Laptop / PC Tips dan Trik

Cara Mematikan Antivirus Windows Defender di Windows 10 Sementara Waktu

Cara Mematikan Antivirus Windows 10 - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Mematikan antivirus bawaan Microsoft Windows 10 kadang kala perlu dilakukan meskipun sebenarnya sangat tidak disarankan karena dapat menyebabkan komputer menjadi sangat rentan.

Kita misalnya tak jarang perlu melakukan hal tersebut ketika harus memasang sebuah aplikasi atau program yang dianggap berbahaya oleh Windows 10 di mana beberapa antivirus dari pihak ketiga pun sering masuk ke dalam daftar ini.

Windows 10 memang membuat kemajuan selama beberapa tahun terakhir. Salah satu di antaranya termasuk pada sistem proteksi dengan memperkenalkan Windows Defender yang menjadi andalan sejak pertama kali memperkenalkan diri.

Secara sekilas, Windows Defender merupakan versi upgrade dari Microsoft Security Essential yang menjadi sistem proteksi di Windows lawas. Sejumlah peningkatan menjadi keunggulannya seperti perlindungan terhadap virus maupun pencurian data yang semakin kuat.

Bahkan saking kuatnya, beberapa aplikasi yang sebenarnya biasa saja justru dianggap berbahaya. Antivirus milik Windows 10 tersebut tak jarang akan memblokir sejak masih berwujud installer sehingga kita tidak dapat memasangnya.

Menonaktifkan atau mematikan antivirus tersebut tentu dapat menjadi solusi pas saat hal ini terjadi. Adapun bagi kamu yang belum bisa, cara melakukannya dapat disimak secara lebih rinci dalam penjelasan berikut.

Cara Mematikan Antivirus Windows Defender di Windows 10

  1. Ketuk tombol Start (ikon Windows)
  2. Pilih Settings (ikon roda gigi)
    Cara Mematikan Antivirus Windows 10 - 1
  3. Masuk ke bagian Update & Security
    Cara Mematikan Antivirus Windows 10 - 2
  4. Ketuk menu Windows Security
    Cara Mematikan Antivirus Windows 10 - 3
  5. Buka Virus & threat protection
    Cara Mematikan Antivirus Windows 10 - 4
  6. Cari bagian Virus & threat protection settings
  7. Klik Manage settings (Virus & threat protection setting itu sendiri pada versi Windows 10 lawas)
    Cara Mematikan Antivirus Windows 10 - 5
  8. Matikan semua pengaturan di halaman yang muncul
    Cara Mematikan Antivirus Windows 10 - 6

Jika masih memerlukan pengaturan tingkat lanjut seperti mematikan proteksi akun, firewall, hingga kontrol aplikasi dan web, kamu pun dapat mengetuk menu yang terdapat pada tab sebelah kiri sesuai setelan yang diinginkan.

Perlu diingat bahwa komputer Windows 10 nantinya akan menjadi rentan terhadap serangan virus atau peretasan saat Windows Defender berhasil dinonaktifkan. Oleh karenanya jangan sampai lupa untuk mengembalikan pengaturan seperti semula jika apa yang kamu kerjakan sudah selesai.

Mematikan antivirus di Windows 10 pun perlu dilakukan dengan sangat bijak. Sedikit saran dari saya, kamu harus pandai-pandai memilih aplikasi yang ingin dipasang karena beberapa yang berasal dari sumber tak terpercaya (apalagi hasil modifikasi) memang sangat berbahaya.

Tinggalkan Komentar

4 Komentar