ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Membuat Suara Google di Capcut Agar Teks Dibaca Otomatis

Cara Membuat Suara Google di Capcut Header

Gadgetren – Capcut telah menjadi salah satu video editor yang banyak digunakan oleh pengguna TikTok karena memiliki banyak filter, efek, dan fitur yang mampu menghasilkan video menarik.

Namun apakah bisa membuat suara Google di Capcut? Berdasarkan pengalaman saya, Capcut menyediakan fitur Text to Speech yang memungkinkan teks yang ada di video dibaca dan mengeluarkan suara.

Menariknya, fitur Text to Speech juga menghadirkan efek suara Google secara langsung di video. Dengan begitu, kamu tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk bisa membuat suara Google.

Namun perlu dicatat bahwa kamu perlu tetap menampilkan teks di video apabila ingin menghadirkan suara Google dengan menggunakan fitur Text to Speech. Untuk itu, kamu dapat menyesuaikan posisi teks agar tidak mengganggu video yang dibuat.

Saya sendiri menemukan dua suara yang cocok seperti yang biasanya diucapkan pada Google Translate, seperti Narrative Female dan Suara Wanita. Narrative Female cocok jika kamu ingin membuat suara Google yang mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris.

Sementara Suara Wanita dapat digunakan ketika kamu ingin menghadirkan suara Google yang mengucapkan kata-kata dalam bahasa Indonesia.

Cara Buat Teks Suara Google di Capcut

  • Buka aplikasi Capcut
  • Pada halaman utama aplikasi, pilih opsi New Project berikon +
  • Pilih video atau foto yang ingin dimasukkan dalam proyek pembuatan video
  • Tekan tombol Add
  • Pada halaman Timeline, tekan menu Text berikon T di bagian bawah
    CapCut - Buat Teks - 1
  • Selanjutnya, pilih menu Add Text berikon A+
  • Ketik teks atau kata-kata yang diinginkan
  • Tekan tombol Done jika sudah
    CapCut - Buat Teks - 2
  • Selanjutnya, pilih Layer teks yang telah dibuat tadi di halaman Timeline
  • Pilih opsi Text to Speech
  • Kamu dapat memilih Suara Wanita untuk Indonesia atau Narrative Female untuk Inggris
  • Tekan tombol Done berikon checklist di bagian Select Voice
  • Suara Google berhasil dihadirkan pada video di Capcut
    Capcut - Teks ke Suara Google

Apabila kamu ingin membuat suara Google lainnya dalam satu video yang sama, maka kamu dapat berpindah ke frame yang lain untuk membuat teks lain dan menggunakan cara yang sama seperti di atas.

Sementara pada saat kamu sudah selesai edit bisa tekan tombol Export berikon panah ditambah garis pada bagian kanan atas aplikasi Capcut. setelah proses ekspor selesai, maka kamu aklan dihadapkan pada halaman Ready to Share untuk membagikannya ke TikTok, Facebook, Instagram, WhatsApp, dan lainnya.

Bagi kamu yang belum memiliki aplikasi Capcut dapat mengunduhnya di Google Play Store atau Apple App Store. Capcut sendiri diciptakan oleh Bytedance yang merupakan induk perusahaan dari TikTok, dengan begitu sudah menjadi sesuatu yang wajar bahwa filter, efek, dan fitur yang dihadirkan optimal untuk menghasilkan video yang menarik di TikTok.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar