja tentu akan berbeda-beda untuk setiap perangkat yang mana beberapa di antaranya bahkan mungkin membutuhkan bantuan dari aplikasi pihak ketiga.

Namun, kita tetap perlu bijak saat memilih opsi tersebut. Perlu diingat bahwa seseorang yang menggunakan fitur view once kemungkinan ingin melindungi data-data pribadi miliknya sehingga kita tidak boleh sembarangan memakainya.

Tinggalkan Komentar