ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Memindahkan Data dari Internal ke microSD di Handphone OPPO

Cara Memindahkan Data dari Internal ke microSD di Handphone OPPO Header

Gadgetren – Meskipun OPPO masih menyediakan slot kartu microSD pada handphone buatannya, namun hanya dapat digunakan untuk menyimpan data seperti foto, video, lagu, dan dokumen saja.

Bahkan sistem ColorOS pada handphone OPPO masa kini tidak mengizinkan untuk data aplikasi dipindahkan dari penyimpanan internal ke kartu microSD.

Hal dilakukan sebagai langkah preventif agar tidak terjadi masalah pada sistem di handphone buatannya. Kita ketahui bersama bahwa kecepatan penyimpanan internal pada handphone OPPO terutama teknologi UFS 2.0 atau di atasnya memiliki kecepatan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan microSD.

Apabila data aplikasi sampai dipindahkan ke microSD, tentunya akan membuat sistem ColorOS memuat data lebih lambat yang tentunya tidak akan memberikan pengalaman sebaik mungkin yang malah akan membuat penggunanya kesal.

Namun kini pada sebagian handphone OPPO sudah terdapat fitur ROM Expansion sebagai solusinya yang memungkinkan penyimpanan internal agar tidak cepat penuh karena secara otomatis menyimpan data aplikasi langsung ke microSD.

Cara Memindahkan Data ke microSD di Handphone OPPO

Menggunakan Fitur ROM Expansion

  1. Pastikan microSD sudah terbaca oleh handphone
  2. Buka aplikasi Settings
  3. Masuk ke menu About device
  4. Pilih menu Storage
  5. Lalu pilih SD Card
  6. Pilih opsi Auto save data to SD Card
    OPPO - ROM Expansion - 1
  7. Kamu akan diperlihatkan aplikasi mana saja yang dapat disimpan ke microSD
  8. Tekan toggle hingga aktif pada aplikasi yang diinginkan
    OPPO - ROM Expansion - 2

Bisa dibilang ROM Expansion tidak mengakomodir semua aplikasi, melainkan beberapa aplikasi bawaan maupun media sosial yang sudah ditentukan oleh OPPO saja yang bisa dipindahkan dari penyimpanan internal ke microSD.

Sementara untuk data media seperti foto atau video yang mungkin tersimpan secara otomatis ke internal, maka kamu bisa memindahkannya secara manual.

Data Media Seperti Video dan Foto

  1. Buka aplikasi My Files atau File Manager
  2. Cari data atau folder yang akan disalin
  3. Tekan tombol Copy berikon kertas tertumpuk di bagian bawah
  4. Pada halaman Select folder, pilih SD Card
    OPPO - Storage internal ke microSD - 1
  5. Cari dan pilih folder di mana data akan dipindahkan
  6. Setelah berada di dalam folder yang ditentukan, tekan tombol Copy to Here
  7. Tungguh hingga proses penyalinan selesai
  8. Setelah semua data tersimpan, hapus data yang ada di penyimpanan internalOPPO - Storage internal ke microSD - 2

Saat ini memang sistem operasi Android sudah tidak dapat memindahkan data aplikasi secara langsung dari penyimpanan internal ke microSD agar kinerja selalu stabil. Namun untuk data media seperti dokumen, video, foto, dan lagu masih tetap dapat dipindahkan secara manual.

Selain itu sebaiknya kamu juga menggunakan microSD dengan kecepatan tinggi agar proses transfer data  maupun pemuatan dapat berjalan dengan cepat.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar