Berita Tekno

Forum Tokopedia START CX F1RST Summit 2022 Digelar Dengan Beragam Tema Menarik

Gedung Tokopedia

Gadgetren – Melalui Tokopedia Academy, Tokopedia dikabarkan kembali menggelar forum diskusi tahunan yang membahas seputar literasi digital dan teknologi dalam Tokopedia Start Summit untuk melahirkan talenta digital baru.

Di tahun ini, Tokopedia membawa Start Summit dengan mengangkat tema strategi untuk memberikan pengalaman pelanggan lebih baik yang disajikan langsung dari berbagai pakar di bidangnya seperti para pemimpin CX dari industri Perbankan, TelCo, dan Internet, serta perwakilan pemerintah Indonesia.

Puput Hidayat selaku VP of Product and Seller Experience Tokopedia mengatakan bahwa siapa pun bisa mendaftar forum Start CX First Summit 2022 ini secara daring di situs resmi Tokopedia Academy dan tidak dipungut biaya.

Forum tersebut berlangsung pada tanggal 8 September 2022 yang bisa diikuti secara daring melalui Tokopedia Play, Tokopedia Academy Website, YouTube Insight Tokopedia, dan YouTube Tokopedia pada pukul 09.00 WIB sampai pukul 17.00WIB.

Dalam acara tersebut para peserta yang sudah mendaftar akan bisa mengikuti beragam forum diskusi dengan berbagai tema menarik khususnya bakal sangat berguna untuk para pelaku UMKM yang baru memulai membuka toko di Tokopedia maupun juga pelaku UMKM yang sudah lama.

Bagi pelaku UMKM yang sudah lama berdagang online bisa menemukan ilmu baru di Start CX First Summit misalnya mengenai bagaimana cara mengatasi perubahan perilaku pelanggan dan meningkatkan strategi penjualannya baik dari sisi teknologi maupun pemasaran.

Dari sisi teknologi pelaku UMKM yang baru mulai juga bisa mendapatkan informasi terkait fitur-fitur yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan penjualan mereka seperti yang disediakan dalam aplikasi Tokopedia Seller mencakup chat, statistik toko, performa toko, iklan dan promosi toko, dan masih banyak lagi.

Tokopedia-CXFirst

Menurut Rudy Azhary Dalimunthe selaku SVP of Sales Operations & Product Tokopedia mengungkapkan bahwa seorang penjual harus memiliki empati yang besar kepada pelanggan dan juga rasa keinginan belajar yang tidak ada habisnya.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan baginya ada tiga hal penting yang harus juga diterapkan oleh para pelaku UMKM sesuai dengan strategi yang dimiliki Tokopedia juga yaitu fokus pada pelanggan dengan pertama kali memahami apa kebutuhan mereka.

“Setelah itu bisa ke growth mindset untuk menemukan inovasi yang bisa dilakukan harus berbeda dari sebelumnya dan harus melakukan lebih baik, make it happen dan make it better,” ujarnya.

Sementara itu Puput Hidayat tak memungkiri bahwa tidak semua pelaku UMKM sudah mengenali teknologi tetapi banyak juga yang belum paham dengan fitur-fitur penjual yang ada di Tokopedia. Dengan begitu pihaknya perlu memberikan beberapa panduan atau fitur yang bisa memudahkan mereka berjualan.

“Kami menyadari bahwa wilayah Indonesia sangat luas dan market beragam sehingga harus ada pilihan dikarenakan mengakomodasi beragam tipe pelanggan dan penjual di Indonesia. Alasan pemilihan berbagai cara berinteraksi dengan pelanggan kami juga ingin mendekati berbagai tipe penjual tapi kalau orangnya sudah familiar dengan teknologi atau internet maka tidak perlu lagi menggunakan bantuan,” terangnya.

Tinggalkan Komentar