ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Operator Seluler

Cara Unreg Kartu Indosat IM3 Untuk Menonaktifkannya

Cara Unreg Kartu Indosat Header[Ilustrasi: Pixabay]

Gadgetren – Sebagai salah satu operator di Indonesia, Indosat Ooredoo Hutchison telah menghadirkan beragam paket data dan promo yang menarik agar tetap memanjakan penggunanya.

Meskipun begitu terkadang nomor yang kita punya mungkin sudah tidak digunakan atau bahkan muncul banyak iklan, permintaan layanan premium, hingga SMS Spam yang membuat kesal.

Apabila kartu Indosat Ooredoo kamu masih baru dan belum terlalu banyak orang yang mengetahuinya, maka kamu dapat nonaktifkan saja kartu dengan menggunakan metode Unreg.

Perlu dicatat bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia sudah menetapkan peraturan bahwa setiap masyarakat Indonesia harus mendaftarkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) pada setiap kartu operator yang dimiliki.

Oleh karena itu sebaiknya kamu melakukan Unreg untuk nomor yang tidak lagi digunakan agar data sesuai sehingga kamu tidak ada sangkut pautnya jika nomor tersebut ke depannya digunakan untuk hal yang tidak bertanggung jawab.

Cara Unreg Kartu Indosat Ooredoo Melalui SMS

  1. Buka aplikasi SMS atau Messages di handphone
  2. Ketik UNPAIR#Nomor Handphone#. Misalnya UNPAIR#0857111222333
  3. Masukkan 4444 pada kolom penerima
  4. Tekan tombol Send SIM 1 atau SIM 2 tergantung tempat slot kartu Indosat Ooredoo berada
  5. Nantinya akan muncul SMS yang memberikan notifikasi bahwa proses penonaktifan kartu telah berhasil

Cara Unreg Kartu Indosat Ooredoo Melalui USSD

  1. Buka aplikasi Telepon atau Phone di handphone
  2. Ketik kode *123*4444#
  3. Tekan tombol SIM 1 atau SIM 2 tergantung tempat kartu Indosat Ooredoo
  4. Nantinya akan muncul 4 menu yang terdiri dari 1.registrasi kartu, 2.cek status, 3.cek NIK, dan 4.hapus registrasi
  5. Ketik 4 untuk memilih hapus registrasi dan tekan OK
  6. Kamu akan diminta untuk konfirmasi ulang dalam menyetujui proses Unreg Kartu Indosat Ooredoo
  7. Ketik 1 dan tekan OK untuk setuju
  8. Kamu akan menerima pesan bahwa kartu Indosat Ooredoo berhasil dinonaktifkan

Pada metode USSD terkadang urutan menunya akan berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari operator. Nantinya kamu dapat mengetik angka pilihannya sesuai dengan urutan nomor yang memuat menu hapus registrasi.

Berbeda dibandingkan proses registrasi awal ketika baru memiliki kartu Indosat Ooredoo yang harus memasukkan NIK dan Nomor KK, kamu tidak memerlukan data tersebut saat melakukan Unreg untuk menonaktifkan kartu.

Cara Menonaktifkan Kartu yang Hilang

Sementara jika kartu Indosat Ooredoo hilang, maka kamu dapat menghubungi Call Center Indosat Ooredoo di (021) 30003000 atau mengunjungi Galeri Indosat Ooredoo terdekat.

Kamu dapat menyampaikan bahwa ingin melakukan Unreg Kartu Indosat Ooredoo dengan memberitahukan nomor Kartu Keluarga (KK) kepada petugas yang berwenang.

Sebenarnya untuk proses yang lebih mudah, kamu dapat mengunjungi Galeri Indosat Ooredoo karena kamu dapat bertatap muka langsung dengan Customer Service sehingga dapat dengan nyaman untuk menonaktifkan kartu Indosat Ooredoo.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar