Tips dan Trik Handphone

Cara Cek IMEI di Handphone Xiaomi Supaya Bisa Lihat Keaslian dan Garansinya

Cara Cek IMEI Xiaomi - Header

Gadgetren – Mengecek IMEI di handphone Xiaomi bisa dilakukan dengan beberapa cara. Jadi kita tidak perlu khawatir jika salah satu di antaranya tiba-tiba tak bisa dipakai karena alasan tertentu.

IMEI yang mempunyai kepanjangan kata International Mobile Equipment Identity memang sangat penting untuk sebuah handphone. Secara sederhana IMEI bisa berlaku seperti nomor KTP (Kartu Tanda Penduduk), hanya saja untuk produk elektronik.

Dengan menggunakan IMEI, kita dapat mengecek jenis dan masa garansi dari handphone-handphone yang kita gunakan. Kita juga dapat memakainya untuk melihat apakah perangkat didistribusikan secara resmi atau tidak.

Sementara di sisi pembuat regulasi, nomor identitas ini juga bisa dipakai untuk mengatur peredaran perangkat seluler ilegal di sebuah negara. Mereka bisa memblokir handphone-handphone yang tidak terdaftar seperti apa yang dilakukan di Indonesia.

Mengecek IMEI dari sebuah handphone untungnya bukan perkara sulit. Untuk perangkat-perangkat buatan Xiaomi, kita bisa menggunakan beberapa cara berikut jika mau melakukan hal tersebut.

1. Menggunakan Kode Cek IMEI

  • Buka Dialpad (aplikasi panggilan telepon)
  • Ketik kode *#06#
  • Informasi IMEI akan muncul pada jendela khusus
  • Ketuk OK atau tombol Back untuk menutup jendela tersebut

Menggunakan kode cek IMEI menjadi cara yang paling umum dilakukan hingga sekarang. Kita dapat memakainya bahkan tak hanya untuk perangkat-perangkat buatan Xiaomi saja melainkan hampir semua model maupun merek handphone yang ada.

Selain menggunakan kode khusus cek IMEI, kita pun juga bisa memanfaatkan mode penguji jaringan yang tersedia di sejumlah handphone Xiaomi. Adapun secara khusus kita bisa membukanya dengan sederet langkah berikut ini.

2. Menggunakan Mode Penguji Jaringan

  • Masuk ke aplikasi Dialpad
  • Ketik kode *#*#4636#*#*
  • Ketuk Phone information 1 untuk mengecek IMEI dari SIM 1
  • Ketuk Phone information 2 untuk mengecek IMEI dari SIM 2
  • Informasi IMEI biasanya ditampilkan di bagian atas
    Cara Cek IMEI Xiaomi - 1

Mode penguji ini sendiri biasanya juga bisa dipakai untuk mengunci tipe jaringan dari handphone yang digunakan. Hanya saja sayangnya tidak tersedia secara menyeluruh untuk semua model perangkat buatan Xiaomi.

Ada beberapa model handphone Xiaomi yang dikunci sehingga mode penguji jaringan ini tidak bisa diakses secara langusng. Sebagai alternatifnya, kita pun bisa mengecek IMEI melalui halaman pengaturan perangkat seperti langkah berikut.

3. Melalui Pengaturan

  • Kunjungi halaman Settings
  • Masuk ke bagian About phone
  • Klik All specs
  • Gulir ke bawah dan pilih Status
    Cara Cek IMEI Xiaomi - 2
  • Cari bagian Device detail untuk melihat IMEI

Setiap versi MIUI tentu mempunyai antarmuka tampilan yang berbeda-beda dalam hal ini. Meskipun begitu, mengecek IMEI handphone Xiaomi lewat pengaturan secara umum bisa dilakukan dengan cara di atas tetapi kemungkinan perlu ada sedikit penyesuaian untuk beberapa model perangkat.

4. Melihat Kotak Kemasan

Beberapa cara yang sudah dijelaskan sebenarnya sudah cukup bisa diandalkan jika kita ingin mengecek IMEI di handphone Xiaomi. Namun, bagaimana jika perangkat yang dimaksud tidak bisa dinyalakan karena rusak atau kehabisan daya?

Melihat kotak kemasan tentu dapat menjadi solusi untuk hal tersebut. Biasanya di bagian bawah atau sisi sampingnya akan ada informasi dasar mengenai perangkat terkait termasuk juga nomor IMEI miliknya.

Kalaupun tidak menemukan IMEI di sisi bawah atau samping kotak penjualan, kita pun bisa membukanya untuk mencari stiker atau kartu garansi. Informasi mengenai nomor identitas handphone ini juga bisa dilihat dari situ.

Tinggalkan Komentar