ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Tips dan Trik Handphone

Cara Cek Aktivasi Xiaomi Buat Lihat Kapan Awal Dipakai

Cara Cek Aktivasi Xiaomi - Header

Gadgetren – Mengecek masa garansi cukup diperlukan saat kita ingin meminang sebuah perangkat bekas pakai atau menjumpai masalah yang memerlukan penanganan gratis dari layanan resmi.

Hanya saja tidak seperti dulu yang bisa dilakukan dengan sekadar melihat kartu garansi maupun bukti pembelian produk, kini caranya sedikit berubah mengikuti perkembangan zaman. Kita yang membeli perangkat melalui ecommerce atau web soalnya bisa saja tidak mendapat keduanya.

Untuk perangkat-perangkat buatan Xiaomi, kita secara khusus dapat melihat garansi dengan mengecek aktivasinya. Kita dalam hal ini pun bisa melakukan hal tersebut dengan mudah melalui halaman web yang disediakan oleh perusahaan.

Cara Cek Aktivasi Xiaomi

  • Lihat dan catat IMEI dari perangkat terkait.
  • Buka halaman https://m.buy.mi.co.id/id/registration lewat peramban.
  • Isi kolom Masukkan nomor IMEI sesuai data perangkat.
    Cara Cek Aktivasi Xiaomi - 1
  • Isi kolom Kode verifikasi sesuai karakter yang ditampilkan di sampingnya.
  • Ketuk tombol Langkah selanjutnya.
    Cara Cek Aktivasi Xiaomi - 2

Jika berhasil, halaman akan menampilkan informasi seperti model perangkat, lokasi pembelian, dan tanggal produksi. Terdapat juga waktu aktivasi yang dapat digunakan untuk menghitung masa garansi dari perangkat buatan Xiaomi.

Setiap model perangkat sayangnya mempunyai ketentuan masa garansi yang bisa berbeda satu sama lainnya. Xiaomi di antaranya menawarkan dukungan purna jual untuk ponsel selama 16 bulan atau 24 bulan pada beberapa produk tertentu, tablet 12 bulan, dan aksesorinya 6 bulan.

Salah satu bagian penting dari cara mengecek aktivasi produk di ekosistem Xiaomi, kita perlu tahu nomor IMEI dari perangkat terkait. Ada beberapa metode yang bisa dilakukan jika ingin melakukannya.

Cara Lihat IMEI Xiaomi

Langkah paling mudah adalah dengan mengecek kotak kemasan penjualan. Perusahaan asal Tiongkok itu umumnya menyematkan berbagai macam informasi di mana termasuk nomor IMEI yang ditempel di bagian samping atau belakang kardus.

Sebagai alternatif lain, kita juga dapat melihatnya dengan mengetikkan kode *#06# di dialpad atau menu panggilan telepon. Cara yang sama seperti mengecek nomor IMEI pada sebagian besar ponsel maupun tablet Android apa pun seri dan mereknya.

Sedikit catatan untuk perangkat-perangkat yang mendukung SIM ganda, kita nanti akan menjumpai dua IMEI berbeda. Kita pun dapat memakai nomor dari slot kartu yang pertama jika ingin melakukan pengecekan masa garansi.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar