ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Apple Rilis iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max Dengan Fitur Unik Dynamic Island

Apple-iPhone-14-Pro-dan-iPhone-14-Pro-Max.

Gadgetren – Apple iPhone 14 Series yang terdiri dari empat model kini sudah bisa dipesan secara global. Untuk model versi Pro terdiri dari iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang bisa dipesan mulai tanggal 9 September 2022.

Soal harga, iPhone 14 Pro dibanderol mulai 999 USD atau sekitar Rp14,8 jutaan sedangkan iPhone 14 Pro Max dilepas mulai 1.099 USD atau setara dengan Rp16,3 jutaan.

Keduanya hadir dalam empat varian warna yang bisa dipilih mencakup deep purple, silver, gold, dan space black. Kemudian memiliki varian penyimpanan internal meliputi 128GB, 256GB, 512GB, dan 1TB.

iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max menghadirkan berbagai pembaruan pada aspek performa, kamera, dan layar. Performa pacu keduanya ditenagai oleh chipset terbaru yaitu A16 Bionic yang berisi CPU 6 core, GPU 5 core, neural engine 16 core, dan mesin pemrosesan gambar.

Selain itu kedua perangkat ini juga sudah bisa menjangkau jaringan 5G, didukung eSIM, dan menggunakan sistem operasi iOS 16. Di sisi lain pada bagian kamera belakang menyediakan tiga lensa berupa lensa utama 48MP dengan sensor empat piksel dan OIS, lensa telephoto 12MP dengan 3X pembesaran optik, dan lensa sudut lebar 12MP.

Lensa utama kedua perangkat ini juga didukung ProRAW, Action Mode untuk perekaman video tanpa tripod atau gimbal, Cinematic Mode dengan resolusi hingga 4K pada 30 fps atau 4K pada 24fps serta dukungan pengeditan video ProRes dan Dolby Vision HDR.

Berkat mesin pemrosesan gambar pada chipset A16 Bionic, kedua perangkat ini diklaim telah mendapatkan peningkatan pada kualitas kamera mencapai dua kali lipat dari generasi sebelumnya khususnya pada lensa utama, telephoto, dan lensa depan. Sedangkan lensa sudut lebar mendapatkan peningkatan 3 kali lipat lebih baik dibanding pendahulunya.

Sementara itu kamera depannya beresolusi 12MP dengan aperture f/1,9 yang dibekali pemotretan malam atau minim cahaya dan autofocus baik untuk foto dan video.

Apple-iPhone-14-Pro-dan-iPhone-14-Pro-Max-layar

Kedua perangkat ini juga membawa fitur-fitur pelengkap seperti deteksi tabrakan dan emergency SOS lewat satelite. Dan di sektor tampilan, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max tebar pesona dengan fitur unik yang disebut Dynamic Island di mana muncul di sekitar kamera depan.

Fitur Dynamic Island memberikan pengalaman yang lebih unik untuk mengakses konten di perangkat seperti melihat informasi pemberitahuan penting, notifikasi, dan aktivitas.

Lalu masing-masing perangkat ini menawarkan dua ukuran layar berbeda. Layar iPhone 14 Pro berukuran 6,1 inci dan layar iPhone 14 Pro Max berukuran 6,7 inci. Layar keduanya juga dilengkapi panel OLED, Super Retina XDR, Always-On display, tingkat kecerahan 2000 nits, dan dilindungi lapisan antigores Ceramic Shield.

Kedua perangkat ini pun telah mengantongi sertifikasi IP68 yang menandakan perangkat tahan cipratan air dan debu. Setiap pembeliannya pun sudah didukung oleh aplikasi Fitness+ untuk memandu pengguna berolahraga.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar