ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Laptop / PC

Cara Mematikan Antivirus Defender di Windows 11

Cara Mematikan Antivirus Defender Windows 11 - Header

Gadgetren – Terlepas dari alasan yang mendasarinya, kita kadang kala memang perlu mematikan antivirus Defender dari komputer Windows 11 meskipun berisiko kehilangan proteksi keamanan data.

Selaras dengan pembaruan sistem operasi Windows 11, kemampuan proteksi dari aplikasi antivirus bawaan tersebut ikut meningkat. Pustaka virusnya semakin luas seiring berbagai macam tambalan yang rajin diberikan untuk menutup celah keamanan.

Hanya saja kadang-kadang aktifnya antivirus Defender justru dapat menyusahkan pengguna. Karena mempunyai tingkat proteksi yang tinggi, antivirus Defender bisa menganggap data atau aplikasi yang sebenarnya normal terdeteksi sebagai ancaman.

Terlebih lagi, aplikasi yang sebelumnya bernama Microsoft Security Essential tersebut tak hanya memblokir pemakaian aplikasi maupun data di komputer terkait melainkan bisa langsung menghapusnya sebagai langkah antisipatif serangan virus.

Oleh karena itu, mematikan antivirus Defender di komputer Windows 11 bisa menjadi salah satu solusi yang dilakukan. Langkah-langkahnya cukup mirip dengan Windows 10 di mana secara lebih rinci dapat disimak dalam penjelasan berikut.

Cara Mematikan Antivirus Defender di Windows 11

  1. Tekan tombol Start Windows
  2. Ketikan Windows Security
  3. Klik Open pada aplikasi Windows Security
  4. Masuk ke bagian Virus & threat protection
  5. Cari Virus & threat protections settings
  6. Ketuk Manage settings
  7. Matikan Real-time protection, Cloud-delivered protection, dan beberapa opsi yang lain

Setelah mengubah setelan dari beberapa opsi ini menjadi mati, sistem proteksi Defender akan langsung nonaktif. Kita pun selanjutnya bisa memasang aplikasi atau membuka berkas yang semula ditandai sebagai ancaman.

Namun perlu diingat bahwa komputer akan benar-benar rentan terkena serangan virus lewat aplikasi maupun berkas data setelah mematikan beberapa opsi ini. Jadi akan sangat berbahaya jika dibiarkan nonaktif dalam durasi yang terlalu lama.

Untuk memberikan perlindungan, kita bisa mengaktifkan Defender Windows 11 kembali atau memasang aplikasi antivirus tambahan dari layanan pihak ketiga seperti Kaspersky, Avast, AVG, Eset, maupun Norton.

Selain itu, sistem pengecekan berkala masih akan tetap berjalan karena apa yang dinonaktifkan hanya pemindaian real-time. Selain itu tidak perlu khawatir bahwa berkas maupun aplikasi yang terpasang selama Defender nonaktif akan masuk ke dalam pengecualian.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar