Tips dan Trik

Cara Mudah Mematikan Windows Defender Windows 10 untuk Sementara Waktu

Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10 Featured[Sumber: Flickr]

Gadgetren – Windows Defender merupakan antivirus bawaan Windows yang cukup berguna. Namun, kadang kala kita perlu mematikannya, seperti saat menginstal aplikasi yang bisa dianggap virus.

Windows Defender merupakan komponen penting yang dikembangkan oleh Microsoft untuk melengkapi Microsoft Windows versi terbaru. Antivirus ini merupakan penyegaran lini keamanan untuk menggantikan Microsoft Security Essential di Windows lawas.

Saya sendiri sudah merasa cukup percaya dengan kemampuan dari antivirus di platform Windows setelah beralih ke Windows 10. Berbeda seperti saat menggunakan Windows 7 atau Windows XP yang saat itu saya harus menginstal aplikasi antivirus tambahan dari pihak ketiga, Windows Defender di Windows terbaru tersebut menjadi antivirus bawaan dengan proteksi yang sudah cukup berguna bagi saya.

Bahkan, beberapa aplikasi yang notabene aplikasi biasa pun kadang-kadang dianggap berbahaya karena dianggap mengakses hal-hal yang berbau privasi. Proteksi ini pun dilakukan semenjak kita akan menginstal aplikasi, seperti beberapa installer dari aplikasi tersebut pun kadang sudah diblokir oleh Windows Defender di Windows 10 ini.

Nah karena itu, kadang kala kita harus mematikan Windows Defender untuk sementara waktu, agar kita dapat menginstal aplikasi yang dianggap berbahaya tersebut.

Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10

Windows Defender merupakan aplikasi yang cukup komplit, yang menawarkan beberapa perlidungan seperti antivirus maupun firewall untuk melindungi perangkat komputer yang akan kita miliki. Namun, sekuat apapun perlindungan yang digunakan dapat kita disable untuk sementara waktu.

Cara Mudah Mematikan Windows Defender di Windows 10

Berikut ini cara mematikan Windows Defender untuk sementara waktu

  1. Buka aplikasi Windows Defender, Anda dapat membukanya dengan menekan tombol Windows kemudian mengetikan Windows Defender
  2. Setelah itu buka Virus & threat protection
  3. Kemudian buka opsi  Virus & threat protection setting
  4. Setelah menu  Virus & threat protection setting terbuka, matikan semua proteksi dengan menggeser tombol slider ke off

Sampai tahap ini semua perlindungan dari Windows Defender telah dimatikan. Dan untuk menghidupkan kembali, Anda hanya perlu mengakses menu  Virus & threat protection setting kembali, dan menggeser tombol slider ke posisi On.

Namun perlu diperhatikan, mematikan Windows Defender merupakan hal yang cukup dapat membahayakan perangkat. Oleh karena itu, jika Anda mematikan fitur proteksi dari Windows Defender sebaiknya jangan terlalu lama untuk melindungi data-data juga perangkat yang kita miliki.

Leave a Comment