Rekomendasi

Daftar Rekomendasi Smart TV dengan Android TV di Tahun 2022

Daftar Smart TV dengan Android - Header

Gadgetren – Banyak perusahaan teknologi kini berbondong-bondong mengembangkan smart TV atau televisi pintar dengan sistem operasi Android TV untuk menjangkau kebutuhan para pengguna.

Dengan sistem operasi tersebut, perangkat smart TV soalnya dapat mendukung lebih banyak fungsi sehingga bisa dipakai untuk melakukan banyak hal selain menyimak siaran televisi, menonton film, atau memutar musik.

Selayaknya pada handphone atau tablet Android, sistem operasi yang dirancang khusus untuk smart TV ini mendukung beberapa fitur menarik seperti pengontrol suara, asisten pintar Google Assistant, hingga Google Cast.

Kita selain itu dapat melakukan pemasangan sejumlah aplikasi dan game dari Google Play Store layaknya pada handphone walaupun jauh lebih terbatas. Termasuk juga di dalamnya layanan-layanan video streaming atau video-on-demand untuk menikmati berbagai macam tayangan secara lebih luas.

Saking banyaknya perusahaan yang mulai mengembangkan smart TV dengan sistem Android TV, kita kemungkinan bakal sedikit kesulitan saat ingin membelinya salah satunya di tahun 2022. Oleh karena itu tim Gadgetren mencoba sedikit membuat rekomendasinya yang bisa digunakan sebagai acuan.

1. TCL 32A7 33”

Daftar Smart TV dengan Android - TCL 32A7

Jika baru mau mencoba mencicipi smart TV dengan Android TV, kita dapat mempertimbangkan TCL 32A7. Perangkat dengan panel layar berukuran 32” ini soalnya hanya dibanderol dengan harga Rp2.199.000.

Perangkat smart TV dengan layar bezel-less ini apalagi sudah mengusung sistem berbasis Android 11. Di samping itu juga sudah dilengkapi sertifikat konten dari YouTube dan Netflix sekaligus dukungan Dolby Audio.

Terdapat juga masa garansi yang lumayan panjang. Kita yang membeli perangkat TCL 32A7 bakal memperoleh perlindungan hingga 3 tahun untuk panel layarnya dan tambahan 1 tahun untuk suku cadang lainnya.

2. Xiaomi TV A2 55”

Daftar Smart TV dengan Android - Xiaomi TV A2 55"

Xiaomi TV A2 juga tak boleh dilewatkan ketika sedang mencari smart TV dengan sistem Android TV. Perangkat yang tersedia dengan harga Rp5.899.000 untuk ukuran layar 55” ini bahkan mampu mengumpulkan skor tinggi dalam uji coba pemakaian tim Gadgetren.

Mengusung sistem Android 10, Xiaomi TV A2 mempunyai kinerja yang cukup baik dalam pengoperasian sehari-hari. Dukungan layarnya yang ditawarkan pun sangat lengkap mulai dari HDR10, Dolby Vision, hingga resolusi 4K.

Pada perangkat Smart TV ini kita juga akan menjumpai teknologi MEMC (Motion Estimation, Motion Compensation) yang dapat membuat animasi dalam sebuah tayangan berjalan lebih mulus hingga 60Hz.

3. Toshiba 55M550KP 55”

Daftar Smart TV dengan Android - Toshiba 55M550KP

Dibanderol dengan harga Rp8.300.000, Toshiba 55M550KP dapat menjadi pilihan selanjutnya. Perangkat smart TV berukuran 55” ini menawarkan dukungan yang lebih lengkap dibandingkan dua televisi sebelumnya.

Dolby Vision, Dolby Atmos, HDR10, Wide Color Gamut Restoration, HDR Restoration, hingga Ultra HD Gradation Correction termasuk di antaranya. Ditambah lagi perangkat ini juga membawa beberapa mode gambar seperti Football dan game.

Chipset REGZA Engine 4K yang dibawanya juga menawarkan peningkatan kualitas gambar supaya tayangan lebih terlihat jelas lewat teknologi ULTRA Essential PQ yang dikombinasikan dengan panel IPS berkualitas tinggi.

4. Panasonic 65JX700G 65”

Daftar Smart TV dengan Android - Panasonic 65JX700G

Untuk mendapatkan pengalaman menonton berbagai macam tayangan yang lebih baik, kita selanjutnya bisa mempertimbangkan Panasonic 65JX700G yang sudah dibekali dengan layar LED bernama Super Bright Panel.

Perangkat yang dibanderol dengan harga Rp15.769.000 ini dilengkapi dengan pengolah gambar HCX. Berdasarkan klaimnya, chipset tersebut mampu meningkatkan tingkat akurasi kontras, kejernihan, dan warna.

Panasonic 65JX700G di sisi lain juga sudah mengusung berbagai macam dukungan video seperti Dolby Vision, HLG, maupun HDR10+. Terlebih lagi ukurannya yang mencapai 65” bakalan mampu menayangkan berbagai macam konten dengan lebih sempurna.

5. Sharp 8T-C70DW1X 70”

Daftar Smart TV dengan Android - Sharp TCL 32A7

Jika masih kurang puas dengan beberapa televisi sebelumnya, kita dapat mencoba melirik Sharp 8T-C70DW1X. Perangkat ini tak hanya menawarkan layar berukuran 70” melainkan juga dukungan konten hingga resolusi 8K.

Smart TV dari Sharp ini dikembangkan dengan panel Anti-reflect 8K UV2A yang menawarkan tingkat kecerahan, warna, dan kontras lebih baik. Terdapat juga dukungan Deep Chroma Display Pro untuk menciptakan tayangan yang benar-benar natural.

Ditambah lagi, ada berbagai macam dukungan peningkatan kualitas video dan suara seperti HDR Enhanced Plus, Bass Enhancer, maupun Streaming Video Optimizer. Jadi cukup wajar perangkat smart TV yang dipersenjatai dengan Z2 Revelation Processor ini sampai dibanderol Rp20.999.000.

Tinggalkan Komentar