Berita Laptop / PC

Laptop Lipat ASUS Zenbook 17 Fold OLED Resmi Dirilis, Apa Saja Fitur Canggihnya?

ASUS-Zenbook-17-Fold-OLED-5

Gadgetren – ASUS secara global telah menghadirkan laptop model baru dalam keluarga seri Zenbook dengan layar yang bisa dilipat yaitu Zenbook 17 Fold OLED.

Laptop lipat baru ini mulai tersedia pada kuartal empat tahun 2022 dengan harga 3499 USD atau setara dengan Rp52 jutaan. Belum bisa dipastikan apakah laptop lipat ini bakal juga dipasarkan di Indonesia.

Dengan mengusung layar berukuran 17,3 inci saat terbuka, Zenbook 17 Fold OLED mampu menampilkan layar luas dengan gambar yang memanjakan mata penggunannya karena telah didukung resolusi 2.5K (2560 x 1920 piksel) berpanel ASUS OLED. 

Ditambah lagi layar tersebut turut didukung Pantone Validated, Dolby Vision, VESA Certified Display HDR, waktu respon 0,2ms, tingkat kecerahan 500 nits, 100% DCI-P3 color gamut, dan mendapat sertifikat perlindungan mata terhadap paparan sinar biru dari TUV Rheinland.

Layar pun bisa dioperasikan dengan cara disentuh. Ketika layar dilipat seperti bentuk laptop, maka akan menampilkan ukuran 12,5 inci yang mempunyai resolusi Full HD+ (1920 x 1080 piksel). Dengan begitu laptop ini bisa digunakan dalam enam mode untuk mendukung produktivitas termasuk mode laptop dengan virtual keyboard yang akan muncul pada layar bawahnya.

ASUS-Zenbook-17-Fold-OLED-3

Kemudian ada juga mode laptop yang ditemani keyboard ASUS ErgoSense Bluetooth sehingga Zenbook 17 Fold OLED bisa seperti laptop pada umumnya. Lalu mode Desktop yang menggunakan ukuran layar penuh 17,3 inci dengan keyboard ASUS ErgoSense Bluetooth sehingga layar menjadi besar seperti menggunakan komputer desktop.

Laptop Zenbook 17 Fold OLED juga bisa digunakan seperti perangkat tablet dalam posisi rebahan yang diletakkan di atas permukaan datar maupun dipegang berdiri secara vertikal. Bagi pengguna yang gemar membaca di perangkat, laptop lipat ini pun bisa digunakan layaknya sebuah buku.

Terakhir mode Extended yang mengolaborasikan keyboard dengan laptop secara bersamaan. Tak hanya itu, layarnya yang besar memungkinkan tiga jendela aplikasi dapat dibuka sekaligus dengan nyaman. Soal performa, laptop lipat ini ditenagai Intel Core i7-1250U yang ditemani grafis Intel Iris Xe, RAM LPDDR5 16GB, penyimpanan SSD PCle 4 1TB, dan Windows 11 Pro.

ASUS-Zenbook-17-Fold-OLED-1

Laptop ini memiliki baterai berkapasitas 75Whr dan bobot 1,5 kg tanpa keyboard. Sementara dengan keyboard dari ASUS ErgoSense Bluetooth beratnya bisa mencapai 1,8 kg. Secara fisik laptop lipat ini terbuat dari logam dengan bagian tengah lipatan dilapisi oleh kulit. Tersemat pula tombol power di sisi kanan atas dan tombol volume di sisi kanan bawah.

Di atas layar juga turut tersedia tiga kamera yang terbagi menjadi satu kamera webcam 5MP di tengah yang didukung fitur Artificial Intelligence (Al) untuk memberikan hasil perekaman video telekonferensi dengan gambar dan suara yang jernih. Kemudian di sampingnya terdapat kamera infrared dan sensor warna.

Mengenai audio, laptop lipat ini telah mendapatkan dukungan sertifikasi Harman/Kardon, Dolby Atmos, Smart Amp 3,5X, dan Al noise canceling. Fitur-fitur penunjang lainnya terbilang lengkap seperti WiFi 6E, Bluetooth 5.2, 2x Thunderbolt 4, combo audio jack, dan software MyASUS.

Tinggalkan Komentar