Tips dan Trik Operator Seluler

Cara Mengaktifkan VoLTE Telkomsel Untuk Teleponan Lewat 4GLTE

Cara Mengaktifkan VoLTE Telkomsel Header

Gadgetren – VoLTE (Voice Over LTE) merupakan sebuah yang mengizinkan antar pengguna handphone dapat melakukan dan menerima telepon lewat jaringan 4G-LTE.

Hal ini menarik karena 4G-LTE sendiri sebenarnya berbasis data sehingga tidak seperti 2G yang secara dasar dapat melakukan Telepon dan SMS.

Oleh karena itu baru beberapa operator yang menyediakan fitur VoLTE di Indonesia, salah satunya Telkomsel. Selain itu, perangkat atau handphone yang kamu gunakan sudah harus mendukung fitur VoLTE apabila ingin menikmatinya.

Telkomsel sendiri sudah menyediakan layanan VoLTE hingga 514 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia dan dapat digunakan pada lebih dari 100 jenis handphone yang sudah dijual resmi di Tanah Air.

Sebelum menggunakan layanan VoLTE  Telkomsel, kamu harus memastikan dulu beberapa hal seperti kartu SIM Telkomsel sudah mendukung jaringan 4G-LTE, lokasi sudah menjangkau layanan VoLTE, dan perangkat harus sudah mendukung fitur VoLTE.

Setelah ketiga syarat ini dipastikan sudah terpenuhi, maka kamu dapat mengikuti tutorial berikut untuk mengaktifkan fitur VoLTE Telkomsel di handphone.

Cara Mengaktifkan VoLTE Telkomsel

  1. Buka aplikasi Settings di handphone
  2. Pada halaman Settings, pilih menu Mobile Networks
  3. Pilih SIM 1 atau SIM 2 tergantung kartu SIM Telkomsel berada
  4. Aktifkan tombol VoLTE atau VoLTE Calls sesuai tergantung dari seri handphone
  5. Setelah fitur VoLTE aktif, maka kamu sudah dapat menikmati layanannya

Bisa dibilang mengaktifkan layanan VoLTE Telkomsel sangat mudah untuk dilakukan. Namun apabila handphone kamu tidak mendukung fitur ini, maka opsi VoLTE atau VoLTE Calls tidak akan muncul di aplikasi Settings.

Sebagai catatan, kamu dan penerima telepon juga harus sudah sama-sama mendukung layanan VoLTE. Apabila salah satu tidak memenuhi syarat, maka VoLTE pun tidak dapat berjalan.

Meskipun fitur VoLTE Telkomsel sudah banyak tersedia hampir di seluruh Indonesia, namun pada kenyataannya lebih banyak pengguna yang melakukan panggilan suara atau video call melalui aplikasi Chat maupun jejaring sosial.

Sementara itu biasanya aplikasi Chat hanya membutuhkan kuota data dari paket utama sedangkan untuk komunikasi VoLTE terkadang menggunakan kuota data dari paket khusus.

Tinggalkan Komentar