Tips dan Trik Aplikasi

Cara Melihat Arsip Cerita di Facebook yang Tersimpan Setelah 24 Jam

Cara Melihat Arsip Cerita di Facebook - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Sama seperti Instagram, kita juga dapat mengarsipkan cerita di Facebook supaya tidak langsung hilang setelah 24 jam. Jadi nantinya bisa dilihat kembali secara berulang-ulang.

Seperti apa yang kita tahu, Facebook atau FB senantiasa mengembangkan layanannya dengan menambahkan berbagai macam dukungan. Salah satu di antaranya dengan menghadirkan fitur pengarsipan unggahan.

Fitur ini bisa dipakai untuk menyembunyikan apa yang kita bagikan di layanan Facebook baik itu postingan, foto, video, maupun cerita alih-alih menghapusnya secara permanen. Setelah diarsipkan, konten-konten tersebut hanya bisa dilihat oleh pemiliknya saja.

Yang cukup menarik, fitur ini bisa disetel supaya bisa berjalan secara otomatis untuk mengarsipkan cerita. Dengan begitu konten tidak akan langsung terhapus setelah 24 jam melainkan hanya disembunyikan.

Jika sudah memanfaatkan fitur ini, kita bisa melihat-lihat kembali cerita yang sebelumnya pernah dibagikan di Facebook. Kamu yang belum tahu cara melakukannya dapat menyimak secara lebih lengkap dalam langkah berikut.

Cara Melihat Arsip Cerita di Facebook

Lewat Aplikasi

  1. Buka aplikasi Facebook
  2. Login menggunakan akun yang dimiliki
  3. Ketuk foto profil pribadi
  4. Klik More options (ikon titik tiga) di bawah nama akun
  5. Pilih Archive
    Cara Melihat Arsip Cerita Facebook - 1
  6. Klik Story Archive di bagian atas

Selain menggunakan aplikasi, arsip cerita juga bisa kita buka dengan memakai Facebook versi web seluler. Hanya saja langkah-langkahnya memang sedikit berbeda karena mempunyai antarmukanya sendiri.

Lewat Peramban Seluler

  1. Jalankan peramban yang terpasang di handphone
  2. Kunjungi halaman https://m.facebook.com/
  3. Masuk dengan akun yang sesuai
  4. Di beranda utama, cari bagian Stories
  5. Ketuk menu Your archive
    Cara Melihat Arsip Cerita Facebook - 2

Kita yang gemar membuka Facebook lewat peramban di komputer pun tak perlu khawatir. Arsip cerita yang tersimpan soalnya tersedia dan bisa diakses juga melalui versi web desktop dari layanan tersebut.

Lewat Komputer

  1. Buka halaman https://www.facebook.com/ menggunakan peramban
  2. Masuk dengan akun yang sesuai
  3. Klik nama akun di menu sebelah kiri
    Cara Melihat Arsip Cerita Facebook - 3
  4. Ketuk More Options
    Cara Melihat Arsip Cerita Facebook - 4
  5. Pilih Story Archive
    Cara Melihat Arsip Cerita Facebook - 5

Berbagai macam cerita yang diarsipkan menariknya juga dapat digunakan ulang. Kita dalam hal ini hanya perlu membuka sebuah konten yang diinginkan kemudian mengetuk tombol Share di pojok kanan bawah.

Dalam hal ini, kita selanjutnya secara khusus bisa memilih opsi Share as a post jika mau membagikannya ke format postingan biasa atau Share to story untuk menggunakannya sebagai konten cerita kembali.

Tinggalkan Komentar