Tips dan Trik Aplikasi

Mudah! Ini Cara Gunakan Fitur View Once di WhatsApp Untuk Chat Pribadi Maupun Grup

WhatsApp Feature Diagonal

Gadgetren – WhatsApp memiliki fitur View Once yang memungkinkan kamu bisa berkirim pesan dalam bentuk foto dan video lebih aman karena penerima hanya bisa melihat sekali saja.

Setelah pesan dengan fitur View Once dilihat oleh penerima, maka secara otomatis pesan akan terhapus dengan sendirinya.

Hal tersebut berguna untuk menjaga privasi pengguna agar media yang dikirim tidak disalahgunakan oleh penerima.

Biasanya foto dan video yang dikirimkan juga merupakan dokumen rahasia milik pengirim sehingga fitur View Once perlu digunakan. Fitur View Once sendiri tersedia untuk perangkat Android maupun iOS. Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk chat pribadi maupun grup.

Namun demikian fitur View Once juga masih memiliki celah. Dalam hal ini penerima bisa saja melakukan tangkapan layar atau perekam layar saat foto atau video dilihat sekali. Oleh karena itu kamu tetap perlu berhati-hati mengirim foto atau video dengan fitur View Once meskipun penerima tidak pernah tahu apakah pengirim akan menggunakan fitur tersebut atau tidak.

Untuk mengaktifkan fitur View Once pada percakapan pribadi maupun grup pun sangat mudah. Semuanya bisa dilakukan di dalam aplikasi WhatsApp ketika kamu ingin mengirim pesan foto maupun video ke seseorang.

Cara Menggunakan Fitur View Once di WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Pilih kontak penerima yang akan kamu chat.
  3. Ketuk ikon kamera di paling bawah yang bersebelahan dengan kolom chat.Cara-Menggunakan-Fitur-View-Once-di-WhatsApp-1
  4. Pilih foto atau video yang ingin dikirim.
  5. Ketuk ikon View Once yang terletak di paling bawah kanan dengan tanda lingkaran kecil yang tersemat angka 1 di tengahnya.Cara-Menggunakan-Fitur-View-Once-di-WhatsApp-2
  6. Setelah dipilih, ikon View Once akan berubah menjadi angka 1 dengan lingkaran hijau. Cara-Menggunakan-Fitur-View-Once-di-WhatsApp-3
  7.  Kemudian akan muncul keterangan Foto disetel untuk sekali dilihat.Cara-Menggunakan-Fitur-View-Once-di-WhatsApp-4
  8. Lalu ketuk tombol kirim seperti biasa untuk mengirim pesan.

Jika pengguna tidak membuka pesan dengan fitur View Once selama 14 hari maka media akan kedaluwarsa dan hilang secara otomatis sehingga pengirim harus membuat pesan lagi dengan fitur View Once.

Namun apabila selama jangka waktu sebelum 14 hari belum dibuka, maka pesan dengan fitur View Once akan tetap berada di dalam riwayat percakapan penerima dan pengirim.

Selain di percakapan pribadi, fitur View Once juga bisa digunakan di percakapan grup dengan langkah-langkah yang sama, tetapi pengirim bisa mengetahui siapa saja yang telah melihat di pesan tersebut pada percakapan.

Tinggalkan Komentar