Berita Smartphone

Qualcomm Rilis Chipset Snadragon 6 Gen1 dan 4 Gen1 Untuk Handphone Kelas Menengah, Ini Keunggulannya!

Qualcomm-Snapdragon-6-Gen-1-dan-4-Gen-1

Gadgetren – Qualcomm baru-baru ini telah merilis dua chipset terbaru untuk handphone kelas menengah yaitu Snapdragon 4 dan 6 Gen1. Snapdragon 4 Gen1 dikabarkan akan tersedia pada kuartal tiga tahun 2022 sedangkan Snapdragon 6 Gen1 bakal tersedia di pasaran mulai kuartal pertama tahun 2023 mendatang.

Snapdragon 4 Gen1 diketahui akan mendukung handphone terbaru dari IQOO yaitu Z6 Lite di pasar India. Sementara untuk Snapdragon 6 Gen1 sendiri pihak Qualcomm belum membeberkan lebih detail mengenai informasi perangkat baru apa yang akan menggunakan chipset tersebut.

Secara garis besar, baik Snapdragon 6 Gen1 maupun Snapdragon 4 Gen1 menggunakan delapan inti CPU. Keduanya pun membawa fitur-fitur andalan yang menawarkan fotografi dan videografi untuk hasil lebih jelas dan juga dukungan konektivitas dengan jangkauan lebih luas serta efisien.

Namun untuk Snapdragon 6 Gen1 memiliki kelebihan lainnya yaitu pada performa kartu grafis atau rendering lebih cepat untuk menghadirkan permainan game yang efektif. Selain itu juga, keduanya telah dibekali Artificial Intelligence (AI) Engine untuk menopang kinerja sektor kamera, performa chipset, maupun visual yang lebih intuitif.

Akan tetapi Snapdragon 6 Gen1 memiliki AI Engine yang lebih mumpuni dibandingkan dengan Snapdragon 4 Gen1 di mana menggunakan AI Engine generasi ketujuh yang diklaim memiliki tiga kali performa lebih baik dibanding generasi sebelumnya dan juga hemat baterai.

Supaya lebih jelas mengenai fitur-fitur yang dimiliki masing-masing dua chipset baru dari Qualcomm ini, penjabarannya secara rinci bisa kita simak di bawah ini.

Snapdragon 4 Gen1 

Qualcomm-Snapdragon-4-Gen-1-Badge

Dengan menggunakan CPU Octa-Core, Snapdragon 4 Gen1 telah dibangun melalui pemrosesan fabrikasi 6nm dengan kecepatan maksimal 2GHz. Chipset ini diklaim memiliki peningkatan CPU hingga 15 persen dan GPU hingga 10 persen dari generasi sebelumnya.

Aspek fotografi dan konektivitas yang lebih andal merupakan fitur yang ditonjolkan chipset ini. Pada aspek fotografi, Snapdragon 4 Gen1 menggunakan tiga ISP dan Multi-Frame Noise Reduction yang mampu menghasilkan foto tajam dan detail. Resolusi kamera yang bisa dikombinasikan dengan chipset ini mampu mencapai 108MP.

Berkat AI Engine, handphone yang menggunakan chipset ini akan terasa mulus dan cepat. Soal konektivitas, Snapdragon 4 Gen1 sudah didukung jaringan 5G yang menggunakan Snapdragon X51 5G Modem-RF System dengan kecepatan hingga 2,5Gbps. Terdapat pula dukungan WiFi 2×2 dengan FastConnect 6200 dan koneksi Bluetooth serta always-on voice assistant.

Snapdragon 6 Gen1

Qualcomm-Snapdragon-6-Gen-1.

Di sisi lain, Snapdragon 6 Gen1 memiliki fabrikasi 4nm sehingga tentunya menyediakan performa dan fitur yang lebih kencang dibandingkan Snapdragon 4 Gen1 mencapai 2,2GHz. Chipset ini telah terhubung dengan tiga ISP yang memungkinkan mengambil gambar dari tiga kamera sekaligus.

Resolusi kamera dengan chipset ini bisa mencapai 108 MP dan perekaman video sudah mendukung HDR. Menariknya, chipset ini mampu menopang permainan game lebih optimal berkat Al Engine generasi ke-7 dengan rendering grafis hingga 35 persen lebih cepat dan pemrosesan hingga 40 persen lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Selain itu mendukung game HDR dengan kecepatan 60+fps. Tak hanya itu, chipset ini sudah menggunakan Snapdragon X62 5G Modem-RF System untuk koneksi ke jaringan 5G. Chipset ini juga telah dibekali koneksi WiFi 6E yang menggunakan FastConnect 6700.

Tinggalkan Komentar