ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

POCO F3 Vs POCO F4 – Sedikit Bedanya Dengan Harga Hampir Sama

POCO F3 Vs POCO F4 Header

Gadgetren – POCO F3 dan POCO F4 menjadi handphone kelas atas yang telah dipasarkan oleh POCO di Indonesia. Keduanya memiliki kisaran harga yang sama sekitar Rp 5 jutaan.

POCO F3 hadir lebih dulu pada bulan November 2021 dibandingkan dengan POCO F4 baru dirilis pada bulan Juli 2022. Dengan harga yang hampir sama ini keduanya memiliki spesifikasi yang mayoritas mirip.

Namun ada beberapa sedikit perbedaan yang dimiliki keduanya. Persamaan keduanya yang paling menonjol ada pada pacu performa yang digunakan di mana sama-sama ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 870 Octa-Core (7nm) 3,2Ghz yang dipadukan dengan RAM LPDDR5 dan penyimpanan internal UFS 3.1 dengan kombinasi kapasitas yang sama yaitu RAM 6GB + 128GB dan 8GB + 256GB.

Kemudian juga dari segi tampilannya sama-sama mengusung ukuran layar 6,67 inci yang memiliki resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel) berpanel AMOLED, refresh rate 120Hz, HDR10+, mendukung MEMC, SGS Eye Care Display, dan dilindungi lapisan anti gores Corning Gorilla Glass 5.

POCO F4

POCO F4

Selain itu baik POCO F3 dan POCO F4 juga didukung oleh jaringan 5G, WiFi 6, NFC, motor linear sumbu-x, Dolby Atmos, speaker ganda, sertifikasi Hi-Res Audio, pengisi daya dengan USB tipe C, pengenalan wajah, pemindai sidik jari, GPS, dan sama-sama tidak dibekali slot microSD maupun port 3,5mm jack audio.

Sementara kamera depan keduanya sama-sama menggunakan resolusi 20MP dengan aperture f/2.45 dan lensa sudut lebar 8MP dengan aperture f/2.2. Lalu apa saja sih yang membedakan perangkat kelas atas dari POCO ini agar kamu tidak salah beli sesuai dengan kebutuhan penggunaan handphone yang bisa mendukung keseharian kamu maupun hiburan yang disukai.

Perbedaan POCO F3 Vs POCO F4

Baterai kedua perangkat ini memiliki kapasitas yang berbeda. POCO F3 menyediakan kapasitas baterai 4.520mAh yang dilengkapi fitur pengisian cepat 33W. Sementara POCO F4 menggunakan kapasitas baterai kurang lebih sama sekitar 4.500mAh namun dibekali fitur pengisian cepat 67W.

Sementara itu, perbedaan POCO F3 dan POCO F4 menggunakan lensa utama dan makro yang tak sama. Lensa utama POCO F3 beresolusi 48MP dengan aperture f/1.79 dan lensa makro 5MP dengan aperture f/2.4.

POCO-F3-Feature

POCO F3

Berbeda dari itu POCO F4 menggunakan lensa utama 64MP dengan aperture f/1,79 dan Optic Image Stabilization (OIS) yang ditemani lensa makro 2MP dengan aperture f/2.4. Hal lain yang membedakan POCO F3 dan F4 terletak pada dukungan Bluetooth yang mana POCO F3 dengan Bluetooth 5.1  sementara POCO F4 dengan Bluetooth 5.2.

Di samping itu, tampilan antarmuka POCO F4 tentunya lebih baru dengan MIUI 13 berbasis Android 12 dibandingkan POCO F3 yang masih menggunakan MIUI 12 berbasis Android 11 secara bawaan. Setelah melihat  rincian tersebut, perbedaan dari POCO F3 dan F4 tampak bahwa sangat sedikit.

Namun bagi kamu yang ingin mendapatkan pengalaman foto lebih baik maka bisa memilih POCO F4 karena dibekali OIS dan resolusi besar. Kemudian bagi kamu yang suka foto makro dan baterai besar mungkin bisa memilih POCO F3.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar