Mading

Apa Itu Photonic Engine yang Jadi Andalan iPhone Baru?

Apa Itu Photonic Engine iPhone - Header

Gadgetren – Lini iPhone 14 meluncur dengan membawa berbagai macam pemutakhiran. Termasuk di antaranya bisa kita temukan pada aspek fotografi yang menjadi salah satu fitur unggulan.

Pemutakhiran di aspek fotografi tersebut menariknya tak hanya dilakukan pada jenis sensor yang digunakan. Apple secara khusus juga mengembangkan peranti lunak untuk meningkatkan kemampuan pengambilan gambarnya.

Salah satu peranti lunak yang dikembangkan oleh Apple untuk menunjang kemampuan kamera lini iPhone 14 bernama Photonic Engine. Adapun secara lebih rinci, kamu yang masih bingung dapat mempelajari dukungan ini dalam penjelasan berikut.

Mengenal Apa Itu Photonic Engine di iPhone

Photonic Engine adalah pemutakhiran dari Deep Fusion, sebuah teknologi yang dikembangkan oleh Apple untuk menangani pemrosesan gambar dalam kondisi kurang cahaya supaya bisa menghasilkan foto dengan maksimal.

Bagi kamu yang belum tahu, kamera lini iPhone 11 ke atas sebenarnya akan mengambil sejumlah gambar sebelum atau sesudah kita menekan tombol shutter. Bagian-bagian terbaiknya kemudian akan digabungkan untuk memproduksi sebuah foto yang bisa kita lihat.

Teknik tersebutlah yang disebut dengan Deep Fusion. Kita mungkin tidak menyadarinya karena dilakukan di belakang layar memanfaatkan mesin pembelajaran, sumber daya pemrosesan, maupun neural engine milik iPhone.

Secara mendasar, Photonic Engine pun memakai teknik seperti itu. Hanya saja memang ada sedikit perbedaan dibandingkan Deep Fusion dimana pemrosesan akan dilakukan lebih awal sebelum gambar dimampatkan untuk meningkatkan hasil akhirnya.

Apple sendiri mengklaim bahwa Photonic Engine mampu meningkatkan detail, warna, dan eksposur dalam situasi cahaya rendah. Jadi foto bisa terlihat lebih tajam dengan pencahayaan lebih baik tanpa perlu kehilangan teksturnya.

Untuk lini iPhone 14, Photonic Engine bahkan diklaim bisa meningkatkan kualitas foto saat pengambilan gambar dalam kondisi kurang cahaya hingga tiga kali lebih baik. Hanya saja memang tergantung pada jenis lensa dan model handphone yang digunakan.

Pada iPhone 14 Pro, Photonic Engine misalnya mampu menghasilkan foto hingga 2 kali lebih baik dengan kamera utama, telefoto, dan depan serta 3 kali untuk sudut lebar. Sementara iPhone 14 biasa hanya bisa sampai 2,5 kali.

Tinggalkan Komentar