Operator Seluler Tips dan Trik

Kenapa Voucher AXIS Gagal Atau Tidak Bisa Digunakan?

Kenapa Voucher AXIS Gagal - Header

Gadgetren – Menggunakan voucher untuk isi ulang atau pembelian paket internet di layanan AXIS memang sangat mudah. Meskipun begitu, kadang-kadang kita tetap bisa gagal saat melakukannya.

Sebagai salah satu operator yang akrab dengan anak muda, AXIS mempunyai berbagai macam produk untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan.

Operator yang identik dengan warna ungu tersebut salah satunya menyediakan voucher isi ulang dan paket data dalam bentuk fisik. Sama seperti operator lainnya, voucher biasanya memberikan penawaran menarik yang kerap tidak ditemukan lewat aplikasi maupun kode USSD.

AIGO yang berasal dari frasa AXIS INTERNET ON THE GO menjadi contohnya. Produk berbasis voucher fisik ini menawarkan fleksibilitas dalam melakukan pembelian paket data tanpa perlu selalu terpaku pada toko pulsa.

Kita pun bisa menggunakan voucher fisik AXIS dengan cukup mudah. Termasuk di antaranya lewat kode USSD atau aplikasi AXISNET yang kini tersedia secara resmi di Google Play Store maupun Apple Apps Store sesuai dengan sistem operasi dari handphone yang kamu gunakan.

Namun dalam kasus tertentu, voucher fisik yang ditawarkan oleh AXIS bisa saja tiba-tiba tidak dapat digunakan. Hal ini tentunya dapat menjadi masalah baru apabila kita tidak tahu apa yang menyebabkannya.

Kenapa Voucher Fisik AXIS Gagal Atau Tidak Bisa Digunakan?

Salah Memasukkan HRN

HRN adalah kependekan kata dari Hidden Recharge Number atau kalau diterjemahkan ke Bahasa Indonesia akan menjadi “nomor isi ulang tersembunyi”. Biasa disebut dengan kode voucher, kita dapat menjumpainya setelah menggosok bagian hologram di kartu fisik yang diterima.

Di layanan AXIS baik itu untuk isi ulang maupun paket AIGO, HRN biasanya terdiri dari 16 digit angka yang disembunyikan di balik lapisan hologram sebelum digosok. Kita bisa memakainya sebagai kode penukaran yang akan menentukan jumlah pulsa maupun jenis kuota internet.

Ketika salah memasukkan angka yang ada di dalamnya saat melakukan isi ulang atau pembelian paket data, maka secara otomatis transaksi akan gagal dan membaca kode tidak bisa digunakan. Kita makanya perlu mengecek ulang saat perlu menggunakannya.

Kode USSD yang Dipakai Keliru

Berbeda dari kebanyakan operator, kode USSD penukaran atau redeem voucher fisik dari AXIS berlainan untuk setiap produknya. Kita makanya perlu memastikannya apakah sudah sesuai dengan jenis paket yang kita beli atau belum.

Ada dua kode pengisian yang perlu diperhatikan oleh kita pelanggan kartu AXIS dalam hal ini. Termasuk di antaranya kode *838*16_digit_HRN# untuk redeem paket AIGO dan *123*16_digit_HRGN# untuk isi ulang pulsa.

Kita tentu saja kemungkinan akan gagal menggunakan voucher fisik AXIS jika keliru menggunakan kode USSD tersebut. Misalnya memasukkan HRN AIGO dengan kode *123*16_digit_HRGN# atau sebaliknya yang mana tentu tidak akan teregister dengan benar oleh sistem.

Kesalahan Jaringan

Selain kekeliruan yang bisa terjadi di sisi kita selaku pelanggan saat menggunakan atau memasukkan kode HRN, kesalahan jaringan juga sering kali menjadi penyebab kenapa voucher gagal atau tidak bisa digunakan.

Supaya bisa memastikan hal ini, kita dapat mencoba kode HRN dari voucher yang diperoleh secara berulang-ulang. Namun sebaiknya berikan sedikit jeda untuk setiap percobaan atau coba berpindah ke lokasi lain.

Hal ini dikarenakan kesalahan jaringan bisa terjadi dalam jangka waktu cukup lama sehingga memberikan jeda sebelum melakukannya lagi bisa menjadi solusi yang ditempuh.

Namun bisa juga coba langsung menanyakan lewat sosial media resmi AXIS untuk mendapatkan kepastian apakah ada kesalahana jaringan secara menyeluruh atau tidak.

Sudah Tidak Berlaku

Setiap voucher fisik yang didistribusikan oleh AXIS juga mempunyai masa berlaku sepeti pada operator lainnya. Perlu diingat bahwa ini berbeda dengan masa aktif paket data atau pulsa di dalamnya.

Masa berlaku secara khusus akan menentukan sampai kapan kode HRN yang tertera bisa untuk ditukarkan. Jika melewati tanggal yang tertulis maka secara otomatis voucher fisik AXIS tidak akan bisa digunakan.

Kita bisa mengecek masa berlaku dari setiap voucher AXIS pada kartu fisik yang kita peroleh saat melakukan pembelian. Biasanya akan diberi keterangan “Gosok voucher sebelum” atau “Aktifkan voucher sebelum”.

Tinggalkan Komentar