Aksesoris Mading

Mengenal Jenis Switch Keyboard Mekanik Biar Pas dengan Kebutuhan

Mengenal Jenis Switch Keyboard Mekanik - Header

Gadgetren – Kita tentu perlu mengenal berbagai macam jenis switch dari keyboard mekanik terlebih dahulu sebelum membeli salah satunya karena masing-masing mempunyai karakteristik yang cukup berbeda.

Seperti apa yang kita tahu, switch memang menjadi bagian penting untuk sebuah keyboard mekanik. Bahkan kebanyakan di antara kita kemungkinan mempertimbangkan untuk menggunakannya karena komponen tersebut.

Selain menjanjikan tingkat akurasi dan daya tahan yang lebih tinggi, switch pada keyboard mekanik dapat dipilih secara lebih leluasa sesuai dengan kebutuhan maupun preferensi. Kita pun bisa mempertimbangkannya berdasarkan jenisnya.

Terlepas dari merek yang mengembangkannya, kita sekarang ini secara khusus dapat membagi switch untuk keyboard mekanik ke dalam tiga kategori umum. Adapun termasuk di antaranya meliputi linear, tactile, dan clicky.

Meskipun sama-sama cocok untuk bermain game PC (Personal Computer), ketiga jenis switch untuk keyboard mekanik tersebut pastinya menawarkan pengalaman pemakaian yang berbeda-beda.

Mengenal Jenis Switch Keyboard Mekanik

Linear

Switch linear merupakan jenis tombol keyboard mekanik yang menawarkan kelancaran dan kemulusan ketika ditekan. Karena pada saat menggunakannya, kita nanti tak akan terlalu mendapatkan umpan balik baik itu dalam bentuk suara maupun tonjolan.

Jenis switch ini bakalan cocok buat kita yang tidak membutuhkan umpan balik dari keyboard. Selain itu, bisa menjadi pilihan pas jika kita sering menekan sebuah tombol baik secara penuh maupun hanya setengah berulang kali tanpa jeda.

Biasanya hadir dengan aksen warna merah, switch linear cukup direkomendasikan untuk pemain MMO (Massively Multilayer Online), game aksi, maupun permainan yang membutuhkan respons cepat lainnya.

Tactile

Switch tactile adalah tipe tombol keyboard mekanik yang akan memberikan umpan balik lewat sebuah tonjolan tanpa menimbulkan suara. Umumnya akan kita rasakan setelah ketukan sudah terdaftar ke komputer atau melewati titik aktuasi.

Kita bisa mengandalkan switch jenis ini untuk mendapat akurasi lebih baik tanpa perlu takut ada yang terlewatkan. Sangat cocok untuk mengetik cepat karena tombol tak perlu ditekan sepenuhnya melainkan hanya sampai titik aktuasi.

Keyboard mekanik dengan switch jenis ini biasanya akan mengusung tombol-tombol berwarna cokelat. Cukup ideal untuk bermain game kompetitif, Real-Time Strategy (RTS), First-Person Shooters (FPS), atau yang membutuhkan Actions Per Minute lebih cepat.

Clicky

Sementara switch clicky merupakan tipe tombol mekanik yang akan memberikan umpan balik berupa suara. Jadi ketika sudah ditekan dan mencapai titik aktuasi, nantinya akan terdengar bunyi “klik” yang khas.

Switch jenis ini juga sangat pas untuk menangani pekerjaan-pekerjaan yang memerlukan tingkat akurasi tinggi seperti mengetik secara cepat. Bakalan lebih cocok lagi jika kita suka dengan nuansa suara klik dari keyboard tradisional.

Selain dari suara yang menjadi umpan balik, ciri khas dari keyboard mekanik dengan switch jenis ini dapat dilihat dari warna tombol-tombolnya. Kebanyakan macam merek soalnya memakai aksen biru untuk menandainya.

Tinggalkan Komentar