ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Melihat IMEI HP Xiaomi Untuk Cek Berbagai Hal

Cara Melihat IMEI HP Xiaomi - Header

Gadgetren – Mempelajari cara melihat nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity) memang menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan saat kita menggunakan sebuah ponsel.

Meskipun jarang digunakan, IMEI yang berlaku seperti nomor identitas sebuah ponsel soalnya sering kali diperlakukan untuk melakukan sejumlah hal. Termasuk di antaranya untuk mengetahui masa garansi maupun mengklaim layanan perbaikan.

Mengetahui nomor IMEI juga sangat penting untuk mereka yang menggunakan ponsel-ponsel buatan Xiaomi. Menariknya dalam hal ini, ada beberapa cara berbeda yang dapat digunakan saat perlu melihatnya.

Cara Melihat IMEI HP Xiaomi

  • Buka aplikasi Dialpad (panggilan telepon).
  • Ketik kode *#06#.
    Cara Melihat IMEI HP Xiaomi - 1
  • Jika berhasil, informasi mengenai nomor IMEI akan muncul.
    Cara Melihat IMEI HP Xiaomi - 2
  • Ketuk tombol OK untuk menutup informasi.

Untuk melihat nomor IMEI di perangkat buatan Xiaomi, kita salah satu di antaranya dapat menggunakan kode pengecekan secara umum. Kita dalam hal ini dapat melakukan hal tersebut seperti halnya pada kebanyakan ponsel.

Dengan menggunakan kode pengecekan umum, kita nanti akan langsung menjumpai seluruh IMEI yang dimiliki oleh perangkat. Kita misalnya akan langsung melihat dua nomor sekaligus jika mendukung ponsel berkaitan sudah mendukung SIM ganda.

Melalui Pengaturan

  • Buka halaman Settings di ponsel Xiaomi.
  • Masuk ke bagian About phone.
    Cara Melihat IMEI HP Xiaomi - 3
  • Ketuk menu Detailed info and specs.
    Cara Melihat IMEI HP Xiaomi - 4
  • Buka bagian Status.
    Cara Melihat IMEI HP Xiaomi - 5
  • Nomor IMEI akan ditampilkan di bagian Device Details.
    Cara Melihat IMEI HP Xiaomi - 6

Selain menggunakan kode pengecekan umum, kita juga dapat melihat nomor IMEI di sejumlah ponsel besutan Xiaomi melalui halaman pengaturan. Hanya saja langkah-langkah yang diperlukan kemungkinan bisa berbeda-beda untuk setiap model perangkat.

Dalam hal ini, cara mengecek IMEI melalui pengaturan akan sangat bergantung pada versi antarmuka sistem yang digunakan. Namun secara umum kita kurang lebih bisa melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah di atas.

Lewat Pengujian Jaringan

  • Buka menu Dialpad.
  • Ketik kode *#*#4636#*#*.
    Cara Melihat IMEI HP Xiaomi - 7
  • Ketuk bagian Phone information dari slot SIM yang ingin dicek.
    Cara Melihat IMEI HP Xiaomi - 8
  • Nomor IMEI dapat dilihat pada keterangan yang sesuai.
    Cara Melihat IMEI HP Xiaomi - 9
  • Ketuk menu Select phone index lalu pilih Phone 0 atau Phone 1 untuk mengecek nomor IMEI dari slot SIM yang berbeda.
    Cara Melihat IMEI HP Xiaomi - 10
  • Tutup menu pengujian jika sudah berhasil menyalin nomor IMEI.

Beberapa model perangkat buatan Xiaomi dilengkapi dengan sebuah menu khusus yang dapat dipakai untuk menguji koneksi seluler maupun WiFi. Selain untuk mengunci jaringan, kita pun secara khusus dapat memakainya untuk melihat nomor IMEI.

Melalui Kotak Kemasan

Seperti kebanyakan ponsel, perangkat-perangkat buatan Xiaomi juga dipasarkan dengan menggunakan sebuah kotak kemasan. Nomor IMEI pun umumnya dapat kita lihat secara langsung pada bagian luar kardusnya.

Apabila tidak menemukan nomor IMEI di bagian luar kardus, kita selanjutnya dapat mengecek bagian dalam kemasan. Biasanya akan ada kartu garansi atau bahkan stiker khusus yang juga memuat informasi mengenai hal itu.

Mengecek nomor IMEI melalui kemasan secara khusus dapat menjadi alternatif saat beberapa cara sebelumnya tidak bisa digunakan karena ponsel mati atau rusak. Oleh karena itu, kita sebisa mungkin menyimpan kotak kardus penjualan beserta isinya dengan baik.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar