Mading Tekno

Apa Itu Teknologi MEMC yang Mulai Banyak Dipakai di Perangkat TV?

Apa Itu Teknologi MEMC di TV - Header

Gadgetren – Teknologi layar senantiasa berkembang untuk menghadirkan tayangan yang lebih baik. Salah satunya dengan mengadopsi dukungan refresh rate tinggi agar animasi gambar terlihat lebih natural.

Seperti apa yang kita tahu, layar dengan refresh rate tinggi akan mampu menghasilkan animasi yang lebih mulus. Hanya saja tayangannya juga akan sangat bergantung dari dukungan frame rate yang dimiliki oleh konten itu sendiri.

Meskipun menggunakan layar dengan dukungan refresh rate tinggi, animasi gambar kemungkinan masih akan terlihat kurang mulus apabila antarmuka aplikasi atau tayangan video yang sedang diputar membawa frame rate rendah.

Sejalan dengan hal ini, banyak manufaktur kini mulai mengandalkan teknologi tambahan yang disebut dengan MEMC (Motion Estimation, Motion Compensation). Di mana secara umum bisa ditemukan pada perangkat televisi.

Apa itu MEMC? Manfaat apa saja yang ditawarkannya? Buat kamu yang belum tahu atau bahkan tidak pernah mendengarnya, berikut penjelasan singkat mengenai teknologi pencitraan ini.

Apa Itu Teknologi MEMC?

MEMC adalah teknologi pencitraan yang dirancang untuk membuat tampilan video, animasi game, maupun antarmuka aplikasi bisa terlihat semakin mulus pada layar yang mempunyai dukungan refresh rate tinggi.

Di industri pertelevisian, teknologi ini populer dengan sebutan “efek sinetron” atau “Soap Opera Effect” karena bisa membuat apa yang kita tonton terlihat seperti sinetron (mempunyai frame rate lumayan tinggi). Beberapa perusahaan juga menyebutnya dengan motion smoothing.

Manfaat Teknologi MEMC

Secara sederhana, MEMC akan menyesuaikan frame rate yang didukung oleh video, game, atau aplikasi dengan refresh rate layar. Teknologi ini akan berusaha menyisipkan frame tambahan yang dibuat selaras dengan gerakan animasinya.

Dengan menggunakan teknologi ini, kita nantinya bisa melihat video, game, maupun antarmuka aplikasi dengan animasi yang lebih mulus seperti saat mengubah setelan tayangan YouTube dari 30fps menjadi 60fps.

Hanya saja tidak semua konten bisa ditampilkan dengan baik saat kita menggunakan MEMC di mana adang-kadang frame buatannya justru menghasilkan efek yang terlihat aneh pada tayangan yang kita tonton. Di berbagai macam perangkat, kita untungnya bisa mematikan teknologi ini jika tidak dibutuhkan.

Teknologi MEMC pada Handphone

Yang cukup menarik, teknologi MEMC kini tak hanya tersedia untuk perangkat televisi saja. Beberapa handphone bahkan sudah mengadopsinya untuk memberikan kualitas tayangan yang lebih baik kepada pengguna.

Termasuk di antaranya meliputi OnePlus 8 Pro, keluarga handphone gaming Black Shark, atau POCO F4. OPPO Find X2 Pro juga mempunyai teknologi serupa yang diberi nama O1 Ultra Vision Engine di mana diklaim mampu meningkatkan konten 30fps menjadi 60fps atau bahkan 120fps.

Tinggalkan Komentar