ASUS TUF Gaming FX507
Operator Seluler

Apa Itu Kode PUK yang Bisa Dipakai Membuka Blokir Kartu Telkomsel?

Apa Itu Kode PUK Telkomsel - Header

Gadgetren – Setelah salah memasukkan PIN berulang kali, nomor telepon yang kita miliki biasanya akan langsung terblokir. Kita pun kemudian memerlukan kode PUK jika mau menggunakannya kembali.

Hal ini berlaku untuk hampir semua operator seluler di Indonesia, termasuk salah satu di antaranya Telkomsel. Para pelanggan yang kartu SIM terblokir akibat salah memasukkan PIN perlu mencari tahu kode PUK dari nomor terkait.

Lalu apa itu sebenarnya kode PUK? Kenapa kita membutuhkannya saat kartu SIM yang dimiliki terblokir? Bagi kamu yang penasaran dan ingin mempelajarinya, berikut penjelasan lebih rinci mengenai hal tersebut

Apa Itu Kode PUK di Layanan Telkomsel?

PUK adalah singkatan kata dari Personal Unblocking Key atau Kunci Pembuka Blokir Pribadi. Sesuai namanya, kode unik ini disediakan oleh pihak operator untuk membuka kartu SIM terblokir yang diakibatkan oleh kesalahan saat memasukkan PIN.

Seperti apa yang kita tahu, setiap operator termasuk Telkomsel menyediakan perlindungan berupa PIN pada kartu SIM yang mereka keluarkan. Tujuannya untuk melindungi nomor supaya tidak jatuh ke tangan orang-orang yang salah.

PIN akan memastikan bahwa kita merupakan benar-benar pemilik nomor telepon yang sah. Jika salah memasukkannya lebih dari tiga kali, kartu SIM makanya akan langsung terkunci sehingga tidak bisa dipakai sebagaimana mestinya.

Supaya kunci bisa terbuka dan nomor dapat dipakai untuk melakukan panggilan telepon, berkirim pesan, atau membuat sambungan internet kembali, kita pun perlu memasukkan kode PUK. Kita nanti bisa menggunakannya untuk mengatur ulang PIN dari kartu SIM.

Perlu dicatat, salah memasukkan kode PUK hingga sepuluh kali berisiko pemblokiran secara permanen. Jadi kita tidak bisa mengetikkan angka secara asal-asalan melainkan perlu mencarinya dengan sungguh-sungguh.

Kode PUK sendiri biasanya bisa kita temukan dengan mudah di kemasan kartu perdana. Namun jika sudah hilang, kita juga dapat mengeceknya lewat aplikasi MyTelkomsel tepatnya pada halaman My Profile.

Cara Mendapatkan Kode PUK Telkomsel

Lewat aplikasi MyTelkomsel

  1. Login ke aplikasi MyTelkomsel
  2. Masuk ke tab Menu
  3. Kode PUK akan terlihat di bawah nomor telepon
  4. Ketuk tombol Edit untuk melihatnya secara lebih jelas
    Apa Itu Kode PUK Telkomsel - 1

Apabila tidak bisa masuk ke layanan MyTelkomsel, kita pun dapat meminta kode PUK dari asisten virtual Telkomsel melalui LINE, Facebook, hingga Telegram.

Lewat Telkomsel Virtual Assistant

  1. Buka asisten virtual Telkomsel di LINE, Facebook, atau Telegram
  2. Ketik Hello di jendela percakapan
  3. Ketik PUK Info
  4. Verifikasi dengan PIN T-Care, kontak yang pernah dihubungi, atau tanggal lahir
  5. PUK nantinya akan dikirim melalui SMS

Jika mengalami kesulitan saat mencari kode PUK, kita pun bisa segera menghubungi layanan konsumen Telkomsel di nomor 188, email cs@telkomsel.com, WhatsApp 0811-1111-1111, atau datang langsung ke GraPARI.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar