Berita Laptop / PC

Hands-On ASUS ROG Strix Scar 17 Special Edition – Laptop Super Ngebut Untuk Beragam Aktivitas

ASUS-ROG-Strix-Scar-17SE-Featurez

Gadgetren – Setelah dijual resmi di Indonesia, tim Gadgetren berkesempatan untuk melakukan hands-on ASUS ROG Strix Scar 17 Special Edition dalam acara media gathering yang diselenggarakan oleh ASUS di Jakarta.

Dari sisi cangkang, perangkat ini didominasi warna hitam dengan logo ROG yang berwarna-warni, garis diagonal, dan orname khas ROG yang membuatnya terlihat menjadi sebuah perangkat gaming yang menjanjikan.

Sementara untuk keseluruhan bodi dari laptop ini memiliki warna hitam dan menggunakan bahan logam yang membuat terasa kokoh serta premium ketika disentuh. Namun noda sidik jari saya mudah menempel di bagian cangkang dan bodi sehingga kita memerlukan cairan khusus dan kain lap agar bisa membuatnya bersih kembali.

ASUS-ROG-Strix-Scar-17SE-BackCover

Dengan bobot mencapai 3,1 kg, membuat laptop gaming ini terasa berat ketika diangkat. Meskipun memang masih mudah untuk dibawa, apabila kita membawa produk ini di dalam tas akan membuat punggung pegal.

Pada bagian dalam ASUS ROG Strix Scar 17 Special Edition, saya menemukan keyboard yang sudah dilengkapi fitur AURA Sync sehingga membuat cahaya RGB dapat diatur per tombolnya.

Pengaturan cahaya RGB pada keyboard ini tentunya dapat memeriahkan suasana keseruan ketika sedang permainan dalam game sedang berlangsung. Sementara cahaya ini juga dapat dimanfaatkan juga untuk mengetik dokumen, media sosial, atau aktivitas lainnya ketika sedang berada dalam kondisi gelap.

Bagi saya yang merupakan pengguna laptop ASUS, keyboard dengan desain chiclet membuat saya sangat nyaman ketika mengetik di ASUS ROG Strix Scar 17 Special Edition. Tidak hanya sampai di situ saja, AURA Sync juga dapat digunakan untuk mengatur berbagai ornamen cahaya yang berada di laptop gaming ini.

ASUS-ROG-Strix-Scar-17SE-Keyboardj

ASUS ROG Strix Scar 17 Special Edition ini dilengkapi layar 17,3 inci dengan resolusi WQHD (2560 x 1440 piksel), DCI-P3 100%, Adaptive Sync, dan teknologi IPS yang membuat mata saya leluasa ketika menonton video streaming, membuka dokumen, melihat foto, maupun memainkan game.

Hadirnya refresh rate 240Hz dan waktu respon 3ms, membuat saya dapat melihat gerakan transisi perpindahan antar menu maupun animasi game terlihat sangat halus sehingga memanjakan mata.

ASUS-Strix-Scar-17-SE- Lampu

Saya juga merasa bahwa performa yang dihadirkan oleh ASUS ROG Strix Scar 17 Special Edition terasa lancar tanpa lag ketika saya melakukan beberapa aktivitas. Hal ini bisa terjadi berkat laptop gaming ini diotaki Intel Core i9-12950HX 16-Core berkecepatan hingga 5 GHz yang merupakan salah satu prosesor flagship Intel.

Kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3080Ti yang hadir pada perangkat ini pun mampu menangani grafis sistem operasi, aplikasi, maupun game dengan kualitas yang bagus sehingga nyaman ketika dilihat mata.

Pada saat saya menjalankan aplikasi secara multitasking di laptop gaming ini terasa lancar tanpa hambatan yang disebabkan oleh 2 x RAM LPDDR5 16 GB. Selain cepat, M.2 2230 NVMe PCIe 4.0 SSD yang hadir pada ASUS ROG Strix Scar 17 Special Edition memiliki kapasitas 2 TB sehingga mampu menampung banyak data sekaligus.

Dengan baterai 90Wh, laptop gaming ini dapat bertahan sekitar 4 hingga 5 jam ketika digunakan untuk mengetik dokumen, melihat foto, browsing, atau melakukan chat.

Sebetulnya lebih baik ASUS ROG Strix Scar 17 Special Edition ini dihubungkan dengan charger apabila ingin mendapatkan performa yang prima ketika menjalankan aplikasi berat atau memainkan game kualitas AAA dengan lancar.

ASUS-ROG-Strix-Scar-17SE-LeftSide

Memiliki performa yang cepat ini, ASUS menghadirkan banyak lubang sirkulasi udara di bagian pinggir maupun belakang, sistem pendingin Vapor Chamber, dan kipas Arc Flow dengan 84 bilah agar laptop ini tidak cepat panas ketika dimainkan dalam waktu yang lama.

Banyaknya lubang sirkulasi udara ini, membuat ASUS ROG Strix Scar 17 Special Edition tidak memiliki port di samping kanannya. Sementara samping kirinya terdapat dua port USB3.2 Gen 1 Type-A dan jack Audio 3,5mm.

Terdapat juga Keystone II berwarna merah yang merupakan kunci serbaguna untuk kustomisasi fungsi, launch aplikasi secara cepat, operating modes switch, stealth mode, logout atau login account, restore konfigurasi sistem, dan menghadirkan Shadow Drive yang terenkripsi.

ASUS-ROG-Strix-Scar-17SE-KeyStoneII

Dengan menancapkan Keystone II ini memungkinkan saya dapat memunculkan beragam privasi yang pengguna miliki di ASUS ROG Strix Scar 17 Special Edition. Untuk privasi terjaga, maka saya dapat melepaskan Keystone II dari laptop.

Untuk port lainnya terdapat pada bagian belakang yang terdiri dari Thunderbolt 4 (mendukung DisplayPort dan compatible dengan USB4), USB3.2 Gen2 Type-C (mendukung DisplayPort dan PD Charger), HDMI (2.1), jack RJ45 LAN, dan charger.

ASUS-ROG-Strix-Scar-17SE-BehindSidePort

Secara keseluruhan ASUS ROG Strix Scar 17 Special Edition ini mampu menawarkan performa yang bertenaga dan beragam fitur game serta hiburan yang menarik. Dengan berbagai kelebihannya ini membuat harganya mencapai Rp66.999.000 untuk varian NVIDIA GeForce RTX 3080Ti dan SSD 2 TB yang saya coba ini.

Laptop ini juga memiliki varian lain dengan NVIDIA GeForce RTX3070Ti dan SSD 1 TB yang mempunyai harga Rp48.999.000 di Indonesia. Keuda varian laptop ini dijual secara terbatas di mana hanya tersedia 20 unit saja di Indonesia untuk saat ini.

Tinggalkan Komentar