Review Smart Home

Review ECOVACS DEEBOT T10 Plus – Robot Pembersih Rumah yang Pintar

ECOVACS DEEBOT T10 Plus

Gadgetren – Saya senang jika rumah saya dalam kondisi bersih namun menjaganya untuk selalu bersih perlu usaha yang cukup melelahkan tiap harinya apalagi saya memelihara tiga ekor kucing. Nah kini beban kerja saya menjadi lebih ringan berkat robot pembersih DEEBOT T10 Plus.

DEEBOT T10 Plus adalah robot pembersih generasi terbaru dari ECOVACS yang menghadirkan teknologi deteksi rintangan canggih AIVI 3.0, pemetaan dan navigasi ruangan, hingga sistem pengepelan OZMO Pro 3.

Sejak menggunakan DEEBOT T10 Plus, saya kini tidak perlu lagi sering bersih-bersih tiap hari secara manual dan cukup menyerahkan mayoritas pekerjaan ke DEEBOT. Dengan begitu waktu luang saya bisa dimanfaatkan untuk hal lain.

ECOVACS DEEBOT T10 Plus
  • Performa - 8/10
    8/10
  • Fitur - 9/10
    9/10
  • Desain - 9/10
    9/10
8.7/10

Ringkasan

DEEBOT T10 Plus adalah robot pintar yang mampu membantu membersihkan rumah tanpa perlu repot. Robot ini dilengkapi dengan beragam fitur seperti sistem pengepelan dan sensor pemetaan yang canggih.

Pros

  • Pengoperasian mudah
  • Mampu vakum dan mengepel sekaligus
  • Sistem pemetaan yang canggih
  • Bisa digunakan untuk patroli rumah
  • Disediakan tempat pengosongan
  • Dapat diperintah menggunakan suara

Cons

  • Kain pel di tangki air perlu dicopot setelah digunakan
  • Kesulitan jika menghadapi kabel pengisi daya yang berserakan


DEEBOT T10 Plus tampil layaknya robot pembersih dengan bentuk yang bundar dan dimensi yang cukup lebar. Robot ini dilengkapi dengan berbagai aksesoris untuk bersih-bersih seperti sikat samping ganda, pengharum ruangan, wadah debu, docking station untuk charging, dan OZMO Pro 3.0 untuk mengepel.

Fitur pengharum ruangan pada robot ini tidak bisa digunakan berbarengan dengan OZMO Pro 3.0 karena keduanya menempati area yang sama di DEEBOT T10 Plus. Jadi perlu dipilih apakah sedang ingin mengepel atau ingin mengharumkan ruangan sembari menyedot debu.

ECOVACS DEEBOT T10 Plus

ECOVACS menyematkan berbagai sensor di DEEBOT T10 Plus agar robotnya dapat bekerja dengan optimal. Sensor TrueMapping 2.0 untuk pemetaan dan navigasi adalah yang paling menonjol karena diletakkan mencuat di bagian atas robot. Sensor lainnya adalah sensor anti benturan, sensor deteksi karpet, dan sensor anti jatuh.

Robot ini dijual sepaket dengan tempat pengosongan yang berfungsi layaknya markas untuk robot ini walau sebetulnya tidak wajib digunakan. Tempat ini menyediakan area untuk pengecasan robotnya dan dapat menyimpan debu hasil penyedotan dengan kapasitas yang lebih besar. Debu tersimpan di dalam wadah kantong debu yang nantinya dapat dibuang dengan mudah.

Sebelum dapat digunakan untuk membersihkan rumah saya, DEEBOT T10 Plus perlu saya koneksikan dulu dengan handphone Android yang saya gunakan melalui aplikasi ECOVACS HOME. Proses pengkoneksian terbilang mudah dan berjalan dengan mulus tanpa kendala.

ECOVACS DEEBOT T10 Plus

Setelah itu masih ada satu langkah lagi yang perlu dilakukan yakni memetakan rumah saya beserta furnitur-furnitur yang ada. Robot ini akan memutar-mutar rumah sampai seluruh ruangan terpetakan selama pandangannya tidak terhalang oleh benda seperti pintu.

Jika diinginkan, area rumah dan furnitur bisa dipetakan secara manual namun di kasus saya hasil pemetaan otomatis sudah lebih dari cukup berkat kecanggihan teknologi pemetaan robot ini.

Untuk mulai proses pembersihan rumah, DEEBOT T10 Plus dapat diperintah melalui memencet tombol yang ada pada bagian atas robot maupun melalui perintah suara dengan awalan OK YIKO. Saya sendiri lebih sering menggunakan perintah suara karena lebih praktis dan robot ini pun hampir selalu dapat merespons suara saya dengan baik.

Ketika robot ini mulai bekerja, cukup ditinggalkan saja sampai robotnya selesai bersih-bersih rumah. Gerakannya memang tidak secepat dibanding ketika saya vakum manual namun hasilnya cukup bersih. Robot ini nantinya akan otomatis kembali ke markasnya jika pekerjaannya sudah selesai untuk membuang debu dan mengecas dayanya.

ECOVACS DEEBOT T10 Plus

Karena DEEBOT T10 Plus adalah robot, hasil bersih-bersihnya tentu tidak sesempurna dilakukan secara manual. Ada saja sudut ruangan yang masih perlu dibersihkan secara manual terutama yang terhalang banyak barang.

Ketika robot ini bekerja sering kali menarik perhatian kucing peliharaan saya. Tapi untungnya kucing saya tidak sampai taraf merusak robot ini, hanya senang memainkan sikat pembersihnya saja. Jadi bagi yang memelihara kucing seharusnya tidak perlu khawatir.

Perlu dicatat, DEEBOT T10 Plus tampaknya akan mengalami kesulitan jika ada kabel yang berserakan seperti kabel charger karena akan tidak sengaja tersedot oleh DEEBOT T10 Plus dan menghambat proses pembersihan.

Selain itu di lantai rumah saya juga selalu ada beberapa piring kecil untuk tempat makan kucing dan DEEBOT T10 Plus akan menabrak piring-piring tersebut karena tinggi piring terlalu rendah sehingga tidak terdeteksi oleh sensor.

Solusi untuk masalah ini adalah piring tersebut disingkirkan sebelum DEEBOT mulai bersih-bersih atau area piring dimasukkan ke dalam peta di aplikasi ECOVACS HOME agar tidak tertabrak.

ECOVACS DEEBOT T10 Plus

Ada kalanya DEEBOT T10 Plus tidak membersihkan sebuah ruangan yang mungkin dikarenakan kucing saya menghalangi laju DEEBOT atau juga karena ruangan tersebut lupa saya nyalakan lampunya. Sensor pada DEEBOT tampaknya kurang efektif untuk area gelap. Untuk kasus ini saya cukup perintahkan DEEBOT untuk kembali membersihkan satu ruangan itu saja.

Satu hal menarik dari DEEBOT T10 Plus adalah selain dapat memvakum ruangan juga dapat sekaligus mengepel. Untuk melakukan fungsi ini, bagian belakang DEEBOT T10 Plus perlu diganti dengan komponen OZMO Pro 3.0 yang memiliki tangki air khusus dan secara otomatis DEEBOT T10 Plus akan melakukan pemvakuman sekaligus mengepel.

Perlu dicatat, ECOVACS merekomendasikan pengisian tangki menggunakan air mineral atau pembersih khusus dari ECOVACS agar umur tangki airnya lebih tahan lama.

Setelah DEEBOT T10 Plus selesai digunakan untuk mengepel lantai, bagian kain pelnya perlu dicopot agar tidak menjadi bau dan airnya merembes ke lantai. Nantinya ketika ingin mengepel lagi, baru kain pelnya perlu dipasang lagi. Tersedia dua jenis kain pel yakni kain pel yang bisa digunakan berkali-kali dan yang hanya bisa sekali pakai.

ECOVACS HOME

Untuk mengendalikan DEEBOT T10 Plus lebih detail bisa menggunakan aplikasi pendamping ECOVACS HOME. Ada banyak fitur yang tersedia seperti menyetel mode pembersihan, mengatur peta rumah, hingga mengecek sisa waktu penggunaan spare part yang ada sebelum diganti.

Setiap robot ini selesai melakukan proses pembersihan pun akan tercatat di aplikasinya agar dapat dilihat rute pembersihan, durasi pembersihan, hingga luas area pembersihan. Fitur ini bermanfaat untuk melihat jika ada area yang terlewat.

DEEBOT T10 Plus juga bisa disetel agar aktif di waktu tertentu misalnya tiap pagi setelah bangun tidur. Jadi sembari bersiap-siap pagi robot ini juga sudah otomatis melaksanakan pekerjaannya.

ECOVACS HOME

Satu fitur yang paling menarik adalah mengakses kamera yang ada di DEEBOT T10 Plus. Dengan ini saya bisa melihat apa yang berada di depan robotnya dan dapat juga mengontrol pergerakan robot secara manual.

Uniknya fitur ini membuat robotnya dapat digunakan untuk mengecek situasi di rumah ketika saya sedang tidak di tempat. Bahkan ada tombol khusus untuk membuatnya mengitari rumah layaknya petugas keamanan.

ECOVACS DEEBOT T10 Plus

Sejak menggunakan DEEBOT T10 Plus, saya kini hanya cukup seminggu sekali saja bersih-bersih rumah secara manual. Tiap pagi saya tinggal memanggil DEEBOT T10 Plus untuk membersihkan rumah dan saya bisa dengan santai melakukan aktivitas lain.

Jika memiliki rumah yang luas, efek dari DEEBOT T10 Plus akan semakin terasa karena semakin luas area rumah maka tenaga dan waktu yang diperlukan untuk membersihkan secara manual pun semakin besar.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar